-

Fungsi Pensil 8b untuk Menggambar

Fungsi Pensil 8b untuk Menggambar
Pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya pensil, alat tulis ini sudah lama digunakan untuk berbagai keperluan menulis. Namun, apakah Anda tahu jika pensil memiliki banyak jenis, salah satunya yaitu pensil 8b. Lantas, apa fungsi pensil 8b?
Setiap jenis pensil memiliki kegunaan yang berbeda-beda. Misalnya pensil 2B, 3B, HB, B, serta 2H yang mana kode tersebut memberi tanda pada tingkat kekerasan pensil tersebut. Dari sana, Anda bisa mengetahui dengan tepat untuk apa pensil ini ditujukan.

Maksud Kode B Pada Pensil

Sebelum Anda mengetahui fungsi pensil 8b tersebut, apakah Anda tahu apa yang dimaksud dengan kode B? Pensil kode B menunjukkan jika pensil tersebut ialah berwarna hitam. Hal ini karena kode B melambangkan kata “black” yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti hitam.
Kode B pada pensil juga menunjukkan bahwa kandungan karbon pada pensil lebih banyak daripada lempungannya. Jadi campuran karbon dan lempungan adalah bagian hitam yang ada di tengah pensil. Nah, kandungan karbon yang tinggi bisa menghasilkan pensil yang lembut dan tulisan hitam.
Oleh karena itu, pensil yang memiliki kode B cocok digunakan untuk membuat garis tebal, membuat sketsa atau sebagai pensil mekanik untuk menggambar.
Perlu diketahui, urutan pensil dengan kode B dimulai dari B, 2B, 3B, 4B, 5B, 6B, 7B, 8B, serta terakhir 9B. Semakin besar angkanya, semakin lembut dan semakin hitam goresan pensilnya.

Fungsi Pensil 8b

Ternyata masih banyak orang yang awam akan kegunaan pensil 8b untuk apa. Sesuai dengan penjelasan diatas, pensil kode B lebih tebal dibanding pensil lainnya, namun tetap mudah dihapus sebab pensil ini cocok untuk membuat sketsa atau untuk menulis catatan saja.
Pensil 8B merupakan jenis pensil kode B yang paling gelap untuk dipakai sehari-hari. Ada banyak seniman atau pelukis yang menggunakan pensil satu ini untuk membuat sketsa. Oleh karena itu, pensil 8B adalah pilihan yang sempurna untuk sketsa maupun lukisan Anda.
Pilihan lainnya teruntuk Anda yang ingin memakai pensil dengan ketebalan tinggi adalah pensil 7B. Pensil satu ini juga sangat pas untuk keperluan menggambar ataupun membuat sketsa.
Bayangan yang diperoleh dari goresan pensil 7B ini seperti abu-abu gelap dengan intensitas terang sedikit di atas pensil 8B. Saat digunakan di atas kertas, maka Anda dapat menghasilkan gambar yang menakjubkan.

Macam-macam pensil berdasarkan tingkat kehitaman dan fungsinya

Setelah mengetahui fungsi pensil 8b, Anda juga perlu tahu fungsi dari setiap pensil yang ada. Pensil dengan kode-kode yang dijelaskan di atas memiliki tingkat kehitaman yang berbeda-beda.
Jenis-jenis pensil dengan tingkat ketebalan yang lebih rendah yaitu pensil dengan kode H, B, HB, dan 2B dimana lebih sering dipakai untuk membuat sketsa awal. Sementara pensil dengan tingkat ketebalan sedang yaitu 3B, 4B, dan 5B dipakai untuk membuat outline dan shading.
Sedangkan pensil dengan kandungan hitam tinggi seperti 6B, 7B, dan 8B khusus digunakan untuk keperluan menggambar. Umumnya dipakai untuk membuat efek air, kaca, dan pencahayaan.
Bagaimana menurut Anda setelah mengetahui jenis pensil dan fungsinya tersebut? pastinya Anda tak perlu bingung lagi saat ingin menulis atau menggambar memakai pensil, karena sudah mengetahui kode dan kegunaannya masing-masing.
Jika Anda gemar menggambar dan butuh pensil 8b setelah mengetahui tentang kegunaan dan fungsi pensil 8b, maka segera dapatkan pensil tersebut di tokojadi.net.
Blog Post Lainnya
Kontak
021-8195626
0821-2271-6076
0812-8386-4951
Jl. Matraman Raya No.189B, RT.7/RW.6, Bali Mester, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13310
tokojadi@gmail.com
Pembayaran
-
-
Media Sosial
Online Sejak 2007