-

Lemari Loker, Solusi Penyimpanan Pribadi yang Aman

Lemari Loker, Solusi Penyimpanan Pribadi yang Aman
Keberadaan sebuah lemari sebagai sarana penyimpanan berbagai barang pribadi tak hanya dibutuhkan di rumah saja. Di sekolah, perkantoran atau tempat umum juga membutuhkan kehadiran lemari, yang biasanya berbentuk lemari loker.
Meski sama-sama menjadi tempat penyimpanan berbagai barang pribadi, namun loker memiliki wujud, sifat dan fungsi atau manfaat yang lebih spesifik. Bagi Anda yang ingin tahu lebih detail lagi tentang apa dan bagaimana lemari loker itu, silahkan ikuti uraian di bawah ini.

Pengertian (Lemari) Loker

Lemari loker adalah salah satu sarana penyimpanan berjenis lemari yang memiliki fungsi sebagai tempat untuk meletakkan berbagai barang berharga pribadi. Biasanya berbagai barang pribadi yang tersimpan di loker adalah benda-benda kecil atau bisa terlipat kecil.
Lemari jenis ini memiliki model pengamanan yang sederhana sekali. Yaitu dengan menggunakan kunci, dimana nantinya anak kunci dari loker tersebut dapat dibawa oleh sang pemilik loker. Bentuk loker mirip dengan bentuk lemari pada umumnya, yaitu dalam posisi berdiri dan memiliki pintu.
Hanya saja lemari jenis loker memiliki banyak pintu (tergantung jenis lokernya) dimana pada setiap pintu dilengkapi dengan kunci.Di pasaran istilah penyebutan terhadap lemari loker banyak sekali. Mulai dari lemari besi, loker besi, loker dan lain sebagainya.
Akan tetapi meski begitu semua nama atau istilah tersebut merujuk pada lemari berjenis loker. Untuk ukurannya, para produsen loker sengaja menciptakannya dalam berbagai kapasitas sesuai kebutuhan konsumen.
Ada loker yang terdiri dari 2 pintu, lemari loker 3 pintu, loker berpintu 4 hingga ada juga loker yang memiliki pintu hingga 12 buah.

Sejarah Lemari dan Loker

Keberadaan lemari loker sendiri tak dapat terpisahkan dari sejarah asal-usul pembuatan lemari.
Sebagai salah satu bentuk dari benda furniture, fungsi utama dari lemari adalah sebagai tempat penyimpanan pakaian serta beberapa barang khusus pribadi.

a. Sejarah Lemari Abad Pertengahan

Sejarah pembuatan lemari yang sangat panjang berawal dari dataran Inggris abad pertengahan lalu. Yaitu adanya kebiasaan masyarakat di Inggris saat itu yang menggunakan peti kecil sebagai tempat penyimpanan pakaian.
Wadah ini biasanya hanya dimiliki oleh keluarga bangsawan yang tinggal di istana atau kastil-kastil. Selain sebagai tempat penyimpanan pakaian, peti kecil dari kayu ini juga berguna sebadai wadah menyimpan harta.
Misalnya uang koin, perhiasan, batu mulia, bulu dan lainnya.Seiring berlalunya waktu, keberadaan peti dari kayu ini mulai bertransformasi menjadi lemari mirip sebagaimana yang ada saat ini.
Yaitu bentuknya berdiri (tak lagi berupa peti) serta terdapat beberapa rak di dalamnya.

b. Lemari Abad 17 dan 18

Selanjutnya pada awal abad ketujuh belas lemari pakaian ini mulai banyak digunakan oleh kalangan yang lebih luas. Pemilik lemari di abad ini bukan hanya para bangsawan dan kaum ningrat saja. Kalangan rakyat biasa pun mulai menggunakan lemari untuk menyimpan pakaian.
Di masa ini industri pembuatan lemari kayu mulai tumbuh. Model lemari berdiri tersebut terbuat dari pohon-pohon dari hutan di kawasan Inggris. Akibat semakin meningkatnya permintaan akan kebutuhan kayu, maka hutan di Inggris pun mulai kehabisan stok.
Saat itu jenis kayu yang menjadi bahan pembuatan lemari adalah kayu Ek yang besar dan kokoh. Untuk mengatasi kelangkaan bahan pembuatan lemari tersebut, maka Inggris pun mulai melakukan impor kayu dari Amerika.
Pada abad ini bentuk lemari telah mulai terdapat hiasan dekoratifnya, yaitu berupa ukiran-ukiran yang rumit namun indah. Akhirnya pada abad ke-18 bahan pembuatan kayu tak lagi menggunakan pohon Ek melainkan pohon Jati.

