Mengenal Whiteboard Elektronik Dan Cara Penggunaanya

Mengenal Whiteboard Elektronik Dan Cara Penggunaanya
Jika membahas tentang papan tulis, apalagi whiteboard atau papan tulis putih, pastinya sudah tidak asing. Ini adalah salah satu papan tulis, yang biasanya digunakan oleh sekolah, kantor dan yang lainnya. Lalu pernahkah Anda mendengar tentang white board elektronik, apa ini termasuk papan tulis, dan bagaimana cara menggunakannya.

Apa itu white board elektronik

Sebelum membahas lebih dalam tentang cara menggunakan white board elektronik, ada baiknya jika Anda mengenal terlebih dahulu apa itu white board elektronik, atau papan tulis digital, atau sering juga disebut dengan copyboard. Seperti namanya papan tulis digital, tidak lain adalah sebuah alat berupa papan tulis / alat instruksional, yang memungkinkan seseorang menyediakan tulis dan atau gambar pada komputer, untuk ditampilkan pada papan, dengan menggunakan proyektor digital. Dalam hal ini, para pengguna, dapat memanipulasi elemen gambar atau tulisan yang ada di layar / display dengan menggunakan jari sebagai mouse, atau menggunakan spidol khusus untuk memberi tanda pada gambar atau tulisan tertentu, pada layar / papan tersebut.

Cara menggunakan white board elektronik

Seperti yang selintas dijelaskan di atas, belajar di papan tulis apalagi menggunakan white board elektronik ini memang terbilang menarik. Dimana cara kerjanya seperti layaknya sebuah komputer.
  1. Papan tulis ini nantinya akan dihubungkan langsung ke layar atau juga LCD yang ukurannya lebih besar. Sedangkan ukuran whiteboard gantung yang ditawarkan terbilang tidak terlalu banyak, Anda dapat memilih salah satu, dan disesuaikan dengan kebutuhan.
  2. Untuk menggunakan alat ini, Anda membutuhkan sebuah pena yang tanpa tinta. Dalam hal ini, pena juga dapat Anda gunakan sebagai mouse di laptop.
  3. Fungsi pena pada papan tulis elektrik ini ada 2, yaitu untuk memberikan warna berbeda pada tulisan yang ingin Anda tegaskan. Selain itu fungsi lainnya adalah sebagai penghapus.
  4. Papan tulis yang satu ini sudah menggunakan teknologi sentuh, biasanya digunakan untuk mendeteksi input yang sedang dilakukan penggunanya. Jadi ketika menggunakan papan tulis yang satu ini, Anda hanya perlu menghubungkannya dengan proyektor, kemudian ubah berbagai tulisan atau gambar, yang ada di papan, dengan menggunakan pena. Hasil tulisan yang ada di papan, akan tersimpan secara otomatis, dan dapat langsung Anda print atau bahkan salin di laptop atau komputer

