-

Yuk Ketahui Apa Perbedaan Cat Air dan Cat Akrilik

Yuk Ketahui Apa Perbedaan Cat Air dan Cat Akrilik
Perbedaan Cat Air dan Cat Akrilik - Cat akrilik dan cat air adalah nama yang pasti cukup familiar bagi Anda yang memiliki buah hati di usia sekolah.
Atau bagi yang senang berkecimpung di dunia seni. Namun bagi sebagian orang mungkin perbedaan cat air dan cat akrilik adalah hal asing yang belum diketahui.
Cat air dan cat akrilik itu sebenarnya merupakan cat yang berguna untuk membuat lukisan dengan bahan dasar terbuat dari air.
Akan tetapi pada kenyataannya terdapat perbedaan yang sangat mendasar di antara kedua jenis cat tersebut.
Bagi Anda yang penasaran apa sajakah perbedaan cat air dan cat akrilik tersebut, silahkan ikuti uraian penjelasannya di bawah ini.

Mengenal Cat Akrilik dan Cat Air

Cat air adalah sebuah sarana untuk membuat lukisan yang menggunakan pigmen pewarna dengan pelarut air yang memiliki sifat transparan.
Sedangkan cat akrilik adalah sarana membuat lukisan yang terbuat dari pigmen pewarna yang tersuspensi dalam emulsi polimer akrilik.
Karakter cat akrilik ini cepat kering namun dapat larut di dalam air. Beredar pendapat yang menyatakan jika cat akrilik itu jauh lebih unggul dari cat air.
Pendapat tersebut berdasarkan kenyataan jika cat akrilik adalah yang paling bagus untuk membuat lukisan di atas kanvas.
Meski pendapat tersebut tak salah, akan tetapi juga bukan sebuah pernyataan yang tepat. Karena sesungguhnya semua cat lukis pasti bagus untuk membuat lukisan di atas kanvas.
Hanya saja tentu setiap jenis cat lukis memliki karakter yang berbeda satu sama lainnya.
Seorang seniman yang profesional akan mampu memilih dengan tepat kapan menggunakan cat air atau akriklik agar lukisannya menjadi lebih hidup.
Sehingga para seniman akan paham dan tak bingung akan menggunakan jenis cat yang mana saat akan melukis.

Perbedaan Antara Cat Akrilik dan Cat Air

Berikut ini penjelasan detil tentang perbedaan cat air dan cat akrilik:

1. Cat Air

Sesuai dengan namanya, cat air bahan dasarnya terbuat dari air. Cat air sangat cocok untuk membuat lukisan di atas kertas.
Hal tersebut sesuai karakter dasar yang ada pada cat air yaitu bersifat transparan. Itulah mengapa hasil goresan cat air di atas kertas akan tampak sangat ringan karena menghasilkan lapisan yang transparan.
Karena terbuat dari air, maka jenis cat ini akan mudah sekali larut dengan air, bahkan pada saat telah kering sekalipun.
Oleh karena itu, apabila pada saat melukis terjadi kesalahan, pelukis tak perlu panik.
Mengapa? Karena hasil lukisan meski telah kering akan tetap dapat dibersihkan lalu diganti dengan goresan yang seharusnya untuk memperbaiki karyanya tersebut.

2. Cat Akrilik

Berikut ini beberapa karakteristik utama yang ada pada cat akrilik, yaitu:

Cat Acrylic Maries
Cat Acrylic Maries

  • Mudah Larut Dalam Air
Cat akrilik adalah jenis cat yang sangat mudah kering namun sekaligus juga mudah untuk dibersihkan pula. Cat akrilik ini apabila telah mengering maka tak akan mudah luntur atau larut sebagaimana cat air.
Hal tersebut pun menjadi kelebihan sekaligus kekurangan dari cat akrilik.
Yaitu pemilik lukisan tak perlu melakukan pengamanan dan penyimpanan ekstra pada lukisan yang terbuat dari cat akrilik karena karakter kekuatannya.
Akan tepai bagi seniman, toleransi untuk membuat koreksi pada detil lukisan yang salah hanya sebentar saja. Yaitu pada saat hasil lukisan belum mengering.
  • Banderol Harganya Murah
Dibandingkan dengan car air, banderol harga yang menjadi patokan bagi cat Akrilik sangat murah.
  • Memiliki Karakter Kuat dan Tahan Lama
Hasil akhir dari lukisan yang terbuat dari cat akrilik sangat kuat sehingga tidak akan mudah retak atau berubah warna jadi kuning.Semoga sekarang Anda lebih paham perbedaan cat air dan cat akrilik.
Blog Post Lainnya
Kontak
021-8195626
0821-2271-6076
0812-8386-4951
Jl. Matraman Raya No.189B, RT.7/RW.6, Bali Mester, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13310
tokojadi@gmail.com
Pembayaran
-
-
Media Sosial
Online Sejak 2007