-

Alasan Ujian Pakai Pensil 2B, Perhatikan!

Alasan Ujian Pakai Pensil 2B, Perhatikan!
Saat mengadakan ujian nasional, biasanya sekolah akan menginformasikan kepada siswanya untuk mempersiapkan peralatan ujian seperti pensil 2B. Namun pernahkah Anda berpikir alasan ujian pakai pensil 2B? Mengapa tidak menggunakan pensi yang lain saja?
Memang rata-rata sekolah menyarankan kepada muridnya untuk menggunakan pensil 2B saja saat akan mengisi LJK. Bahkan ada sekolah yang menyediakan pensil dan penghapus khusus ketika akan ujian.

Alasan Menggunakan Pensil 2B Saat Ujian

Pensil 2B tentu saja memiliki keunggulan daripada pensil lainnya sehingga selalu digunakan saat pelaksanaan ujian. Akan tetapi pensil 2B hanya digunakan ketika ujian tertulis saja karena rata-rata sekarang pelaksanaan ujian menggunakan komputer.
Namun walaupun ujiannya menggunakan komputer, terkadang ada sesi ujian esai sehingga membutuhkan pensil. Adapun pensil untuk ujian komputer juga sama yaitu pensil 2B. Ada yang mengatakan bahwa alasan ujian pakai pensil 2B agar bisa terdeteksi oleh komputer.
Oleh karena itu sebelum mengerjakan ujian guru mengingatkan kepada murid agar melingkarkan jawaban dengan cara yang benar, karena jika tidak maka jawaban tersebut tidak akan terbaca di komputer. Lalu apa yang membuat banyak orang menggunakan pensil 2B saat ujian?
Banyak orang mengira bahwa ujian nasional merupakan faktor penting dalam kelulusan. Oleh karena itu mereka juga sering mengaitkannya dengan penggunaan pensil yang tepat.

Keunggulan Menggunakan Pensil 2B

Sebenarnya anggapan di atas itu benar hanya saja masih kurang. Alasan sebenarnya adalah pensil 2B dirasa tepat untuk mengisi lembar LJK karena warna hitamnya dapat terdeteksi dengan komputer sehingga memudahkan proses penilaian.
Lantas mengapa tidak menggunakan pensil HB atau spidol saja yang juga berwarna hitam? Apabila mengisi LJK menggunakan spidol maka warna hitamnya terlalu tebal. Khawatirnya komputer tidak dapat mendeteksi jawaban siswa.
Sedangkan jika menggunakan pensil HB, warna hitamnya tidak setebal pensil 2B. Seperti yang Anda tahu bahwa pensil HB itu memiliki warna yang tidak terlalu terang. Jelaskan cara mengisi nama peserta dalam LJK menggunakan pensil 2B.
Caranya adalah pastikan Anda menulis nama dengan huruf kapital dan tidak terlalu tebal. Ketika akan membulatkan lembar jawaban pastikan tidak keluar dari lingkarang dan pilihan jawaban dibulatkan dengan sempurna.
Itulah mengapa sebaiknya ketika akan mengikuti ujian sekolah tertulis, pensil 2B bisa menjadi solusi agar lembar jawaban Anda terbaca komputer.

Apa Perbedaan Pensil HB dan 2B?

Setelah mengetahui mengisi LJK menggunakan jenis pensil 2B Faber Castell Asli, penting juga untuk mengetahui apa perbedaan dari pensil 2B dengan pensil HB. Perbedaannya terdapat pada ketebalannya, jika menggunakan pensil HB warnanya tipis dan gampang terhapus.
Sedangkan jika ujian menggunakan pensil 2B maka hasilnya tidak terlalu tebal dan sulit untuk terhapus. Oleh karena itu saat Anda akan mengisi lembar LJK hati-hati dalam membulatkan jawaban karena pensil 2B sulit terhapus. Lalu apa resiko jika mengisi LJK tidak menggunakan pensil 2B?
Resikonya seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa jawaban Anda bisa tidak terbaca di komputer. Sekarang memeriksa LJK memang lebih cepat menggunakan komputer daripada cara manual.Selain itu pensil 2B juga memiliki kepekatan warna yang tepat.
Jika dibandingkan dengan pensil H memiliki kandungan tanah liat sehingga teksturnya keras. Ada lagi pensil F yang terbuat dari bahan berkualitas namun kurang tepat apabila digunakan untuk ujian.

Setelah tahu apa alasan ujian pakai pensil 2B Anda bisa mulai menyiapkan perlengkapan ujian dengan membeli pensil 2B. Jika ingin membeli dalam jumlah banyak bisa ke toko grosir yaitu di https://www.tokojadi.net/.
Blog Post Lainnya
Kontak
021-8195626
0821-2271-6076
0812-8386-4951
Jl. Matraman Raya No.189B, RT.7/RW.6, Bali Mester, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13310
tokojadi@gmail.com
Pembayaran
-
-
Media Sosial
Online Sejak 2007