c. Lemari modern

Nah di abad kesembilan belas, bentuk lemari pakaian mulai mengalami perubahan kembali menjadi lebih modern. Lemari di masa ini memiliki tambahan ruang yang berfungsi sebagai tempat untuk menggantung pakaian.Tempat gantungan baju ini terdapat pada setiap sisinya.
Sedangkan pada bagian depan lemari terpasang cermin yang berguna sebagai pematut sekaligus sarana bagi para wanita saat itu untuk berhias. Pada masa modern ini bahan pembuatan lemari juga mulai menggunakan kayu dari pohon Mahoni.
Untuk mempermanis tampilan, maka permukaan lemari terpoles dengan hasil akhir satinwood yang halus.Seiring dengan perkembangan teknologi serta berbagai kemudahan akses antar negara maka saat ini keberadaan lemari sangat umum dijumpai di mana-mana.
Bentuk, fungsi serta keindahannya pun beraneka ragam, Salah satunya adalah lemari loker.

Fungsi (Lemari) Loker

Secara umum loker berguna sebagaimana sebuah lemari. Yaitu sebagai wadah untuk menyimpan berbagai barang pribadi milik pemilik atau penggunanya yang berbentuk kecil. Misalnya dokumen, beberapa baju ganti, tas, laptop atau bahkan sepatu.
Barang yang tersimpan di dalam loker bervariasi tergantung lokasi penggunaan loker tersebut. Misalnya jika di sekolah maka isinya berupa buku atau peralatan sekolah. Jika di tempat olahraga biasanya berupa baju ganti, handuk, peralatan mandi dan perlengkapan pribadi lain.
Ada perbedaan mendasar yang juga berpengaruh pada fungsi umum lemari loker jika dibandingkan dengan wujud sebuah lemari. Desain dan bentuk loker sangat khas yaitu berupa kotak memanjang dengan banyak sekat pembatasnya.
Pembatas atau sekat-sekat itu akan membuat loker jadi memiliki ruangan-ruangan yang masing-masing ruangan akan terpasang pintu dengan kunci sebagai pengamannya. Biasanya sebuah ruangan itu akan digunakan oleh seorang pengguna.

Nilai Plus (Lemari) Loker

Sebagai salah satu bentuk furniture pada suatu tempat, maka penggunaan loker akan mampu membawa beberapa nilai tambah bagi ruangan tersebut. Berikut beberapa nilai tambah atas keberadaan lemari loker, yaitu antara lain:

1. Sarana Penyimpanan yang Aman

Nilai tambah yang pertama dari penggunaan loker adalah menjadi wadah penyimpanan berbagai barang pribadi bagi penggunanya dengan aman.
Hal tersebut karena pada setiap loker dilengkapi dengan pintu yang ada kuncinya

2. Merapikan Ruangan

Penggunaan loker sebagai lemari penyimpanan di kantor juga akan memberi nilai tambah berupa kerapian ruangan. Di mana berbagai barang yang biasanya tergeletak di atas meja kerja seperti laptop, alat tulis, berkas dokumen dll yang tak terpakai dapat masuk ke loker.
Dengan begitu maka para pegawai akan dapat memanfaatkan meja kerjanya dengan lebih efektif serta efisien sekaligus menjaga kefokusan bekerja.
Sebab terbukti jika berbagai barang yang taka ada relevansi dengan pekerjaan di atas meja akan dapat mengganggu konsentrasi.

3. Menimbulkan Kesan Estetik

Selain 2 nilai tambah sebagai keuntungan penggunaan loker, hal tersebut juga mampu menambah nilai estetik pada suatu ruangan. Sebab saat ini desain lemari loker tak hanya itu-itu saja.
Telah banyak dapat Anda temukan di pasaran berbagai model loker dengan desain minimalis dan modern. Anda tinggal memilihnya yang sesuai kebutuhan, kapasitas serta kesesuaian warna dan desain ruangan kantor saja.

