-

Jenis-jenis Pensil dan Kegunaannya

Jenis-jenis Pensil dan Kegunaannya
Hampir semua orang pasti sudah tidak asing lagi dengan pensil. Terutama pensil jenis 2B yang sebelumnya menjadi alat wajib saat mengerjakan soal ujian nasional. Penomoran pada pensil seperti 2B, B, dan HB ada tujuannya dan menunjukkan fungsi dari pensil tersebut.
...
Sebagian besar dari kita mengenal pensil sebagai alat tulis, namun banyak juga yang menggunakannya sebagai alat menggambar. Seniman sering menggunakan alat ini sebagai cara untuk mengekspresikan imajinasinya.

-

Pensil ini telah menghasilkan banyak karya unik yang bernilai tinggi, dan tidak kalah menariknya dengan alat menggambar lainnya. Pena juga dikenal dengan teknik kering dan berbeda dengan teknik basah yang membutuhkan media seperti air atau minyak. Untuk mendapatkan hasil terbaik dalam kreasi artistik, Anda perlu mengetahui berbagai jenis pensil dan karakteristiknya. Berikut spesifikasinya.

Lunak


Jika ingin menggunakan pensil yang lebih lunak. Anda bisa membiasakan diri dengan pensil yang biasanya diberi tanda simbol seperti 2b, 3b, 4b, 5b, 6b, 7b. Karena semakin tinggi angka pada huruf b maka semakin lembut kepekatannya dan semakin gelap atau gelap warnanya.

Sedang


Namun, ternyata ada pensil yang dinilai sedang. Pena medium ini tidak lunak atau keras, dan dalam kehidupan sehari-hari banyak orang menggunakan pena ini untuk menulis. Untuk mengetahui jenis pulpen ini biasanya ditandai dengan huruf dan angka seperti H, HB, F, B, 2H, 3H. Artinya HB = setengah hitam, B = hitam, H = padat, F = kokoh

Keras


Pensil dengan bentuk lebih padat ini sering digunakan untuk gambar bangunan, karena memiliki bentuk yang padat dan efek warna yang tidak terlalu gelap, namun sedikit abu-abu. Tipe ini biasanya ditandai dengan huruf dan angka H, ​​5H, 6H, 7H, 8H, 9H

H = Hard


Cara mengidentifikasi pensil tergantung pada tingkat kehitaman dan fungsinya. Pensil ringan seperti H, B, HB, dan 2B biasanya digunakan untuk membuat sketsa dan rencana pendahuluan. Pada kelas ketebalan sedang seperti 3B, 4B, 5B digunakan untuk outline dan shading.

Sedangkan pensil yang digunakan khusus untuk menggambar adalah yang memiliki kandungan hitam lebih tinggi seperti 6B, 7B, dan 8B. Jenis pensil ini sering digunakan untuk membuat efek air, kaca, dan cahaya.

Nah itulah macam-macam jenis dan kegunaan pensil, jadi jangan pernah salah menggunakan pensil lagi, agar hasil karyamu bisa lebih baik.

Jika kantor anda memerlukan pensil, anda bisa menghubungi toko alat tulis kantor kami. Layanan toko alat tulis kantor kami menyediakan pensil secara grosir. Anda bisa melakukan stok terlebih dahulu untuk peralatan kantor anda.
Blog Post Lainnya
Kontak
021-8195626
+6282122716076
+6281283864951
Jl. Matraman Raya No.189B, RT.7/RW.6, Bali Mester, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13310
tokojadi@gmail.com
Pembayaran
-
-
Media Sosial
Online Sejak 2007