-

Tips Memilih Pulpen Yang Baik

Tips Memilih Pulpen Yang Baik
Jenis tinta, ketebalan ujung pulpen, mekanisme, serta fungsi tambahan yang harus Anda perhatikan saat memilih pulpen. Hal ini tidak hanya untuk menghasilkan garis yang bagus, tetapi juga untuk kenyamanan Anda saat menggunakannya. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut ini!

...

Pelajari tentang jenis-jenis tinta dan kegunaannya


Ada berbagai jenis tinta yang digunakan dalam pulpen. Setiap jenis memiliki karakteristik dan kelebihannya masing-masing.

Berbagai Jenis Pulpen dan Pemilihannya
Berbagai Jenis Pulpen dan Pemilihannya


Tinta berbahan dasar air: untuk penulisan indah


Tinta berbahan dasar air (water-based ink) berisi warna-warna bening dengan guratan lembut. Garis tinta berbasis air tidak bertanda dan dapat digunakan sampai habis tanpa menimbulkan garis buram. Dengan keunggulan tersebut, pulpen tinta berbahan dasar air paling cocok untuk tulisan indah atau kaligrafi.

Namun, Anda juga perlu memperhatikan kualitas kertas yang Anda gunakan. Ini karena kualitas sapuan tinta berbasis air juga tergantung pada kualitas kertasnya. Setelah selesai dengan pulpen tinta berbahan dasar air, Anda juga perlu menutup matanya rapat-rapat agar tinta tidak mengering.

Tinta berminyak: untuk menulis dokumen penting


Tinta berbasis minyak memiliki beberapa keunggulan dibandingkan tinta berbasis air. Tidak hanya tahan air, tinta berbahan dasar minyak juga tidak mudah meresap ke dalam kertas. Alhasil, tulisan tidak mudah luntur. Kertas dan buku Anda juga akan tetap bersih jika Anda menggunakan pulpen berbahan dasar minyak.

Selain itu, tinta berbahan dasar minyak tahan pencahayaan. Kemampuan ini membuat goresan bertahan lebih lama dan tidak cepat pudar. Inilah mengapa tinta berbahan dasar minyak cocok untuk menulis atau menandatangani dokumen penting.

Tinta gel: serbaguna dan tersedia dalam banyak pilihan warna


Dengan pulpen tinta gel, Anda akan mendapatkan hasil tulisan yang halus dan elegan. Tinta tahan lama dan tidak cepat pudar. Tidak hanya itu, Anda juga dapat membuat kreasi tulisan yang penuh warna karena jenis tinta ini memiliki banyak pilihan warna. Untuk alasan ini, banyak pulpen tinta gel dipilih untuk menulis dan juga menggambar.

Namun, tinta jenis ini juga memiliki kelemahan. Tinta gel lebih cepat habis dibandingkan jenis tinta lainnya. Jadi jika Anda menggunakan pulpen gel, siapkan juga isi ulang lainnya.

Tinta kinerja tinggi: lebih nyaman dan mudah digunakan


Tinta performa tinggi adalah tinta dengan teknologi terbaru. Teknologi ini memanfaatkan tinta berbasis minyak dan air, seperti tinta emulsi (ZEBRA) dan tinta acro (PILOT). Tinta emulsi juga disebut tinta jenis minyak dalam air. Tinta modern ini merupakan hasil campuran antara tinta oil based dan water based yang tidak mungkin tercampur.

Tekstur tinta digambarkan sebagai tinta berbasis air yang mengambang di tinta berbasis minyak. Perpaduan ini membuat jenis tinta ini sangat nyaman digunakan untuk menulis. Selain itu, tinta jenis ini tidak meresap dibalik kertas. Tinta berperforma tinggi seperti ini sering digunakan pada bolpoin yang relatif mahal.

Perhatikan ketebalannya


Ketebalan ujung pulpen bervariasi. pulpen ultra tipis / ketebalan kecil seperti 0,3mm atau 0,38mm nyaman untuk Anda tulis di buku catatan. Ukurannya pas untuk menulis dengan tekanan rendah untuk menghasilkan coretan ringan.

Jika Anda sering menulis dengan tekanan yang kuat, pilihlah pulpen berujung halus. Ukuran ketebalan yang sesuai misalnya 0.7mm atau 1.0mm. Pengukur ketebalan ini akan menghasilkan goresan tebal dan jelas yang juga cocok untuk menggambar atau tanda tangan.

Cara Mengeluarkan Mata Pulpen


Model pulpen tidak \hanya model berpenutup untuk melindungi ujung pulpen saja. Ada juga jenis pulpen yang harus dipencet atau diputar untuk mengeluarkan ujungnya. Di bawah ini kami jelaskan jenis-jenis pulpen berdasarkan mekanisme pelepasan ujung pulpen.
  • Pertama, pulpen yang perlu ditekan untuk melepas nib. pulpen jenis ini juga disebut pulpen yang bisa ditarik. Cukup tekan ujung atas pulpen untuk melepaskan ujungnya. Tipe ini cocok untuk Anda yang harus mencatat atau menggunakan pulpen dengan cepat.
  • Kedua, jenis pulpen yang ujung pulpennya dilepas dengan cara memutar badan pulpen. Mekanisme ini juga disebut berliku atau berputar. Tipe ini juga praktis dan cocok untuk Anda yang sering menggunakan beberapa alat tulis secara bergantian.
  • Terakhir, pulpen yang memakai penutup. Pulpen jenis ini banyak ditemukan di pasaran. Dengan penutup, tinta pulpen tak akan bocor dan mengotori saku atau tempat pensil. Tak hanya pulpen murah, banyak juga pulpen mewah dengan desain seperti ini. Pulpen mewah seperti ini banyak digunakan untuk menambah kesan mewah dan profesional.

Di Mana Membeli Pulpen Dalam Jumlah Banyak


Jika anda mau membeli pulpen dalam jumlah yang banyak untuk keperluan acara atau stok di kantor. Anda bisa memesannya dari toko alat tulis kantor. Toko kami adalah salah satu toko alat tulis kantor yang sudah sangat berpengalaman dalam melayani pemesanan pulpen dalam jumlah besar.

Kami menjamin kualitas dari pulpen yang kami sediakan. Anda bisa memesan layanan customer service kami untuk melakukan pemesanan pulpen yang anda butuhkan.
Blog Post Lainnya
Kontak
021-8195626
0821-2271-6076
0812-8386-4951
Jl. Matraman Raya No.189B, RT.7/RW.6, Bali Mester, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13310
tokojadi@gmail.com
Pembayaran
-
-
Media Sosial
Online Sejak 2007