4. Awet dan Tahan Lama

Jika Anda seorang pemilik bisnis maka jangan ragu untuk melengkapi fasilitas karyawan di kantor dengan lemari loker. Alasannya karena lemari penyimpanan berjenis loker ini sangat awet dan tahan lama.
Pasalnya bahan pembuatan loker pada umumnya terbuat dari bahan besi berkualitas tinggi yang berlapis dengan cat besi. Hal ini akan membuat loker menjadi tak berkarat, tak mudah lembab, tak berjamur, tahan air serta tak akan terserang rayap.
Selain itu, bahan pembuatan loker yang terbuat dari besi juga memungkinkan mampu untuk menahan beban yang cukup besar.

Tips memilih loker

Agar Anda tak salah memilih loker yang baik dan berkualitas, berikut beberapa tips dalam memilih loker sebagai tempat penyimpanan, yaitu:

1. Sesuaikan dengan Budget

Tips pertama, selalu sesuaikan apapun pilihan Anda dengan anggaran pembelian loker. Saat ini ada banyak sekali ragam, jenis serta merk lemari loker. Namun meski demikian Anda harus disiplin dengan budget pembelian yang telah ada.Tentunya semakin modern desain sebuah loker maka harga yang dipatok pastilah akan sesuai.
Demikian pula dengan kapasitasnya. Semakin besar ukuran lokernya tentu harganya juga semakin tinggi.Bahan pembuatan material loker juga turut berperan pada penetapan harga sebuah loker.
Namun pertimbangkan juga hal ini karena semakin bagus materialnya maka berarti akan semakin awet umur loker tersebut.

2. Pilih Jenis Kunci yang Sesuai

Pada saat memilih lemari loker, Anda juga harus mempertimbangkan jenis kunci yang digunakan. Tentunya semakin berharga jenis barang yang akan Anda simpan di dalam loker maka pilihlah jenis kunci dengan tingkat keamanan tinggi.
Saat ini di pasaran telah tersedia banyak sekali loker yang menggunakan berbagai jenis kunci yang berbeda-beda. Mulai dari kunci digital, kunci real, kunci koin hingga loker yang hanya menggunakan kunci gembok. Desain kunci sebagai pengaman pada loker yang saat ini banyak digunakan adalah jenis kunci real.
Kelebihan jenis kunci ini selain tingkat keamanannya yang jauh lebih tinggi, juga model penguncian real ini jauh lebih mudah dalam penggunaannya.

3. Pilihlah Ukuran yang Tepat

Saat memilih untuk membeli sebuah lemari loker, Anda juga harus mempertimbangkan ukuran loker yang menjadi kebutuhan. Tentu saja hal ini berkaitan dengan jenis barang yang akan Anda simpan di dalamnya.
Selain itu memilih ukuran loker juga harus memperhatikan sekaligus menyesuaikan dengan ukuran ruang sebagai lokasi penempatannya.
Jika ruangan yang tersedia cukup luas maka Anda dapat memilih ukuran loker yang besar. Namun untuk ukuran ruang yang minimalis, pilihlah dengan bijak loker berukuran minimalis juga agar kenyamanan ruangan secara keseluruhan tak terabaikan.

4. Bahan atau Material

Tips memilih lemari loker berikutnya adalah mempertimbangkan bahan atau material dari loker yang akan Anda beli. Pada umumnya lemari yang berjenis loker tak terbuat dari kayu sebagaimana sebuah lemari.
Bahan pembuatan loker biasanya dari besi, metal atau stainless steel. Itulah mengapa harga lemari jenis loker selalu lebih mahal daripada lemari biasa pada umumnya.
Dengan bahan pembuatan dari besi maka loker jadi lebih awet, tak mudah rusak dan tahan lama.

5. Jumlah Kompartemen

Jumlah kompartemen dari lemari loker juga harus menjadi bahan pertimbangan dalam memilih sebuah loker. Kompartemen yang ada pada loker akan lebih banyak daripada lemari biasa. Sebuah loker biasanya akan memiliki ukuran kompartemen yang sama antara satu dan lainnya.
Akan tetapi pada beberapa jenis loker, ada juga yang ukuran kompartemennya berbeda. Apabila Anda akan membeli loker untuk kantor, maka pilihlah loker yang memiliki jumlah kompartemen yang sama dengan jumlah penggunanya, misalnya karyawan, manager dll.
Sedangkan jika pembelian loker untuk penyimpanan pribadi, maka pilihlah loker dengan jumlah kompartemen sesuai dengan jumlah dokumen yang akan disimpan. Atau bisa juga dengan menyesuaikan pada jenis dokumen yang akan Anda simpan.

