-

Mengenal Jenis-Jenis Kertas Yang Sering Digunakan

Mengenal Jenis-Jenis Kertas Yang Sering Digunakan
Sebenarnya ada banyak jenis kertas. Setiap kertas ini memiliki sebutan yang berbeda. Tidak dapat dipungkiri bahwa kertas sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari.
...
Padahal, kertas tidak hanya digunakan sebagai bahan cetak untuk menulis. Tapi juga untuk membuat tas belanjaan atau kotak kemasan.


Jenis-jenis kertas untuk berbagai keperluan yang berbeda
Jenis-jenis kertas untuk berbagai keperluan yang berbeda


Jenis kertas yang sering digunakan sehari-hari


Karena kertas memiliki banyak fungsi dan jenis, maka sangat penting untuk mengetahui setiap kertas yang ada di pasaran. Simak ulasan berikut ini.

1. Jenis kertas HVS


Kertas HVS adalah salah satu jenis kertas yang paling umum kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Ini sering ditemukan di mesin fotokopi. Selain itu, kertas HVS selalu digunakan untuk mengerjakan tugas di kampus atau menulis skripsi.

Nah, meskipun sekarang banyak yang memilih untuk mengumpulkan tugas melalui email, ada kalanya tugas hard file masih digunakan.

Kertas HVS juga tidak digunakan hanya untuk pelajar saja, namun dunia korporasi dan pendidikan dunia penerbitan buku tentu sangat dekat dengan jenis kertas ini. Secara tampilan, kertas HVS memiliki karakteristik permukaan yang halus dengan ketebalan 70-80 gsm dan berwarna putih.

2. Kertas NCR


Pernahkah Anda mendengar tentang kertas NCR? NCR adalah singkatan dari No Carbon Required. Jika Anda masih asing, Anda akan langsung tahu jika Anda melihat istilah lain. Jadi kertas ini dimaksudkan untuk mencatat, termasuk untuk membuat kwitansi atau bukti transaksi lainnya.

Sebagai lembar nota atau kuitansi, tentu ada lembar di bagian bawah untuk file penjual atau pembuat nota. Ciri-ciri kertas NCR jenis ini adalah memiliki warna yang beragam. Kertas awal berwarna putih, kemudian ada yang berwarna merah muda atau kuning, dan ada banyak warna yang berbeda.

3. Jenis kertas ivory


Ada banyak jenis kertas dan kegunaannya, salah satunya adalah kertas ivory yang sering digunakan untuk membuat kotak kemasan. Tersedia dalam berbagai bentuk pembungkus, kertas ivory ini juga memiliki ketebalan yang bervariasi, mulai dari 210g/m2 hingga 400g/m2, tergantung labelnya.

Sifat kertas ivory memang berbeda dengan kertas Hvs atau NCR. Umumnya, kertas ivory memiliki lapisan mengkilap di satu sisi, dan sisi lainnya terlihat kusam. Contohnya adalah kemasan makanan yang bagian luarnya berwarna putih cerah, namun bagian dalamnya lebih gelap dan kasar karena tidak langsung terlihat oleh mata.

4. Jenis art paper


Bagi Anda yang sebelumnya tidak berkecimpung di dunia pembukuan atau penerbitan, mungkin merasa asing dengan jenis kertas yang satu ini. Art paper ini merupakan kertas dengan kualitas yang baik, karena memiliki tekstur yang halus dan glossy.

Penggunaan art paper merupakan salah satu kertas yang sering digunakan untuk kebutuhan percetakan buku atau penerbit buku. Selain digunakan dalam dunia percetakan buku, juga digunakan untuk membuat katalog, pamflet, dan kupon.

5. Jenis kertas kraft


Kraft merupakan salah satu kertas yang sering digunakan untuk membuat paper bag. Pastinya kalian sudah tahu kan kalau sekarang banyak sekali paper bag yang menarik dan menarik, yang tentunya ramah lingkungan karena terbuat dari bahan kertas yang mudah untuk didaur ulang.

