-

Cara Mudah Menghapus Tinta Pulpen Permanen

Cara Mudah Menghapus Tinta Pulpen Permanen
Alat tulis sering digunakan oleh pelajar, mahasiswa, dan pekerja. Alat tulis yang sering digunakan adalah pulpen. Anda tentu familiar dengan merek Pilot dan Standard. Selain pulpen biasa, ada juga pulpen permanen. Apakah Anda pernah menggunakan pulpen tinta permanen?
Pulpen permanen sangat cocok digunakan untuk menandatangani dokumen-dokumen yang penting, termasuk ijazah. Anda bahkan bisa menggunakannya untuk menulis di media selain kertas, yaitu kaca, plastik, dan keramik. Media seperti ini tidak bisa ditulis dengan pulpen biasa.

Merek Pulpen Permanen

Contoh brand alat tulis yang memproduksi pulpen yang permanen adalah Snowman, Sakura, dan sebagainya. Sakura mengeluarkan pulpen permanen yang diberi nama Sakura Microperm. Ada tiga ukuran nib Sakura Microperm, yaitu 01, 03, dan 05.
Sakura Microperm dapat digunakan untuk menulis di atas permukaan yang licin, seperti kaca, plastik, stiker, metal, gelas, dan kayu. Pulpen ini juga bisa ditulis di atas kertas yang tebal. Namun, kurang cocok digunakan untuk menulis di atas kertas yang tipis.
Menulis pulpen ini di atas kertas yang tipis akan membuatnya tembus. Pulpen dari brand Sakura ini diklaim akan cepat kering setelah digunakan. Karena dikemas dalam kemasan yang tidak mudah bocor, pulpen ini juga travel-friendly. Praktis untuk dibawa di dalam tas.

Perbedaan OPM dan OPF pada Pulpen Permanen

Pada pulpen yang permanen, sering ditemukan tulisan OPM dan OPF. Apakah Anda sudah mengetahui perbedaan di antara keduanya? OPM dan OPF punya perbedaan pada ujung pulpen. OPF punya bagian ujung yang kecil. Sedangkan, OPM punya bagian ujung yang besar, mirip seperti spidol.Harga 1 pulpen dapat bervariasi, tergantung merek dan jenisnya. Ada yang dijual dengan harga 7 ribuan, 12 ribuan, tapi ada juga yang dijual dengan harga yang lebih murah ataupun mahal. Selain satuan, Anda juga bisa membeli 1 dus pulpen.

Hal-Hal yang Dipertimbangkan Saat Memilih Pulpen Permanen

Ada banyak pilihan pulpen permanen yang tersedia di pasaran. Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih barang apa pun, termasuk juga pulpen yang permanen. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dipertibangkan saat memilih pulpen yang permanen.

1. Media yang Digunakan

Anda perlu memilih pulpen yang sesuai dengan media yang Anda gunakan. Kalau Anda akan menulis di media yang kasar, gunakan pulpen yang cocok dengan media tersebut.

2. Ujung Pulpen yang Nyaman Digunakan

Ujung pulpen yang permanen ada yang kecil dan ada juga yang besar. Anda sendiri yang mengetahui apakah Anda lebih nyaman dengan ujung pulpen yang kecil atau yang besar. Kalau Anda lebih nyaman menggunakan pulpen yang bagian ujungnya kecil, gunakan pulpen OPF, bukan OPM.

3. Waktu yang Dibutuhkan Tinta untuk Mengering

Tidak semua pulpen yang permanen akan langsung mengering setelah dipakai. Ada pulpen yang butuh waktu lebih lama untuk mengering. Ada juga yang cepat mengering.

Cara Hapus Tinta Pulpen Permanen

Sesuai dengan namanya, tinta pulpen yang permanen tidak gampang luntur dan sulit untuk dihapus. Namun, bukan berarti tinta pulpen yang permanen tidak bisa dihapus sama sekali. Cara menghapus tinta pulpen permanen adalah dengan memakai hand sanitizer.
Hand sanitizer seringkali digunakan untuk membersihkan tangan. Namun, tahukah Anda bahwa hand sanitizer juga bisa digunakan untuk menghapus tinta pulpen yang permanen?
Caranya cukup mudah. Siapkan hand sanitizer dan kain. Tuang atau semprotkan hand sanitizer pada area permukaan yang akan dihapus tintanya. Kemudian, gosok menggunakan kain sampai bersih.
Demikian pembahasan mengenai merek pulpen permanen beserta perbedaan OPM dan OPF. Semoga artikel ini bisa membantu Anda menemukan pulpen yang sesuai dengan kebutuhan Anda, jika ingin membeli Anda bisa mendapatkannya di Tokojadi.
Blog Post Lainnya
Kontak
021-8195626
0821-2271-6076
0812-8386-4951
Jl. Matraman Raya No.189B, RT.7/RW.6, Bali Mester, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13310
tokojadi@gmail.com
Pembayaran
-
-
Media Sosial
Online Sejak 2007