-

Derajat Menuntut Ilmu: Mendorong Inovasi Melalui Pendidikan Berkelanjutan

Derajat Menuntut Ilmu: Mendorong Inovasi Melalui Pendidikan Berkelanjutan
Konsep derajat menuntut ilmu menjadi semakin penting dalam mendorong inovasi di berbagai aspek kehidupan. Dapat dikatakan jika pendidikan merupakan jalan awal menuju kemajuan dan kesejahteraan sosial, ekonomi, hingga terlahirnya manusia berkualitas.
Pendidikan berkelanjutan tidak hanya memperkaya pengetahuan, tetapi juga mendorong perkembangan ide-ide baru dan solusi kreatif. Hal ini ditujukan sebagai upaya membentengi diri dari tantangan masa depan yang lebih modern dan membahayakan.

Pendidikan sebagai Sarana Meningkatkan Derajat Manusia 

Pendidikan merupakan salah satu upaya bangsa guna meningkatkan derajat dan kualitas sumber daya manusia agar sejajar dengan bangsa lainnya. Suatu bangsa dapat dikatakan maju apabila telah memiliki pendidikan yang berkualitas dan bermutu.
Tidak hanya itu saja, kesehatan yang optimal dan ekonomi yang mapan menjadi indikator kemajuan suatu bangsa. Meski begitu, tetap saja bahwa pendidikanlah yang menjadi indikator utamanya karena hanya melalui pendidikan pola pikir manusia akan maju.
Bangsa yang maju merupakan bangsa yang persentase penduduknya melek huruf hingga 80%. Hal ini harus dicapai oleh negara-negara yang memiliki keinginan untuk maju. Jelas saja jika hal ini sebagai modal awal kemajuan bangsa di berbagai bidang.
Namun hal terpenting yang harus diperhatikan agar kualitas pendidikan menjadi baik salah satunya adalah etika pada guru. Mengapa demikian? Karena tanpa adanya seorang guru, maka seseorang tidak akan paham pada apa yang hendak dipelajarinya.

4 Karakter Pembelajaran Peserta Didik

Terdapat beberapa karakteristik pembelajaran yang bisa dilakukan oleh guru dalam memberikan konsep pembelajaran kepada peserta didik. Berikut rinciannya.

1. Communication

Pada karakter ini, peserta didik dituntut untuk memahami, mengelola, dan menciptakan komunikasi efektif secara lisan, tertulis, maupun multimedia. Peserta didik diberikan kemampuan mengutarakan ide-idenya saat berdiskusi dengan diri sendiri ataupun teman.

2. Collaboration

Melalui karakter ini, peserta didik menunjukkan kemampuannya dalam bekerjasama, beradaptasi, hingga menghormati perbedaan. Peserta didik harus menjalankan tanggung jawab pribadi dan fleksibilitas secara pribadi dan berkelompok.

3. Critical Thinking and Problem Solving

Peserta didik berusaha untuk memberikan penalaran yang masuk akal dalam memahami dan membuat pilihan rumit. Peserta didik harus berusaha menyelesaikan permasalahan yang dihadapinya secara mandiri untuk kemudian dianalisis menggunakan logika.

4. Creativity and Innovation

Pada karakter ini, peserta didik memiliki kemampuan untuk mengembangkan, melaksanakan, dan menyampaikan gagasan-gagasan baru kepada orang lain. Peserta didik juga diharuskan bersikap terbuka dan responsif terhadap perspektif baru dan berbeda.

Keutamaan Menuntut Ilmu menurut Islam

Dalam Islam, derajat menuntut ilmu sangat tinggi dan dianjurkan oleh Allah SWT. berikut beberapa keutamaan menuntut ilmu yang teah difirmankan Allah SWT antara lain.
  • Perintah Agama. Islam mendorong umatnya untuk mencari ilmu sepanjang hayat guna memerangi kebodohan.
  • Derajat yang Tinggi. Para penuntut ilmu akan diangkat derajatnya oleh Allah SWT dengan memudahkan jalannya.
  • Mendekatkan Diri pada Allah. Menuntut ilmu dianggap sebagai bentuk ibadah karena akan membantu seseorang memahami lebih dalam tentang ajaran agama.
  • Memuliakan Manusia. Siapapun yang menuntut ilmu memiliki kewajiban membagikan ilmu yang dimiliki agar bermanfaat kepada orang lain.
  • Menunjukkan Rasa Syukur. Derajat menuntut ilmu juga akan membimbing manusia dalam menumbuhkan rasa syukur atas segala hal yang terjadi.
Di era perubahan inovasi dunia yang semakin pesat, derajat menuntut ilmu sangat penting agar pendidikan terus berlanjut. Pendidikan sebagai pintu kreativitas, adaptasi, dan perkembangan solusi atas suatu permasalahan memang sangat diagungkan oleh siapapun. 
Dengan terus mengasah kemampuan berpikir kritis dan semangat belajar yang tinggi, maka tiap individu akan menjadi agen perubahan. Perubahan tersebut akan mempengaruhi kemajuan bangsa dan perkembangan kultur pendidikan suatu bangsa. 
Blog Post Lainnya
Kontak
021-8195626
+6282122716076
+6281283864951
Jl. Matraman Raya No.189B, RT.7/RW.6, Bali Mester, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13310
tokojadi@gmail.com
Pembayaran
-
-
Media Sosial
Online Sejak 2007