-

Pilih Pensil yang Bagus untuk Menggambar Sketsa

Pilih Pensil yang Bagus untuk Menggambar Sketsa
Anda suka membuat gambar sketsa? Tentunya, Anda harus menggunakan pensil sebagai media menggambar sketsa. Namun sayangnya, Anda belum mengetahui pensil yang bagus untuk menggambar sketsa?

Sketsa

Anda sering atau pernah melihat orang yang menggambar di sebuah media dengan pensil? Sebelum masuk ke pensil yang bagus untuk menggambar sketsa, sudahkah Anda mengetahui apa yang dimaksud dengan sketsa itu?
Sketsa adalah karya berupa gambar model awal dengan menggunakan pensil dan media kertas atau bahan lainnya sebagai medianya. Karena berupa gambar model awal, tentunya sketsa memiliki sifat sementara dan kasar dengan goresan-goresan garis.
Bagi seorang seniman, sketsa diperlukan untuk mengetahui pola yang harus digambar sebelum mengeksekusinya dengan pallets atau krayon sehingga menjadi sebuah gambar atau lukisan indah. Dengan adanya sketsa, seniman bisa meminimalisir terjadinya kesalahan menggambar.

Jenis Sketsa

Setelah mengetahui pengertian dari sketsa, sudahkah Anda bahwa ternyata sketsa memiliki berbagai jenis untuk Anda ketahui.
Untuk selengkapnya, Anda bisa simak beberapa jenis sketsa di bawah ini, di antaranya:

1. Sketsa Gambar Garis Besar

Sketsa gambar garis besar adalah jenis sketsa yang tercipta tak hanya dalam bentuk gambar, tetapi juga dalam bentuk kumpulan garis-garis besar yang sederhana dan belum selesai.

2. Sketsa Cepat

Sketsa cepat adalah jenis sketsa yang tercipta hanya dalam bentuk garis-garis besar untuk menunjukkan kesan bahwa sketsa tersebut telah selesai.

3. Studi Sketsa

Studi sketsa adalah jenis sketsa yang tercipta dalam bentuk coretan-coretan cepat dan kurang terinci untuk menunjukkan bahwa sketsa tersebut sebagai lukisan.

Pensil Sketsa

Kemudian, Anda bertanya-tanya apa saja pensil yang bagus untuk menggambar sketsa?
Daripada belum menemukan jawabannya, Anda bisa simak berikut ini mengenai beberapa jenis pensil sketsa yang bisa Anda pilih dan gunakan.

1. Pensil B, F, HB, H, 2H, dan 3H

Pensil jenis ini memiliki warna dan ketebalan yang standar, serta memiliki daya tahan yang sedang atau cukup lunak. Tentunya, pensil jenis ini cocok untuk menggambar sketsa berupa realisme.

2. Pensil 2B dan 3B

Pensil jenis ini memiliki warna dan ketebalan yang cukup tinggi, serta memiliki daya tahan yang lunak.
Pensil jenis ini semakin tinggi angkanya, semakin tebal pula goresan yang dihasilkan. Jadi, pensil jenis ini cocok untuk mempertegas sketsa dan arsiran berupa realisme.

3. Pensil 4B, 5B, dan 6B

Biasanya, pensil jenis ini digunakan untuk menggambar atau mengarsir rambut yang tidak terlalu hitam atau terang dan gelap, serta untuk bayangan warna kulit yang tidak terlalu gelap.

4. Pensil 7B, 8B, dan 9B

Pensil jenis ini daya tahan yang sangat lunak. Biasanya, pensil jenis ini digunakan untuk mengarsir rambut yang hitam, baju gelap, bayangan gelap, dan bagian gelap lainnya.

Beli Pensil Sketsa di TokoJadi

Berdasarkan referensi di atas, Anda bisa menggunakan pensil 2B sebagai pensil yang bagus untuk menggambar sketsa. Anda bisa membelinya di TokoJadi yang merupakan platform penyedia alat tulis kantor.
Melalui platform tersebut, Anda akan mendapatkan harga grosir dan pembeliannya yang sederhana dan mudah. Anda bisa melakukan pemesanan secara online melalui situs resminya, yaitu tokojadi.net.
Nantinya, Anda akan melakukan pemesanan lewat WhatsApp yang sudah diberikan saat Anda berkunjung ke situsnya. Jadi, Anda tak perlu harus pergi ke tempat penjualan alat tulis kantor karena Anda bisa melakukannya di rumah dan memesan di hp.

Itulah pembahasan dari pengertian sketsa, jenis, hingga pensil yang bagus untuk menggambar sketsa yang bisa Anda pilih. Bahkan, Anda bisa membeli pensil tersebut secara online di TokoJadi.
Blog Post Lainnya
Kontak
021-8195626
0821-2271-6076
0812-8386-4951
Jl. Matraman Raya No.189B, RT.7/RW.6, Bali Mester, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13310
tokojadi@gmail.com
Pembayaran
-
-
Media Sosial
Online Sejak 2007