-

Berbagai jenis alat tulis kantor yang tersedia

Berbagai jenis alat tulis kantor yang tersedia
Jika anda bekerja di kantor, maka tentu anda memerlukan banyak peralatan tulis kantor untuk menunjang aktifitas anda. Alat tulis kantor ini sangat bervariasi sehingga biasanya ada divisi logistik yang bertanggung jawab memastikan ketersediaan ini di dalam kantor.
...

1. Alat untuk menulis

Pena dan sahabat termasuk dalam kategori ini, bersama dengan pensil, spidol, dan bahan tulis lainnya. Dengan unsur-unsur yang berbeda tersebut, tulisan yang dihasilkan akan memiliki karakter yang berbeda dari segi tekstur, warna, dan ketebalan.

Di kantor, pensil biasa digunakan untuk mencoret-coret atau membuat tanda, dan untuk merancang laporan data. Hasilnya tidak akan terlalu tajam dan bisa dihapus dengan mudah. Sementara itu, pulpen pasti memiliki garis yang lebih kuat dan tahan lama.


Jenis-jenis alat tulis kantor
Jenis-jenis alat tulis kantor

Alat tulis ini juga lebih banyak dan lebih efisien untuk digunakan daripada berbagai alat tulis lainnya. Untuk spidol dalam berbagai warna, banyak digunakan dengan papan tulis. Alat ini biasanya membantu menjelaskan berbagai hal dalam proses presentasi atau rapat.

2. Alat untuk menghapus

Sudah bisa menulis di kantor, tentunya kita juga harus mengetahui alat untuk menghapusnya. Alat-alat ini akan membantu ketika kita ingin memperbaiki kesalahan pengetikan. Untuk pensil biasanya digunakan penghapus. Sementara pulpen, gunakan pita koreksi untuk menutupinya. Untuk memperbaikinya dengan lebih tepat, tentunya kita membutuhkan alat penghapus yang berkualitas tinggi.

3. Buku atau buku catatan

Menulis harus menjadi kegiatan penting di kantor. Misalnya menulis laporan, menulis saat presentasi, review, dll. Pada dasarnya kegiatan ini penting dilakukan di segala bidang. Untuk menulis, Anda membutuhkan buku catatan dengan berbagai jenis dan fungsi. Misalnya, ada buku catatan biasa, kuarto, agenda, buku sketsa berbagai ukuran, buku catatan akuntansi, dan sebagainya.

4. Kertas

Bukan hanya buku, kertas satuan merupakan barang wajib yang harus ada di kantor. Jenisnya juga bermacam-macam, ada HVS, kwitansi, kertas, alat tulis, dan sebagainya. Selain itu, amplop dan folder tambahan juga diperlukan.

Kertas diperlukan karena tidak semua tulisan dilakukan di buku catatan. Ada kalanya, jenis perlu ditambahkan ke bidang yang lebih sederhana dan segera dikirim atau digunakan. Misalnya: surat-surat, surat-surat penting yang ditandatangani, dll.

5. Peralatan pendukung lainnya

Hal-hal yang kita bahas tadi adalah alat-alat dasar untuk kegiatan perkantoran. Untuk lebih menunjang efisiensi kerja, tentunya diperlukan tambahan alat-alat kantor pendukung. Misalnya, ada kalkulator, stabilo, dan penjepit kertas.

Kalkulator

Kalkulator selalu menjadi salah satu alat paling penting dan perlu untuk menghitung. Meskipun berupa mesin, instrumen ini telah ada selama bertahun-tahun sebelum munculnya mesin yang lebih canggih.

Seperti yang kita ketahui kalkulator sangat berguna untuk perhitungan terkait bisnis. Apalagi kita biasanya dituntut untuk cepat melakukan operasi aritmatika dengan menggunakan bilangan yang sangat banyak.

Stabilo

Tidak hanya fungsional, alat yang berfungsi sebagai penentu kalimat ini sering digunakan untuk mengomentari buku, fiksi, atau nonfiksi. Tak heran jika alat ini begitu penting meski kini banyak pekerjaan yang dilakukan dari rumah. Hal ini penting karena menandai catatan kerja dengan warna tertentu dapat mempermudah dan mempercepat pencariannya kembali pada saat yang mendesak. Sangat berguna, bukan?

Stycky Notes

Siapa yang suka menulis hal-hal penting di selembar kertas saat belajar? Tentunya hal ini juga sering menjadi kebiasaan positif dalam melakukan pekerjaan. Ini adalah fungsi sticky notes, yaitu untuk mencatat hal-hal tertentu dan menempelkannya di tempat yang mudah dilihat.

Klip Kertas

Sebelumnya, kami menyebutkan alat tulis kantor yaitu kertas. Tentu akan memusingkan jika banyak kertas berantakan di atas meja, bukan? Inilah sebabnya mengapa klip kertas diperlukan. Benda-benda kecil ini dirancang khusus agar dapat menahan kertas untuk tujuan yang sama, tanpa harus terlalu banyak melubangi atau merusak kertas.

Penggaris

Bagi orang-orang yang berprofesi sebagai desainer: fashion, arsitektur, dan lainnya, mereka pasti memahami betapa pentingnya penggaris. Tidak hanya penggaris biasa, tetapi juga penggaris sudut dan jenis lainnya. Alat ini sangat berguna untuk mengukur panjang dan lebar bidang dengan cepat. Kita juga bisa menggambar garis lurus dan rapi dengannya. Meski terlihat sepele, terkadang penggaris dibutuhkan di kantor.
Blog Post Lainnya
Kontak
021-8195626
0821-2271-6076
0812-8386-4951
Jl. Matraman Raya No.189B, RT.7/RW.6, Bali Mester, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13310
tokojadi@gmail.com
Pembayaran
-
-
Media Sosial
Online Sejak 2007