-

Contoh Pembukuan Toko Excel Sederhana yang Efektif

Contoh Pembukuan Toko Excel Sederhana yang Efektif
Bagi para pemilik usaha tentunya ada banyak hal yang harus Anda lakukan dan persiapkan. Salah satunya adalah memiliki contoh pembukuan toko excel sederhana. Pembukuan ini penting agar usaha Anda bisa berjalan dengan lancar dan tidak ada hal yang terlewatkan.
Selain itu, pembukuan toko excel memiliki banyak kelebihan daripada harus membuat pembukuan toko secara manual. Mengingat kedua hal tersebut, tentunya Anda harus segera memulai proses pembelajaran untuk membuat pembukuan toko.

4 Contoh Pembukuan Toko Excel Sederhana

Bagi para pemula proses belajar pembukuan sederhana untuk toko akan lebih mudah dengan langsung mengetahui pembukuan apa saja yang dibutuhkan. Dengan begitu, Anda tidak butuh waktu lama untuk memenuhi kebutuhan pembukuan usaha Anda.
Proses belajar contoh pembukuan toko excel sederhana yang terlalu lama juga tidak akan bagus untuk keberlangsungan usaha Anda. Maka, berikut ini adalah 4 contoh pembukuan toko menggunakan excel yang dapat Anda prioritaskan pembuatannya.

1. Pembukuan untuk Transaksi Pengeluaran

Pembukuan pertama yang dapat Anda pelajari terlebih dahulu adalah pembukuan yang memuat semua transaksi pengeluaran dari toko Anda. Pencatatan mengenai transaksi keuangan ini dapat Anda gunakan untuk memantau kebutuhan toko dan uang keluar dari kas toko.
Ada beberapa hal yang dapat Anda inputkan pada contoh pembukuan toko excel sederhana yang akan Anda buat. Nah, berikut ini adalah poin-poin penting dalam pembukuan transaksi pengeluaran toko.
  • Tanggal pengeluaran uang toko
  • Nominal pengeluaran uang toko dan informasi mengenai notanya
  • Tujuan pengeluaran uang toko
  • Penanggung jawab atau orang yang mengawasi pengeluaran uang

2. Pembukuan untuk Transaksi Pemasukan

Pembukuan excel untuk usaha berikutnya yang dapat Anda pelajari adalah pembukuan mengenai transaksi pemasukan di toko. Segala pemasukan mulai dari barang, alat, maupun uang yang masuk ke toko dan kas toko wajib Anda catat.
Hal ini dapat memudahkan Anda untuk mengetahui seberapa besar aset yang dimiliki oleh toko Anda. Dengan data ini, Anda bisa mengira-ngira seberapa banyak uang yang dapat Anda gunakan sebagai modal pembelian barang-barang toko.
Beberapa hal penting yang harus ada pada contoh pembukuan toko excel sederhana terkait pembukuan pemasukan adalah sebagai berikut.
  • Tanggal pemasukan di toko
  • Nominal pemasukan di toko
  • Asal pemasukan di toko atau informasi nota
  • Penanggung jawab pemasukan di toko
  • Jenis pemasukan seperti uang atau aset berupa barang

3. Pembukuan untuk Cek Stok Barang

Laporan keuangan sederhana excel berikutnya yang dapat Anda buat adalah pembukuan mengenai stok barang. Pembukuan ini memuat berbagai informasi mengenai barang-barang yang Anda jual di toko lengkap dengan informasi jumlah barangnya.
Pembukuan stok barang juga cukup penting karena ini berguna untuk mengontrol dan mengetahui jumlah barang yang ada di toko Anda. Tanpa pembukuan ini, Anda bisa kesulitan untuk tahu barang mana yang harus Anda stok lagi dan mana yang belum perlu.
Berikut ini adalah beberapa poin yang dapat Anda masukkan di pembukuan cek stok barang Anda menggunakan aplikasi Ms. Excel.
  • Tanggal masuk barang di toko
  • Nota barang masuk
  • Nama dan keterangan barang
  • Informasi mengenai variasi lengkap dengan jumlah stoknya
  • Penanggung jawab penerima barang masuk
Itulah informasi mengenai contoh pembukuan toko excel sederhana yang dapat Anda buat.
Segeralah mengikuti untuk membuat beberapa contoh pembukuan penting di atas secara bertahap untuk mengetahui arus keuangan di toko Anda.
Blog Post Lainnya
Kontak
021-8195626
0821-2271-6076
0812-8386-4951
Jl. Matraman Raya No.189B, RT.7/RW.6, Bali Mester, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13310
tokojadi@gmail.com
Pembayaran
-
-
Media Sosial
Online Sejak 2007