-

Negosiasi Win Lose, Fungsi, dan Contohnya

Negosiasi Win Lose, Fungsi, dan Contohnya
Pada saat ada konflik atau masalah, salah satu langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya adalah dengan cara negosiasi. Secara garis besar, ada beberapa strategi dalam melakukan negosiasi, yaitu negosiasi win lose, win win, lose win, dan lose lose. 
Pastinya, 4 strategi negosiasi ini akan sangat sering Anda temukan di dalam kehidupan sehari-hari. Karena itu, berikut adalah segala hal yang perlu Anda ketahui tentang negosiasi, khususnya strategi win lose yang akan dibahas lebih jauh di dalam artikel ini!

Definisi Negosiasi

Pada dasarnya, negosiasi adalah suatu proses di mana ada dua pihak atau lebih yang berdiskusi untuk mencapai suatu kesepakatan bersama. Biasanya, hal ini akan dilakukan pada saat ada konflik atau masalah di antara kedua pihak yang terlibat di dalamnya.
Secara garis besar, konflik tersebut bisa berasal dari perbedaan pemahaman antara satu pihak dan pihak lainnya. Itu kenapa para pihak yang terlibat perlu berkumpul untuk melakukan diskusi agar mereka bisa menyelaraskan pendapat untuk mencapai tujuannya.
Ketika melakukan negosiasi, sangat umum ketika satu pihak menawarkan sesuatu pada pihak lainnya untuk mencapai tujuan tersebut. Hanya saja, tidak semua negosiasi akan menguntungkan kedua belah pihak, atau yang akan Anda kenal dengan strategi win win.
Hal ini karena, ada strategi negosiasi win lose yang tidak kalah umum terjadi di dalam kehidupan sehari-hari. Karena itu, berikut adalah segala hal yang perlu Anda ketahui tentang strategi jenis ini dalam suatu negosiasi!

Mengenal Strategi Negosiasi Win Lose

Secara garis besar, perlu Anda ketahui jika win lose solution adalah suatu strategi negosiasi, di mana hanya menguntungkan pihak pertama saja. Sedangkan pihak yang lain pasti akan dirugikan oleh kesepakatan akhir yang jelas terlalu memihak pada pihak pertama.
Hanya saja, pihak yang lain jelas tidak akan bisa menolak hasil negosiasi yang diusulkan oleh pihak pertama. Hal ini karena, biasanya, pihak lain lah yang lebih membutuhkan pihak pertama. Itu kenapa mereka tidak memiliki pilihan lain selain menerima.

1. Fungsi Strategi Win Lose

Dari penjelasan di atas, mungkin Anda sudah mengetahui jika fungsi dari strategi win lose adalah untuk menguntungkan satu pihak saja. Meskipun terdengar sangat tidak adil, namun strategi ini sangat umum terjadi, terutama di bidang yang berkaitan dengan bisnis. 
Biasanya, pihak pertama akan memberikan suatu penawaran yang akan hanya bisa menguntungkan mereka saja karena mereka merasa bahwa pihak lainnya lebih membutuhkan mereka. Dengan begitu, mereka akan menjadi satu-satunya pihak yang menang.
Sedangkan pihak lain akan kalah karena mereka membutuhkan pihak pertama, sehingga mau tidak mau harus menerima hasil negosiasi yang merugikan mereka . 

2. Contoh Strategi Win Lose

Kemudian, kira-kira apa saja contoh win lose solution dalam bisnis? Salah satu contohnya adalah suatu perusahaan yang memilih untuk memakai sistem kontrak karena mereka tidak mau membayar THR, tunjangan kesehatan, dan tunjangan yang lainnya.
Hanya saja, karena membutuhkan suatu pekerjaan, seorang pegawai tidak memiliki pilihan lain selain setuju untuk melakukan tanda tangan kontrak dengan perusahaan tersebut. Padahal, sang pegawai akan rugi karena mereka tidak akan mendapatkan hak mereka. 
Pada umumnya, negosiasi win lose akan terjadi apabila satu pihak memiliki power yang lebih kuat dibandingkan dengan pihak lainnya. Itu kenapa negosiasi ini lebih sering terjadi ketika ada konflik di antara atasan dan bawahan, terutama di bidang bisnis. 
Blog Post Lainnya
Kontak
021-8195626
0821-2271-6076
0812-8386-4951
Jl. Matraman Raya No.189B, RT.7/RW.6, Bali Mester, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13310
tokojadi@gmail.com
Pembayaran
-
-
Media Sosial
Online Sejak 2007