-

Cara Manajemen Stok Barang Agar Tak Kehabisan

Cara Manajemen Stok Barang Agar Tak Kehabisan
Apabila Anda membangun bisnis, pastinya Anda akan familiar dengan pengelolaan stok barang. Baik meliputi pengelolaan stok barang berupa bahan baku ataupun produk yang dihasilkan. Berikut merupakan artikel yang akan membahas mengenai tips dan cara manajemen stok barang.
Dalam membangun bisnis manajemen stok barang merupakan hal yang penting. Hal ini bertujuan untuk menjaga agar kulitas maupun kuantitas logistik pada bisnis yang dijalankan tetap lancar. Untuk itu dibawah ini merupakan metode pengelolan stok barang.

Cara Mengelola Stok Barang

Berikut ini merupakan cara yang bisa anda ikuti dalam melakukan menejemen stok barang.

1. Mempunyai Gudang Penyimpanan yang Memadai

Tips mengelola stok barang untuk bisnis yang bisa anda lakukan pertama kali yaitu siapkan tempat yang khusus digunakan sebagai gudang untuk menyimpan stok barang.
Walaupun bisnis yang anda bangun masih kecil namun persiapan tempat untuk menyimpang barang ini menjadi cara manajemen yang penting dalam menimbun stok barang. Dengan adanya gudang ini maka stok barang dapat dikelola dengan mudah.
Anda bisa memanfaatkan ruangan kosong untuk gudang. Jika tidak ada, gunakanlah etalase, rak gudang maupun kardus besar sebagai tempat menyimpan barang.

2. Membuat dan Mencatat Daftar Stok

Apabila anda hendak mengawali pengelolaan stok barang di gudang, cobalah memilih staf khusus yang akan mengemban tanggung jawab untuk melakukan pencatatan daftar stok. Pencatatan tersebut harus dilakukan secara teliti untuk mencatat stok barang yang masuk maupuk stok barang yang keluar.
Untuk melakukan pencatatn ini staf tersebut bisa menggunakan program atau aplikasi pencatatn sehingga hasil pencatatan lebih akurat. Pada pengelolaan stok barang data catatan menjadi hal penting yang harus dimiliki.
Melalui data tersebut anda bisa mengontrol, membuat keputusan, dan mengambil tindakan dalam pengelolaan stok barang selanjutnya.
Data harus dicatat lengkap dan akurat baik secara manual dengan formulir atau buku bisa juga secara digital dengan memanfaatkan aplikasi.

3. Melakukan Pembuatan Forecast dalam Persediaan Barang juga Stok

Cara mudah mengelola stok barang selanjutnya yaitu melakukan pembuatan forecast atau perkiraan tersedianya stok barang. Hal ini bisa dimulai melalui perhitungan jumlah persediaan yangdiperlukan dalam periode saat ini.
Hal ini bukanlah tahapan yang mudah trutama apabila anda mempunyai penjualan produk yang jenisnya beragam karena anda perlu memastikan jumlah untuk setiam item yang ada. Perhitungan akan lebih mudah apabila bisnis anda menggunakan sistem manajemen penjualan maupun inventaris yang tepat.
Dengan sistem tersebut anda bisa melakukan pengelola stok barang dengan lengkap dan ringkas. Anda bisa mengurangi, menambahkan, dan memindahkan stok yang terkontrol dengan baik. Selanjutnya buatlah jadwal agar bisa menentukan waktu terbaik melakukan pemberian barang sebagai stok.
Adanya forecast persediaan juga penjadwalan stok barang bisa mempermudah anda dalam melakukan perhitungan budget persediaan pada suatu periode.
Pada setiap produk yang dikelola di gudang jangan lupa membuat kode sebagai penanda terutama ketika barang dalam bisnis anda memiliki beragam motif, warna, maupun model. Dengan kode anda bisa mengetahui jenis barang dengan specifik dalam waktu yang singkat.

Sekian, mungkin itu saja tips dan cara manajemen stok barang yang penting dilakukan dalam bisnis anda. Semoga informasi yang kami sampaikan di atas bisa menjadi acuan anda dalam mengelola stok barang secara lengkap dan akurat. Baiklah sampai jumpa di artikel menarik selanjutnya.
Blog Post Lainnya
Kontak
021-8195626
0821-2271-6076
0812-8386-4951
Jl. Matraman Raya No.189B, RT.7/RW.6, Bali Mester, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13310
tokojadi@gmail.com
Pembayaran
-
-
Media Sosial
Online Sejak 2007