-

Hikmah Menghormati Guru dan Contoh Perilakunya

Hikmah Menghormati Guru dan Contoh Perilakunya
Banyak sekali hikmah menghormati guru yang bisa diperoleh oleh seorang murid. Hormat kepada guru di sekolah adalah sebuah prinsip yang sudah menjadi bagian dari sistem pendidikan dan perkembangan sosial manusia.Dalam artikel ini, kamu akan menemukan apa saja hikmah yang diperoleh seorang murid ketika menghormati gurunya. Kamu juga akan mengetahui apa saja contoh perilaku hormat kepada guru dan dampak positifnya.

5 Hikmah Menghormati Guru di Sekolah

Bagi seorang siswa, ada beberapa hikmah yang dapat diperoleh ketika ia menghormati gurunya di sekolah. Hikmah di bawah ini dapat membentuk karakter, dan membawa dampak positif bagi individu tersebut maupun masyarakat:

1. Mengasah Etika dan Moral

Seorang guru merupakan teladan dalam memberikan contoh bagaimana kita beretika dan bermoral. Dengan menghormati guru sebagai teladannya, murid akan memperoleh contoh dalam berperilaku yang baik dan benar.Hal tersebut akan membantu membentuk karakter para murid, seperti memupuk nilai-nilai integritas, kejujuran dan tanggung jawab.

2. Membangun Sikap Disiplin

Sikap disiplin pada seorang individu harus dipupuk sejak dini. Seseorang yang menghormati gurunya tentu akan lebih menghargai waktu. Dengan menghormati guru, murid akan mengikuti aturan dan mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh gurunya dengan tekun.

3. Mengembangkan Keterampilan Sosial

Pada saat seorang murid menghormati guru di sekolah, secara tidak langsung keterampilan sosialnya akan terasah dan berkembang. Membangun komunikasi yang baik dengan guru akan meningkatkan komunikasi efektif, dan kerjasama yang baik.

4. Menanamkan Empati

Seringkali guru mengabdikan waktu, tenaga dan pikirannya untuk menggali potensi terbaik dari murid-muridnya. Menghormati guru adalah salah satu cara untuk menghargai pengorbanan dan dedikasi mereka selama ini.Hal ini juga akan memupuk rasa empati dalam diri murid-murid. Perasaan tersebut sangat baik dalam perkembangan intelektual dan juga pribadi setiap murid.

5. Menciptakan Lingkungan Positif

Hikmah menghormati guru berikutnya adalah menciptakan lingkungan positif. Dalam hal ini tentu saja di sekolah. Murid-murid yang menghormati gurunya cenderung akan lebih terlibat aktif dalam pembelajaran.Mereka akan lebih sering berinteraksi seperti mengajukan pertanyaan dan berdiskusi dengan guru mengenai topik pembelajaran. Tentunya ini akan mempermudah proses pemahaman yang lebih mendalam untuk suatu mata pelajaran.

Contoh Perilaku Menghormati Guru di Sekolah

Tidak sulit untuk menunjukkan sikap hormat kepada guru di sekolah. Sebagai seorang murid, kamu bisa mengikuti beberapa contoh perilaku di bawah ini:

1. Memberi Salam dan Menyapa

Saat melihat guru melintas di area sekolah, tegurlah beliau sambal mengucapkan salam. Perilaku ini sangat mudah dan sederhana untuk dilakukan. Akan tetapi, dengan memberi salam dan menyapa guru menunjukkan bahwa seorang murid menghormati dan menghargai gurunya.

2. Memanggil dengan Panggilan yang Tepat

Gunakan panggilan seperti “Pak,” atau “Bu,” diikuti dengan nama gurumu. Menggunakan gelar atau memanggil dengan panggilan yang tepat menunjukan sikap hormat kepada guru. Ini mencerminkan seorang murid menghargai orang yang lebih dituakan.

3. Mendengarkan dengan Penuh Perhatian

Saat guru sedang memberikan penjelasan atau arahan di kelas, hormati beliau dengan cara mendengarkannya dengan saksama. Berikan perhatian penuh dan jauhi aktivitas yang tidak berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar.

4. Contoh Perilaku Lainnya

Selain tiga contoh perilaku menghormati guru di atas, contoh-contoh lainnya yang mencerminkan sikap menghargai guru misalnya:
  • Memberikan hadiah untuk guru ketika ulang tahun
  • Menjawab pertanyaan dengan sopan
  • Berkomunikasi dengan hormat

Penutup

Hikmah menghormati guru akan sangat berimplikasi pada pembentukan karakter, moral dan perkembangan sosial murid-murid. Sikap ini perlu terus dijaga, bukan hanya sebagai tradisi tapi juga sebagai fondasi penting dalam membentuk generasi yang penuh integritas.
Blog Post Lainnya
Kontak
021-8195626
+6282122716076
+6281283864951
Jl. Matraman Raya No.189B, RT.7/RW.6, Bali Mester, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13310
tokojadi@gmail.com
Pembayaran
-
-
Media Sosial
Online Sejak 2007