-

Cara Mengelola Stok Barang di Gudang dengan Sederhana

Cara Mengelola Stok Barang di Gudang dengan Sederhana
Sebagai seorang pengusaha, Anda pun harus memiliki stok barang sebelum dijual ke pembeli. Tentunya, stok barang tersebut harus Anda kelola dengan baik. Anda bisa simak mengenai cara mengelola stok barang di gudang berikut ini.

Stok Barang

Memiliki stok barang, membuat Anda mengetahui ketersedian barang. Sebelum masuk ke cara mengelola stok barang di gudang, sebaiknya Anda ketahui dan pahami terlebih dahulu mengenai apa yang dimaksud dengan stok barang?
Stok barang atau bisa dikatakan persediaan barang adalah barang-barang yang sengaja disimpan oleh pihak perusahaan untuk dijual di masa mendatang. Biasanya, penyimpanan stok barang dilakukan di gudang karena membutuhkan ruang yang cukup luas.
Dengan adanya stok barang, Anda akan mudah mengetahui jumlah barang yang tersedia dan barang apa saja yang laku di pasaran. Tak hanya itu, Anda juga bisa menghitung hasil penjualan dengan melihat stok barang. Oleh karena itu, sebaiknya Anda kelola stok barang dengan baik.

Manfaat Kelola Stok Barang

Setelah mengetahui arti dari stok barang di atas, sebelum Anda masuk ke pembahasan cara mengelola stok barang di gudang, sudahkah Anda tahu bahwa ada beberapa manfaat dari kelola stok barang?
Jika belum, berikut ini simak mengenai manfaat kelola stok barang untuk Anda ketahui, di antaranya:
  • Jaga kuantitas dan kualitas barang berupa logistik dan peralatan.
  • Tata penempatan logistik dan peralatan.
  • Tingkatkan pelayanan distribusi barang.
  • Sediakan data dan informasi mengenai logistik maupun peralatan secara aktual, akurat, dan akuntabel.
  • Mudahkan akses logistik dan peralatan guna pengawasan dan pengendalian.
  • Tertibkan proses administrasi logistik dan peralatan.

Cara Kelola Stok Barang

Setelah mengetahui beberapa manfaat dari kelola stok barang di atas, Anda pun ingin mengetahui bagaimana cara untuk mengelola stok barang? Tak perlu bertanya-tanya, Anda bisa simak mengenai cara mengelola stok barang di gudang berikut ini.

1. Punya Gudang Penyimpanan Cukup

Cara mengelola stok barang di gudang yang pertama adalah pastikan Anda memiliki gudang penyimpanan yang cukup sebelum mengelola stok barang. Meski bisnis Anda masih terbilang kecil, Anda tetap harus memiliki tempat khusus untuk menyimpan stok barang Anda.

2. Buat Daftar Stok Barang

Tugaskan seseorang untuk bertanggung jawab membuat dan mencatat daftar stok barang, seperti stok barang masuk dan keluar. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui daftar stok barang yang akan dijual, kesediaan barang, hingga barang yang laku terjual di pasaran.
Selain itu, Anda juga mengetahui kesediaan stok barang lama dan memulai rancangan promosi untuk menjualnya. Bahkan, Anda bisa kembali menyetok barang lama yang persediaannya mulai habis.

3. Buat Forecast dan Jadwal Stok Barang

Anda bisa membuat perkiraan persediaan stok barang atau forecast untuk mengelola stok barang Anda. Dengan begitu, Anda bisa memperkiraan penambahan, pengurangan, atau pemindahan stok barang melalui manajemen persediaan barang.
Selain itu, Anda juga harus membuat jadwal stok barang untuk menentukan waktu pembelian barang. Dengan membuat forecast dan jadwal stok barang, memudahkan Anda untuk menghitung budget persediaan stok barang dari waktu ke waktu.

4. Buat Kode Setiap Produk

Anda memiliki berbagai jenis produk, seperti motif, warna, atau merek? Anda bisa membuat kode untuk setiap produk. Kode ini membantu Anda untuk memudahkan menyusun ketersediaan stok barang.

5. Pisahkan Stok Barang Lama dan Baru

Membuat stok barang baru dan lama tercampur, tentunya membuat Anda kebingungan untuk mencatat stok barang. Oleh karena itu, pisahkan stok barang lama dan baru untuk memudahkan Anda mencatat stok barang.

6. Cek Sebelum Barang Disimpan

Saat barang baru tiba, lakukan pengecekan barang sebelum disimpan. Hal ini untuk mengetahui barang sudah sesuai dengan pesanan dan menghitung jumlah stok yang tersedia.
Selain itu, pengecekan barang ini juga dapat Anda lakukan untuk mengetahui ada barang cacat atau tidak.

Itulah pembahasan dari pengertian stok barang, manfaat kelola stok barang, hingga cara mengelola stok barang di gudang yang bisa Anda lakukan. Dengan kelola stok barang, Anda bisa dengan mudah mengetahui ketersediaan barang sebelum dijual ke pembeli.
Blog Post Lainnya
Kontak
021-8195626
0821-2271-6076
0812-8386-4951
Jl. Matraman Raya No.189B, RT.7/RW.6, Bali Mester, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13310
tokojadi@gmail.com
Pembayaran
-
-
Media Sosial
Online Sejak 2007