6. Model dan Warna

Agar lemari loker sebagai tempat penyimpanan Anda mampu menyatu dengan desain ruangan dimana loker tersebut berada, maka sesuaikanlah model dan warnanya.
Misalnya jika ruangan yang akan Anda letakkan loker bergaya minimalis, maka warna putih sederhana akan cocok untuk menjadi pilihan.
Namun jika Anda bingung untuk memilih model warna, maka pilihan warna yang tak mencolok akan pasti pas bagi semua desain ruangan.

7. Pastikan Hanya Pilih Merek Berkualitas

Pertimbangan paling akhir sekaligus sebagai tips memilih loker yang baik adalah ingatlah untuk selalu memilih lemari loker dari merek berkualitas.
Saat ini di pasaran ada banyak sekali berbagai merek loker yang tersedia. Namun dari sekian banyak merek loker yang ada, hanya loker merk KOZURE saja yang terbukti memiliki kualitas unggul.
KOZURE sendiri adalah merek dari salah satu brand furniture di Indonesia yang memproduksi alat-alat kantor, brankas, loker dan lemari arsip.

a. Loker dari KOZURE

Lemari loker merek KOZURE harus Anda pertimbangkan sebagai sarana penyimpan barang pribadi karena merek ini menyediakan berbagai varian ukuran. Hal ini tentu akan memudahkan Anda dalam memilih kapasitas loker yang sesuai dengan kebutuhan penyimpanan nantinya.
Selain itu loker merek KOZURE juga memiliki ukuran kompartemen yang cukup luas sehingga akan memudahkan dalam melakukan penyimpanan barang. Bahan material pembuatan loker KOZURE juga dari besi berkualitas sehingga tak mudah rusak dalam jangka waktu lama.
Cat pelapis loker KOZURE juga bermutu tinggi demi jaminan kualitas yang aman dari serangan rayap, anti jamur, anti lembab serta anti karat. Kelebihan paling akhir loker ini telah dilengkapi dengan kunci sebagai alat pengamanannya.
Nah bagi Anda yang saat ini sedang membangun bisnis, jika ingin melengkapi perlengkapan kantor dengan loker, maka dapat memilih loker KOZURE. Pertimbangannya tentu saja beberapa nilai lebih yang melekat padanya sebagaimana uraian di atas.

b. Tokojadi.net

Bingung mendapatkan lemari loker merek KOZURE dimana? Beli saja di tokojadi.net, yaitu sebuah toko yang menyediakan berbagai kebutuhan alat tulis dan perkantoran. Di tokojadi.net Anda akan bisa mendapatkan penawaran harga spesial untuk pembelian grosir.
Proses pembelian di tokojadi.net juga sangat sederhana. Anda dapat membeli secara langsung ke lokasi toko. Atau jika tak memiliki cukup waktu, pembelian juga dapat dilakukan secara online. Anda tinggal order lewat WA atau email yang tersedia.
Semua barang yang ada di tokojadi.net adalah stok baru dan merupakan barang asli dari pabrikan masing-masing merek. Sistem pembayaran pun juga mudah karena tokojadi.net menyediakan jenis pembayaran COD alias bayar di tempat.
Khusus bagi yang berlokasi wilayah DKI Jakarta, pembelian di tokojadi.net dengan minimal order sebesar 500K dapat menggunakan jasa kurir toko. Anda pun nyaman dan barang belanjaan akan terkirim dengan aman.

Penutup

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi WA di 0812-8386-4951.
Atau datang langsung ke Jl. Matraman Raya No.189B, RT.7/RW.6, Bali Mester, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13310.
Semoga uraian dan penjelasan tentang lemari loker ini dapat bermanfaat.
Blog Post Lainnya
Kontak
021-8195626
+6282122716076
+6281283864951
Jl. Matraman Raya No.189B, RT.7/RW.6, Bali Mester, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13310
tokojadi@gmail.com
Pembayaran
-
-
Media Sosial
Online Sejak 2007