White board elektronik dan white board magnetic

Yang harus Anda perhatikan dalam hal ini, whiteboard elektronik, tentunya berbeda dengan whiteboard magnetic. Adapun yang membedakan antara papan tulis konvensional seperti white board dan white board magnetic antara lain :
  1. Dari cara menyimpan data Pada papan tulis elektronik ini, seseorang dapat menyimpan data apapun, yang sudah dikerjakan, dalam bentuk elektronik, atau juga cetak. Sedangkan papan tulis konvensional tidak dapat menyimpan data. Umumnya untuk, menyimpan hasil tulisan di papan tulis cenderung manual, dengan menyimpannya di buku tulis, atau bisa juga menggunakan foto. Tapi lain halnya ketika Anda menggunakan kertas atau karton yang dipasang di depan papan, sudah pasti cara menyimpan data adalah dengan menyimpan kertas atau karton tersebut.
  2. Cara menggunakan Dari sisi penggunaan, papan tulis yang satu ini nantinya akan dihubungkan dengan komputer dan proyektor. Sehingga Anda tidak perlu menulis secara manual. Namun hanya perlu meng copy dari komputer. Namun mengingat cara penggunaannya yang terbilang cukup berbelit, membuat tidak banyak orang dapat menggunakan alat ini secara maksimal. Dalam hal ini seseorang harus belajar bagaimana cara mengoperasikan komputer, dan juga alat tersebut. Lain halnya ketika Anda menggunakan white board, apalagi white board magnetic. Walaupun terkesan sederhana, namun menggunakan papan magnet 2 muka ini, terbilang cukup praktis dan mudah. Siapapun dapat menggunakan alat peraga ini tanpa harus belajar cara menggunakannya terlebih dahulu. Seperti namanya maka permukaan papan dapat ditempel magnet, yang memudahkan Anda dalam melakukan presentasi. Caranya adalah dengan menempel catatan atau kertas tertentu di depan papan.
  3. Teknik menghapus Untuk teknik menghapus pada papan tulis elektronik cukup mudah. Anda hanya perlu melakukan swipe ke arah kanan atau kiri, maka secara otomatis, layar akan kembali terlihat bersih. Sedangkan ketika Anda menggunakan papan whiteboard umumnya, maka Anda membutuhkan pembersih papan whiteboard. Dimana biasanya terbuat dari busa yang sudah dilapisi kain. Sedikit tips untuk Anda, dalam memilih penghapus whiteboard yang bagus, sebaiknya tidak sembarangan. Perhatikan bahan yang digunakan, dan juga perhatikan sistem pegangan yang akan digunakan untuk menghapus. Pastikan nyaman digunakan, dan mampu membersihkan papan dengan baik. Dipasaran sendiri harga penghapus tersebut tidak terlalu mahal, bahkan cenderung sangat terjangkau.
  4. Dari harga papan tulis Walaupun papan tulis elektrik ini terbilang cukup menarik untuk digunakan, namun jika dilihat dari sisi daftar harga papan tulis yang ditawarkan, terbilang cukup mahal. Mungkin jika Anda membutuhkan hanya 1 papan tulis saja tidak masalah. Tapi bagaimana jika Anda membutuhkan banyak papan tulis. Tentunya cukup merepotkan. Sedangkan untuk papan tulis umumnya, dalam hal ini whiteboard magnetic, harga papan tulis with board yang ditawarkan terbilang cukup terjangkau. Yang artinya membeli dalam jumlah banyak, untuk kepentingan kantor atau sekolah tidak masalah. Lantaran budget yang akan dikeluarkan kelak, tidak terlalu besar, dibandingkan membeli papan tulis elektronik. Tidak hanya itu koleksi papan tulis yang ditawarkan juga cukup beragam. Mulai dari ukuran papan tulis dari ukuran terkecil, hingga ukuran yang besar. Misalnya saja harga whiteboard 90 x 120 gantung atau papan tulis ukuran sedang. Harga yang ditawarkan hanya sekitar ratusan ribu rupiah. Lain halnya ketika Anda memilih whiteboard dengan kaki, apalagi dengan roda, sudah pasti harga yang ditawarkan sedikit berbeda. Walaupun tidak terlalu besar, adapun harga whiteboard kaki sendiri misalnya, biasanya berkisar sekitar 1 jutaan saja. Salah satu produsen papan tulis putih atau white board yang berkualitas adalah Sakana. Koleksi produk yang Sakana miliki cukup beragam, mulai dari whiteboard gantung, white board stand, hingga papan flipchart Sakana. Ada beberapa kelebihan yang akan didapat ketika menggunakan papan tulis magnetic Sakana tersebut, mulai dari daya tahan yang lebih lama, mudah untuk ditulis, kemudian mudah untuk di hapus dan juga dibersihkan. Koleksi papan tulis magnetic dari Sakana ini mudah Anda temukan dan beli di Tokojadi .Di tokojadi ini Anda akan menemukan berbagai ukuran papan tulis Sakana, dan bahkan menerima juga pemesanan untuk ukuran custom. Walaupun sama - sama papan tulis, tapi seperti yang disebutkan di atas white board elektronik dan white board magnetic mempunyai teknik penggunaan yang berbeda. Tidak hanya itu, harga produk yang ditawarkan juga berbeda. Disini Anda sebagai konsumen dituntut untuk lebih jeli, dalam memilih produk yang sesuai kebutuhan dan budget yang dimiliki. Agar kelak dapat memaksimalkan produk secara lebih baik.
Blog Post Lainnya
Kontak
021-8195626
0821-2271-6076
0812-8386-4951
tokojadinet@gmail.com
Pembayaran
@2022 TOKOJADI.NET Inc.