-

Mengenal Kertas Continuous Form 1 Ply dan Fungsinya

Mengenal Kertas Continuous Form 1 Ply dan Fungsinya
Pada dasarnya, sebagian besar orang pasti sudah tahu jika kertas itu ada banyak macamnya. Mulai dari jenis kertas populer dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti HVS, hingga kertas kurang populer seperti kertas continuous form 1 ply.
Meskipun tidak sepopuler HVS, namun sebenarnya masyarakat sering memakai kertas continuous form di dalam kehidupan sehari-hari. Hanya saja, kebanyakan dari mereka tidak sadar sedang menggunakan kertas tersebut karena tak tahu bagaimana bentuknya.
Karena itu, berikut adalah penjelasan tentang kertas continuous form untuk apa dan berapa perkiraan harganya!

Apa Itu Kertas Continuous Form?

Sesuai dengan namanya, kertas continuous form 1 ply adalah kertas berkelanjutan yang bisa mencetak suatu tulisan tanpa harus melakukan fotokopi. Karena hanya 1 ply atau satu lembar, kertasnya sangat tipis sehingga bisa mencetak tulisan dengan lebih mudah.
Pada umumnya, kertas ini terbuat dari NCR (Non-Carbon Required) dengan lubang-lubang kecil di sampingnya. Ada tiga bagian dalam setiap kertas, yaitu bagian atas, bagian tengah, dan bagian bawah yang berfungsi untuk menyalin tulisan. Cara pemakaiannya pun mudah, karena Anda hanya perlu menulis di bagian atas, biasanya berwarna putih. Nantinya, tulisan tersebut akan tercopy atau bersalin dengan sendirinya di bagian tengah dan bagian bawah, biasanya berwarna pink atau merah muda.
Jadi, Anda tidak perlu lagi menulis tulisan yang sama sebanyak dua kali di dua kertas berbeda. Hal ini pastinya bisa menghemat waktu dan tenaga sehingga tidak heran jika ada banyak orang yang membutuhkan kertas continuous form untuk berbagai jenis keperluan. 

Kegunaan Kertas Berkelanjutan

Nah, sebenarnya fungsi kertas continuous form itu ada banyak dan sering ditemukan di keseharian. Supaya Anda lebih paham, begini beberapa kegunaan dari kertas berkelanjutan!

1. Tagihan Penjualan

Pada umumnya, di keseharian orang-orang menggunakan kertas ini untuk menerbitkan sales invoice atau tagihan penjualan. Hal ini karena kedua pihak, yaitu pihak penjual dan pihak pembeli sama-sama berhak untuk mendapatkan catatan dari invoice tersebut.

2. Tagihan Pajak

Selain sales invoice, biasanya tax invoice faktur pajak juga akan menggunakan kertas jenis continuous form. Alasannya juga tidak terlalu berbeda, karena pihak tertagih dan pihak penagih sama-sama membutuhkan catatan faktur tersebut.

3. Barang Bukti Transaksi yang Sah

Tidak hanya untuk penagihan, kertas jenis ini juga bisa menjadi substantiation of a transaction atau bukti transaksi yang sah. Jadi, kertas ini nantinya bisa dijadikan barang bukti jika terjadi konflik antara penjual dan pembeli, karena isi kertas kedua belah pihak pasti akan sama. 

4. Surat Jalan

Terakhir, surat jalan untuk mengantar suatu barang juga biasanya akan menggunakan kertas jenis continuous form. Nantinya, klien atau konsumen bisa mencocokan form yang mereka miliki dengan surat jalan yang dibawa oleh petugas pembawa barang tersebut.

Harga Kertas Continuous Form 1 Ply

Lalu, berapa harga kertas continuous form 1 ply? Secara garis besar, harga kertas jenis ini tidak terlalu mahal. Terutama jika Anda memesannya di Toko Jadi. Harganya mulai dari Rp137.500, jauh lebih murah dari harga pasaran yang biasanya selalu di atas Rp150.000.
Karena itu, Anda bisa berbelanja kertas continuous form 1 ply di Tokojadi untuk mendapatkan harga terbaik. Sebab, semua barang pasti original dan bisa diantar langsung ke alamat Anda. Pastinya, ada gratis ongkir dan tersedia layanan COD untuk Anda!
Blog Post Lainnya
Kontak
021-8195626
0821-2271-6076
0812-8386-4951
Jl. Matraman Raya No.189B, RT.7/RW.6, Bali Mester, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13310
tokojadi@gmail.com
Pembayaran
-
-
Media Sosial
Online Sejak 2007