-

Jenis Pensil yang Bagus Untuk Menggambar Anime

Jenis Pensil yang Bagus Untuk Menggambar Anime
Pensil merupakan salah satu alat tulis dan alat untuk menggambar yang sering digunakan sehari-hari, terutama jika Anda suka menggambar anime. Ada banyak sekali jenis pensil tapi beberapa di antaranya memang bukan pensil yang bagus untuk menggambar anime.
Pensil sendiri pertama kali ditemukan pada masa Romawi dan hanya dapat dibeli dengan harga yang mahal. Semakin lama, jenis-jenis pensil semakin berkembang. Ada pensil yang bagus untuk menulis sampai pensil untuk menggambar sketsa wajah.
Selain mencari merk pensil terbaik, jika Anda ingin menggambar anime, Anda juga perlu mengetahui bagaimana kriteria pensil untuk menggambar sketsa. Baru setelah itu, Anda bisa mulai menemukan apa merk pensil yang bagus untuk menggambar sketsa.

Jenis-Jenis Pensil yang Bagus Untuk Menggambar Anime

Pada dasarnya, pensil dibedakan menjadi 3 kategori utama, yaitu B, F, dan H. Ketiganya kemudian dibagi lagi berdasarkan tingkat ketebalan dan fungsinya. Berikut penjelasan singkatnya:

1. 2B

Pensil 2B pasti merupakan pensil yang paling sering Anda temui dan gunakan sehari-hari. Hal itu karena pensil ini memang memiliki rentang gelap dan terang yang ideal untuk digunakan dalam berbagai hal.
Pensil ini menghasilkan tingkat kegelapan warna yang bervariasi, tergantung cara pengaplikasiannya. Oleh karena itulah pensil 2B cocok digunakan untuk membuat sketsa, mengarsir, termasuk menggambar anime.

2. 3B

Pensil 3B ini memiliki unsur warna terang yang lebih banyak daripada warna gelapnya. Jadi, pensil ini akan menghasilkan warna abu-abu terang ketika digoreskan pada kertas,.
Jenis pensil ini akan sangat ideal untuk menggambar sketsa maupun draft yang memiliki unsur cahaya.

3. 4B

Pensil 4B ideal untuk menggambar realistis dan membuat sketsa. Pensil ini juga mudah digoreskan di kertas gambar karena sifatnya yang ringan.
Dengan pensil 4B, Anda akan lebih mudah membuat goresan yang lebih tipis hanya dengan mengurangi tekanan penggoresannya.

4. 6B

Semakin besar jumlah angka yang menyertainya, semakin tinggi pula tingkat kelembutan pensil kategori B. Setiap seniman maupun ilustrator profesional akan mengatakan bahwa pensil 6B adalah pensil gambar terbaik yang pernah ada.
Hal tersebut karena pensil ini dapat memberikan tingkat kegelapan yang sempurna pada hasil gambarnya. Jika Anda ingin membuat sketsa potret ataupun anime, pensil 6B ini akan memberikan hasil yang realistis. Mulai dari tekstur bulu, kain, hingga kulit.

5. HB

Ini adalah pensil standar yang memiliki fitur gelap-terang lebih netral daripada jenis-jenis pensil lainnya. Jadi, pensil HB terletak tepat di tengah-tengah dalam skala kegelapan pensil.
Nama HB sendiri berasal dari unsur H yang menjelaskan tingkat kekerasannya dan kategori B yang menjelaskan tingkat kehitamannya. Pensil ini juga memiliki tingkat kekerasan yang sangat sempurna untuk tujuan yang berhubungan dengan karya seni seperti menggambar. 

6. F

Hasil goresan pensil F sedikit lebih ringan daripada pensil HB. Seperti pensil HB, pensil ini mampu menghasilkan goresan yang lebih gelap sekaligus lebih terang.
Namun pensil ini sedikit lebih keras daripada pensil HB, sehingga dapat tahan lama dan tidak mudah tumpul.

7. 2H

Tidak seperti pensil lainnya, pensil H mengandung konsentrasi timbal lebih rendah, sehingga warna yang dihasilkan lebih terang dan mudah dihapus.
Termasuk salah satunya pensil 2H ini.Pensil 2H sendiri sangat bagus digunakan untuk berbagai pekerjaan teknis. Mulai dari membuat sketsa blok hingga garis-garis arsiran. Sifatnya yang mudah dihapus juga akan sangat cocok untuk Anda yang ingin belajar menggambar anime.

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai beberapa jenis pensil yang ada. Pilihlah sendiri mana pensil yang bagus untuk menggambar anime kesukaan Anda. Semoga membantu!
Blog Post Lainnya
Kontak
021-8195626
0821-2271-6076
0812-8386-4951
Jl. Matraman Raya No.189B, RT.7/RW.6, Bali Mester, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13310
tokojadi@gmail.com
Pembayaran
-
-
Media Sosial
Online Sejak 2007