-

Karakteristik dan Fungsi Kertas Continuous Form 4 Ply

Karakteristik dan Fungsi Kertas Continuous Form 4 Ply
Kertas sering digunakan saat bekerja maupun belajar. Ada banyak jenis kertas, yaitu origami, concorde, kertas kado, continuous form, dan sebagainya. Beberapa jenis kertas continuous form adalah kertas continuous form 5 ply, kertas continuous form 4 ply, 3 ply, dan lain-lain.
Pernahkah Anda memakai kertas continuous form? Kertas continuous form adalah kertas yang sekali cetak langsung ada salinannya. Sehingga, tidak perlu dilakukan fotokopi untuk mendapatkan salinannya. Biasanya, di sebelah kiri dan kanannya juga terdapat pinhole.

Karakteristik Kertas Continuous Form 4 Ply

Pemakaian karbon bisa membantu untuk memperoleh salinan dari dokumen yang asli. Tapi, cara seperti ini kurang efektif karena karbon dapat membuat kertas menjadi kotor. Sebagai alternatif, sudah ada kertas continuous form NCR (Non Carbon Required).
Kalau menggunakan kertas ini, Anda tidak perlu menggunakan karbon lagi. Salah satu jenis kertas continuous form adalah continuous form 4 ply. Maksud dari 4 ply adalah satu lembar dokumen asli dan tiga lembar copy. Sedangkan, kertas continuous form 3 ply terdiri atas satu lembar dokumen asli dan dua lembar copy.
Kertas continuous form terdiri atas beberapa lembar kertas yang menjadi satu. Kertas ini tersedia dalam berbagai merek, seperti Epsilon, Sidu, Paperline, dan sebagainya. Beberapa karakteristik kertas continuous form 4 ply, antara lain:

1. Dilengkapi dengan Lubang pada Bagian Tepinya

Kertas continuous form adalah kertas yang terdapat lubang pada tepinya. Lubang-lubang ini mempermudah ketika dokumen hendak diarsipkan dalam sebuah map. Dengan begitu, tidak perlu membuat lubang pada kertas secara manual.

2. Dapat Mencetak Beberapa Lembar Sekaligus Tanpa Karbon

Kertas ini dapat mencetak beberapa lembar sekaligus termasuk salinannya tanpa menggunakan karbon. Hal ini membuat proses pencetakan dokumen menjadi lebih praktis. Proses dokumentasi juga dapat dilakukan dengan lebih cepat.

3. Tersedia dalam Berbagai Ukuran

Kertas continuous form terdiri atas berbagai ukuran. Beratnya terdiri dari 50-55 gsm dan 60-80 gsm. Anda dapat menggunakan ukuran dan berat kertas sesuai dengan kebutuhan. Harganya bervariasi tergantung pada ukuran dan berat kertas yang dibeli.

4. Dicetak dengan Printer Dot Matrix

Umumnya, mesin printer yang dipakai untuk cetak kertas continuous form, yaitu printer dot matrix. Printer dot matrix merupakan printer yang dirancang khusus untuk mencetak dokumen dengan kertas continuous form.Kalau Anda butuh kertas continuous form yang gampang dipisahkan setiap halamannya, pakailah kertas yang dilengkapi dengan perforasi atau garis-garis lubang kecil. Garis-garis lubang kecil ini membuatnya mudah untuk dirobek.

Fungsi Kertas Continuous Form 4 Ply

Kertas ini berfungsi dalam mendukung kegiatan administratif di perusahaan untuk berbagai transaksi dan pembayaran. Kertas ini juga cocok dipakai untuk loket PPOB, agen pos, dan kasir. Kertas tersebut dapat dipakai untuk mencetak berbagai dokumen berikut.
  • Faktur pajak
  • Faktur penjualan
  • Formulir pendaftaran
  • Invoice
  • Surat jalan
  • Surat pesanan barang
  • Slip gaji
  • Bukti penerimaan dan pengeluaran uang
  • Nota penjualan

Kelebihan Kertas Continuous Form 4 Ply

Penggunaan kertas continuous form 4 ply dapat mempermudah pekerjaan Anda. Sebab, dalam sekali cetak, Anda bisa mendapatkan satu lembar dokumen yang asli beserta tiga salinannya. Beberapa salinannya dapat digunakan untuk dokumentasi. Proses pencetakan dokumen menggunakan kertas continuous form memang simpel, efektif, dan efisien.
Demikian pembahasan tentang kertas continuous form 4 ply. Kalau Anda memerlukan kertas continuous form, Anda bisa membelinya secara offline maupun online di Toko Jadi. Toko Jadi adalah toko yang menjual alat tulis kantor dengan harga yang bersahabat.
Blog Post Lainnya
Kontak
021-8195626
0821-2271-6076
0812-8386-4951
Jl. Matraman Raya No.189B, RT.7/RW.6, Bali Mester, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13310
tokojadi@gmail.com
Pembayaran
-
-
Media Sosial
Online Sejak 2007