Ciri kertas kraft pada penampakannya memiliki warna coklat. Dari segi tekstur, ternyata kertas ini tidak sehalus kertas HVS atau kertas NCR. Kertas jenis ini memiliki tekstur yang kasar. Namun, jenis ini ternyata juga banyak orang yang melihatnya sekilas.

6. Jenis kertas bergelombang


Hampir seperti kertas kraft, ternyata kertas bergelombang ini memiliki sifat yang hampir sama. Perbedaannya adalah bahwa bergelombang memiliki permukaan bergelombang.
Bahkan dari segi ketebalan, kertas ini juga lebih tebal karena kertas ini lebih cocok untuk pembuatan kertas karton atau kantong kertas.

Alasan dunia percetakan buku dan pamflet sering menggunakannya adalah karena daya tahannya lebih lama dari kertas HVS. Alasannya sederhana, karena kartonnya lumayan tebal sekitar 120-150g/m2.

7. Jenis art carton


Jenis kertas Art Carton sedikit berbeda dengan jenis kertas lainnya, karena jenis ini memiliki ketebalan yang lebih tebal dibandingkan jenis kertas art. Ada yang tebalnya 210g, 260g dan 320g, ini ciri-ciri art carton.

Tentunya dari segi kegunaan, art carton ditujukan untuk keperluan lain. Tidak hanya digunakan untuk mencetak buku, tetapi sering digunakan untuk membuat poster, sampul buku (terutama sampul buku cetak), membuat booklet, dan membuat buku menu.

8. Kertas matt kertas


Kertas matt juga bisa dikatakan kertas dengan tampilan kurang terang alias redup. Warna redup ini bukan tanpa alasan, ternyata warna redup ini memiliki keunggulan dalam menyerap tinta saat proses pencetakan.

Matt paper adalah salah satu kertas yang sering digunakan untuk mencetak majalah, surat kabar atau surat kabar. Saat mencetak majalah juga perlu diperhatikan, karena khusus kertas matt lebih cocok untuk percetakan yang membutuhkan ketebalan kertas dari 120gsm hingga 150gsm.

9. Kertas linen Jepang


Namanya sebenarnya Jepang. Kertas linen jepang merupakan kertas yang peruntukannya tidak jauh berbeda dengan kertas karton Bw atau kertas matt. Jenis kertas ini juga cocok untuk mencetak undangan, kertas sertifikat atau kalender. Jadi Anda dapat memilih dari berbagai macam kertas.

Dari yang tertulis di atas, masih ada jenis kertas yang tidak disebutkan, karena memang banyak sekali. Masih ada jenis kertas seperti fancy, jasmine, yellow board, manila, buffalo, concord, blur dan masih banyak lagi. Tentunya setiap lembar memiliki fungsi dan peruntukannya masing-masing.

10. Karton BW


Jenis kertas BW Carton sebenarnya mirip dengan kertas Matt. Padahal, kertas jenis ini lebih nyaman digunakan untuk menggambar dengan tangan.

Jadi sangat cocok untuk anda yang suka menggambar dengan tangan. Di dunia bisnis, karton BW banyak digunakan untuk mencetak kalender, kartu nama, poster, dan sampul buku.

Dari pembahasan di atas, jelas bahwa kertas sebenarnya tidak hanya digunakan untuk mencetak buku. Tapi bisa digunakan untuk banyak hal. Mulai membuat tas, membuat kartu nama, dan membuat kotak agar bisa juga digunakan untuk membuat makanan ringan. Belum lagi ada kartu yang dikhususkan untuk bermain seperti melipat kertas.

Dalam kebutuhan alat tulis perkantoran pun kertas sangat banyak digunakan. Jika anda memerlukan kertas untuk stok alat tulis kantor anda; maka anda bisa mencarinya di toko alat tulis kantor terdekat. Anda akan lebih mudah menemukan semua jenis kertas yang anda butuhkan di satu tempat; jika anda berbelanja di toko alat tulis kantor.


Blog Post Lainnya
Kontak
021-8195626
0821-2271-6076
0812-8386-4951
Jl. Matraman Raya No.189B, RT.7/RW.6, Bali Mester, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13310
tokojadi@gmail.com
Pembayaran
-
-
Media Sosial
Online Sejak 2007