-

Contoh Percakapan Teknik Closing yang Baik

Contoh Percakapan Teknik Closing yang Baik
Teknik closing sangat berpengaruh dalam meningkatkan penjualan, tidak terkecuali dalam penjualan secara online. Teknik ini akan membantu Anda dalam mendapatkan keuntungan. Oleh karenanya, Anda perlu mengetahui beberapa contoh percakapan teknik closing.

Tentang Teknik Closing

Teknik ini merupakan cara yang dilakukan oleh penjual untuk membuat calon pembeli tertarik untuk membeli barang yang dijual. Dalam dunia penjualan, closing bermakna penutup dari sebuah transaksi penjualan.
Closing juga berarti akhir dari proses penawaran yang dilakukan oleh sales atau penjual ke calon konsumen yang menjadi target penjualan.
Teknik ini mengharuskan penjual mampu membuat pembeli tidak merasa dipaksa untuk membelinya. Dalam dunia sales, ada beberapa teknik closing yang biasa digunakan. Teknik ini tentunya tidak dilakukan secara sembarangan. Anda perlu memahami produk yang dijual secara mendalam, misalnya kelebihan dan manfaatnya.
Contoh percakapan teknik closing yaitu dengan membangun kepercayaan dengan calon konsumen. Anda harus menyapanya dengan ramah.
Selain itu, berikan pula informasi yang dibutuhkan konsumen sesuai kemampuan Anda. Pembeli yang merasa puas, akan dengan sendiri membeli barang yang ditawarkan. Teknik ini perlu menyesuaikan beberapa faktor. Selain itu, target pasar juga penting untuk menentukan teknik closing yang bisa diterapkan.

Teknik Closing yang Bisa Diterapkan

Dalam dunia sales, ada beberapa teknik closing yang biasa digunakan. Akan tetapi, tidak ada patokan khusus teknik mana yang harus digunakan. Setiap teknik memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut beberapa pilihan teknik closing yang banyak digunakan:

1. Berikan Efek Kerugian

Metode closing sales yang pertama adalah dengan memberikan efek kerugian kepada calon pelanggan jika tidak menggunakan produk Anda. Salah satu kata-kata yang sering digunakan pada teknik ini adalah “Hari Senin Harga Naik”.
Kata-kata tersebut akan membuat calon pembeli merasa rugi jika melakukan transaksi sekarang. Hal tersebut memancing calon pembeli agar segera menyelesaikan transaksinya. Cara ini membuat strategi harga diskon kemungkinan besar ditangkap dengan baik.
Di momen tertentu, Anda juga bisa merilis produk edisi special, seperti edisi Ramadhan, Natal, dan lain sebagainya. Selain itu, Anda juga bisa bekerja sama dengan brand lain untuk mengeluarkan produk terbatas atau limited edition.

2. Beri Tenggat Waktu Promo

Durasi waktu promo yang terbatas akan mendorong orang berpikir cepat dalam membuat keputusan. Contoh closing sales yang biasa digunakan pada teknik ini adalah “Hanya Hari Ini”. Anda bisa memberikan berbagai promo, misalnya gratis ongkir hingga potongan harga.

3. Berikan Solusi dari Produk yang Dijual

Konsumen tentunya membutuhkan solusi dari permasalahan yang dimiliki. Dengan demikian, mereka akan merasa butuh membeli produk Anda.
Metode ini bisa disampaikan melalui deskripsi jika menjualnya secara online. Pastikan Bahasa yang digunakan mudah dipahami.

4. Membuat Pembeli Menjadi Spesial

Teknik ini dilakukan dengan membuat pelanggan merasa mendapat perhatian lebih. Anda bisa menggunakan promo produk limited edition. Selain itu, bisa juga menyampaikan bawa pembeli tersebut beruntung karena bisa mendapat harga spesial.

5. Giring Konsumen untuk Memilih

Menyediakan berbagai jenis dan varian produk akan menjadi kelebihan dari bisnis. Konsumen bisa memilih produk yang sesuai, bahkan tidak menutup kemungkinan mereka akan tertarik pada lebih dari satu varian produk.
Anda juga bisa memberikan teknik closing berupa harga spesial untuk pembelian dalam jumlah tertentu. Cara ini dapat mendorong konsumen untuk membeli lebih banyak produk.

6. Posting Testimoni Positif

Testimoni pelanggan sangat penting untuk menarik pelanggan lainnya. Hal ini dikarenakan pelanggan sering melihat ulasan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli sebuah produk. Oleh karena itu, semakin banyak testimoni positif, maka semakin baik bagi bisnis.
Selain testimoni, Anda juga bisa menggunakan teknik covert selling, misalnya dengan menyampaikan bahwa produk yang telah habis terjual dalam waktu kurang dari dua hari. Cara ini membuat konsumen menunggu produk tersebut tersedia lagi di kemudian hari.

7. Berempati

Teknik closing ini akan membangun kedekatan Anda dengan pelanggan. Dengan demikian, pelanggan akan lebih percaya dan yakin bahwa barang tersebut merupakan produk terbaik. Tidak menutup kemungkinan mereka akan melakukan pembelian ulang dari barang tersebut.
Berbagai teknik dan contoh percakapan teknik closing perlu dipahami bagi Anda yang membuka usaha. Cara ini dapat membantu Anda meningkatkan penjualan dari produk yang ditawarkan.
Blog Post Lainnya
Kontak
021-8195626
0821-2271-6076
0812-8386-4951
Jl. Matraman Raya No.189B, RT.7/RW.6, Bali Mester, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13310
tokojadi@gmail.com
Pembayaran
-
-
Media Sosial
Online Sejak 2007