-

Kelebihan dan Kekurangan Lemari Arsip Untuk Dokumen

Kelebihan dan Kekurangan Lemari Arsip Untuk Dokumen
Lemari arsip atau filing cabinet pastinya sudah sering Anda jumpai di kantor atau di perusahaan tertentu. Sesuai namanya, lemari ini diperuntukkan untuk penyimpanan arsip agar lebih terorganisir. Apa saja kelebihan dan kekurangan lemari arsip? Artikel kali ini akan membahasnya untuk Anda.
Salah satu benda wajib inventaris kantor ini selain membuat arsip lebih rapi, arsip juga lebih aman dan terlindungi dari debu dan air yang beresiko membuat arsip rusak.
Penjelasan lengkap mengenai lemari arsip bisa langsung Anda simak berikut ini.

Kegunaan Lemari Arsip

Anda pastinya sudah tahu mengenai fungsi utama lemari arsip tidak lain untuk menyimpan arsip atau dokumen untuk mencegah terjadinya kerusakan pada dokumen. Di samping kegunaan utamanya, terdapat beberapa kegunaan lemari arsip lainnya yang juga perlu Anda ketahui, diantaranya:
  • Melindungi dokumen dari resiko kerusakan yang bisa disebabkan oleh serangga, air, api, noda dari benda lain, hingga kelembaban udara.
  • Pengelompokan dokumen-dokumen berdasar abjad, angka, atau urutan tertentu.
  • Pelengkap interior ruangan agar ruang kantor lebih terlihat hidup.

Kelebihan Lemari Arsip

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan lemari arsip. Berikut kelebihan menyimpan dokumen di lemari arsip dibanding hanya menyimpannya di rak atau lemari plastik. Apa saja kelebihan lemari arsip dan basis data yang dimaksud? Berikut daftarnya.

1. Dokumen Lebih Terorganisir

Ketika Anda meletakkan dokumen yang banyak di atas meja, saat Anda perlu menemukan dokumen tertentu dalam tumpukan kertas tersebut maka akan butuh waktu lama.
Beda halnya jika menyimpannya dalam lemari arsip, maka dokumen akan lebih terorganisir dan akan mudah menemukan dokumen tertentu dalam waktu yang singkat.
Selain itu, tampilan dokumen akan lebih rapi dan nyaman dilihat.

2. Dokumen Bebas dari Serangan Rayap

Hewan pengerat seperti rayap sangat suka memakan kertas apapun. Lemari arsip yang berbahan logam akan menjauhkan serangan rayap sehingga dokumen lebih awet dan aman dari rayap.
Selain itu, dokumen juga terlindungi dari air dan api yang beresiko besar merusak dokumen-dokumen Anda.

3. Dokumen Jauh Lebih Aman

Jika Anda memiliki banyak dokumen penting maka Anda perlu lemari arsip untuk mengamankannya. Penyimpanan dokumen dalam lemari arsip akan lebih aman karena terdapat kunci pengaman untuk bisa membukanya.
Jadi hanya pemegang kunci yang bisa mengakses dokumen dalam lemari arsip.

Kekurangan Lemari Arsip

Dibalik kelebihannya, lemari arsip juga punya kekurangan di beberapa sisi, yakni:

1. Harganya Terbilang Tidak Murah

Berbahan material logam dengan ukuran yang tidak kecil membuat harga lemari arsip cukup menguras kas perusahaan. Namun, harganya yang mahal sebanding dengan fungsinya.
Sangat membantu Anda menjaga semua dokumen-dokumen penting perusahaan Anda. Jadi, jika Anda berencana membeli lemari arsip, Anda perlu menyisihkan budget khusus untuk peralatan kantor yang satu ini.

2. Membutuhkan Banyak Ruang

Selain harus menyiapkan budget lebih Anda juga harus menyiapkan ruang lebih.
Hal ini dikarenakan lemari arsip cukup memakan banyak tempat.Jika ruang kantor Anda kecil sebaiknya membeli lemari arsip yang berukuran paling kecil untuk menghemat tempat. Anda juga perlu mempertimbangkan penempatan alat kantor lainnya agar ruangan tidak terlalu sesak oleh barang kantor.

Kelebihan dan kekurangan lemari arsip cukup buat Anda mempertimbangkan hal terkait biaya, tempat, hingga kegunaannya. Jika Anda bingung mau membeli lemari arsip dimana, Anda bisa mengunjungi dan membeli produk lemari arsip terbaik di tokojadi.net. Dapatkan model dan harga yang pas dengan kualitas jempolan.
Blog Post Lainnya
Kontak
021-8195626
0821-2271-6076
0812-8386-4951
Jl. Matraman Raya No.189B, RT.7/RW.6, Bali Mester, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13310
tokojadi@gmail.com
Pembayaran
-
-
Media Sosial
Online Sejak 2007