-

6 Cara Negosiasi Harga Sebagai Pembeli

6 Cara Negosiasi Harga Sebagai Pembeli
Dalam kegiatan jual beli ada istilah negosiasi atau tawar menawar untuk mendapatkan harga yang lebih rendah. Namun terkadang sebagian orang masih tidak tahu bagaimana cara negosiasi harga sebagai pembeli.
Mereka merasa kebingungan ketika berbelanja di suatu tempat dan barang tersebut harganya mahal. Bahkan ada orang yang tidak mencoba negosiasi harga dan memilih langsung membayar sesuai harga jual.

Cara Negosiasi Harga Sebagai Pembeli

Padahal ada banyak manfaat negosiasi salah satunya adalah menghemat pengeluaran apabila berhasil mendapatkan harga rendah.
Biasanya negosiasi dilakukan di tempat wisata yang menjual oleh-oleh dengan harga tinggi.

1. Membiarkan Penjual Menyebutkan Harga

Taktik negosiasi pertama adalah membiarkan penjual menyebutkan harga barang tersebut. Ketika penjual menyebutkan harga Anda mendapatkan kesempatan untuk melawan penjual dengan harga yang lebih rendah.
Nah, sebelum itu Anda harus tahu berapa harga semua barang yang terjual di sana. Ketika penjual sudah menyebutkan harganya, tidak ada salahnya untuk menanyakan apakah bisa menurunkan sedikit harga.
Bukan tidak mungkin taktik ini akan berhasil karena sembari penjual menyebutkan harga, Anda bisa memikirkan berapa yang ingin ditawar.

2. Mencoba Tidak Banyak Bicara

Cara negosiasi harga sebagai pembeli adalah dengan tidak banyak bicara. Anda cukup diam dan mendengarkan tawaran yang mereka berikan. Biasanya para penjual merasa tidak nyaman ketika dilanda keheningan.
Saat itulah pasang wajah ragu-ragu untuk membayar dengan harga tersebut. Lama kelamaan penjual akan merasa tidak nyaman dan memberikan penawaran pamungkas. Kemudian Anda bisa mendapatkan barang dengan harga lebih rendah.

3. Coba Untuk Pergi Menjauh

Cara negosiasi agar berhasil adalah dengan coba pergi menjauh. Mungkin cara ini lebih ampuh dibanding dua cara sebelumnya. Sudah banyak pembeli yang mencoba taktik ini dan tentunya berhasil.
Penjual tentu ingin barang dagangannya laku dan tidak mau kehilangan pembeli. Terkadang mereka merasa takut ketika pembeli memilih pergi dengan mencari penjual lain.
Ketika Anda melihat tampang penjual yang mulai ragu-ragu langsung coba menawar harga.Akan tetapi ketika penjual tidak mau menurunkan harganya Anda bisa benar-benar pergi jauh mencari penjual lain.

4. Bersikap Ramah dan Sopan

Apabila ketiga tips di atas masih tidak berjalan, Anda bisa menggunakan tips satu ini. Ketika mendatangi seorang penjual bersikap sopan dan ramah adalah langkah awal untuk menawarkan harga rendah.
Ketika akan negosiasi harga penawaran barang usahakan menggunakan bahasa yang sopan dan suara lembut. Anda perlu memilih kata-kata ketika akan menawar agar hati penjual bisa luluh. Siapa tahu dengan sikap sopan seperti ini Anda mendapatkan harga lebih murah.
Contoh pembeli yang membuat pedagang merasa jengkel adalah suka bersikap sok tahu, mentang-mentang, mendesak, dan tegas. Orang-orang seperti itu akan kesulitan mendapatkan potongan harga. Penjual tidak akan suka dengan orang yang tidak memiliki etika.

5. Jujur Jika Kecewa

Ketika Anda membeli sebuah produk namun tidak sesuai dengan keinginan, tidak ada salahnya untuk menyampaikan kekecewaan secara jujur. Namun pemilihan kata juga diperhatikan agar tidak menyinggung penjual.
Ketika penjual merasa bersalah biasanya mereka akan memberikan potongan harga dari produk tersebut. Bukan berarti Anda bisa berbohong atas kualitas barang mereka ya! Jika kualitasnya bagus dan ingin menawar bisa menggunakan cara lain saja.

6. Tidak Menyebutkan Harga yang Diinginkan

Cara negosiasi harga penawaran agar berhasil adalah tidak menyebut harga yang Anda minta saat bertransaksi. Lebih baik biarkan penjual menawarkan produk tersebut baru setelah itu tanyakan apakah harganya boleh diturunkan.
Menggunakan beberapa cara negosiasi harga sebagai pembeli sangat bermanfaat ketika Anda menginginkan sesuatu namun harganya terlalu tinggi.
Anda juga perlu mengetahui berapa harga jual barang tersebut di toko yang lain agar bisa menawar.
Blog Post Lainnya
Kontak
021-8195626
0821-2271-6076
0812-8386-4951
Jl. Matraman Raya No.189B, RT.7/RW.6, Bali Mester, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13310
tokojadi@gmail.com
Pembayaran
-
-
Media Sosial
Online Sejak 2007