Ukuran Loose Leaf yang Biasa Digunakan

Ukuran Loose Leaf yang Biasa Digunakan
Ukuran Loose Leaf - Bagi Anda yang masih berstatus sebagai siswa maupun mahasiswa, tentunya sering mendengar istilah loose leaf.
Loose leaf binder ini sering tersedia dalam berbagai ukuran loose leaf dimana dicari-cari oleh siswa untuk mencatat materi.
Potongan kertas berupa loose leaf ini memang memiliki banyak ukuran dari yang kecil hingga besar. Anda bisa menyesuaikan ukuran loose leaf sesuai kebutuhan dan keinginan Anda.
Lantas, ada berapa jenis sih ukuran kertas loose leaf? Yuk simak selengkapnya!

Apa Itu Loose Leaf?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai ukuran loose leaf, ada baiknya Anda tahu dulu mengenai pengertian loose leaf.
Jadi, loose leaf binder ini ialah potongan kertas satu persatu yang masih kosong dan umumnya berupa lembaran.
Loose leaf binder ini bisanya berupa buku catatan yang didalamnya terdapat ring dimana bisa dibuka maupun ditutup yang bertujuan untuk mengisi ulang kertas isian.
Adapun kertas isi ulang yang dimasukkan dalam binder tersebutlah yang dinamakan sebagai loose leaf.

Ukuran Loose Leaf yang Terdapat di Pasaran

Apabila Anda menggunakan binder dan hendak mengisi ulang kertasnya, maka Anda harus memilih ukuran kertas yang sesuai atau ukuran loose leaf yang tepat.
Berikut ialah beberapa ukuran loose leaf yang tersedia di pasaran Indonesia.

1. Kertas Binder A4

Ukuran kertas binder A4 ialah 21 x 29,7 cm dimana jumlah ring yang terdapat pada kertas loose leaf tersebut cukup beragam tergantung produsennya.
Ukuran kertas binder A4 ini terbilang cukup besar dimana biasanya memiliki 30 rings atau 9 rings saja.

2. Kertas Binder A5

Ukuran kertas loose leaf selanjutnya ialah binder A5 dimana memiliki dimensi 14.8 cm x 21 cm.
Biasanya, ukuran kertas A5 ini dibuat dengan jumlah ring sebanyak 20 namun ada juga yang memproduksi dengan jumlah ring berbeda misalnya 6 ring, 21 ring, atau 24 ring tergantung produsen.
Ukuran binder A5 ini menjadi yang paling best-seller di kalangan mahasiswa yang duduk di bangku kuliah mengingat binder ini memiliki muatan lebih banyak dalam menyimpan catatan.

3. Kertas Binder A6

Ukuran kertas binder A6 ini menjadi binder yang cukup kecil dimana biasanya hanya memuat 6 ring saja. Untuk dimensi dari kertas ini ialah 10.5 cm x 14.8 cm.
Binder berukuran kecil ini biasanya digunakan untuk mencatat hal-hal penting saja karena praktis dibawa kemana-mana.

4. Kertas Binder A7

Ukuran kertas binder yang lebih kecil selanjutnya ialah binder A7 dimana memiliki dimensi ukuran kertas hanya 7.4 cm x 10cm.
Jumlah ring pada kertas yang diberikan oleh produsen kertas ini rata-rata hanya berkisar 6 ring saja mengingat bentuk bindernya yang begitu mini.
Binder berukuran A7 ini ini sangat cocok dimasukkan ke dalam kantong baju maupun kantong celana. Tak heran jika binder ini sering dibawa kemana-mana.

5. Kertas Binder B5

Ukuran binder yang sering ditemukan terakhir ialah B5 dimana memiliki dimensi 17.6 cm x 25 cm. ukuran kertas B5 ini memiliki jumlah ring sekitar 25 ring.
Dengan ukurannya yang cukup besar, binder B5 ini sering digunakan oleh siswa atau mahasiswa untuk menulis catatan.
Ukurannya yang sedang dan tak begitu besar menjadikan binder ini mudah dimasukkan ke dalam tas yang berukuran kecil, sedang, maupun besar.
Baiklah, itulah penjelasan mengenai ukuran loose leaf pada binder yang sering ditemukan di pasaran Indonesia.
Anda bisa saja menemukan ukuran lain selain di atas karena ukuran kertas ini sangat ditentukan oleh produsen masing-masing.
Blog Post Lainnya
Kontak
021-8195626
0821-2271-6076
0812-8386-4951
Jl. Matraman Raya No.189B, RT.7/RW.6, Bali Mester, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13310
Pembayaran
Media Sosial
Grosir Alat Tulis Kantor
Online Sejak 2007