-

Perbedaan Lemari Arsip dan Filling Cabinet

Perbedaan Lemari Arsip dan Filling Cabinet
Anda mungkin sering menyamakan antara lemari arsip dengan filling cabinet. Padahal terdapat perbedaan lemari arsip dan filling cabinet dari segi bentuk, ukuran, hingga perbedaan peruntukannya.
Agar Anda tidak salah membeli, kali ini Kami akan bagikan sejumlah informasi terkait perbedaan kedua alat inventaris kantor tersebut. Tidak perlu berlama-lama, berikut penjelasan selengkapnya buat Anda.

Perbedaan Lemari Arsip dan Filling Cabinet

Perbedaan kedua peralatan kantor ini bisa ditinjau dari beberapa aspek yakni model, kegunaan, harga, dan material bahan bakunya. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Model

Secara umum model lemari arsip ada dua macam, ada model yang full dari logam dan model yang dilengkapi kaca untuk bisa leluasa melihat langsung isi lemari. Model yang menggunakan kaca tentunya akan lebih elegan dan berfungsi ganda sebagai interior ruangan yang apik.
Model lemari arsip juga lebih beragam, ada yang berupa laci, satu pintu, dan dua pintu. Berbeda halnya dengan filling cabinet yang modelnya hanya satu saja yaitu kabinet yang full logam. Yang membedakan antara satu produk filling cabinet dengan produk lainnya hanya jumlah banyaknya laci dan warna.

2. Kegunaan

Sebenarnya tidak ada perbedaan lemari arsip dan filling cabinet yang jauh mengenai kegunaan lemari arsip dengan filling cabinet. Keduanya sama-sama bisa dipakai menyimpan dokumen dan file penting lainnya. Hanya saja pengaturan dokumen dalam filling cabinet lebih rapi dan terorganisir dalam satu jenis berkas

Filling Cabinet idealnya hanya menyimpan berkas yang tersusun dalam sebuah Map khusus dalam posisi tergantung, contoh map gantung / suspension file yang terkenal ada merk Bantex , Diamond, fujita.

Sedangkan Lemari arsip dapat digunakan secara luas, mulai untuk menyimpan arsip dalam ordner, box file, stopmap, amplop, buku buku dan pernak pernik peralatan kantor.

Apalagi tiap lacinya dibuat agar bisa memuat pas dokumen dalam bentuk lembaran kertas. Pada lemari arsip, bagian rak-raknya lebih luas sehingga Anda butuh folder-folder dokumen lagi untuk mengelompokkan dokumen. Lemari arsip dan basis data akan mudah dicari kembali nantinya

3. Harga

Harga lemari arsip maupun filling cabinet bergantung pada kualitas bahan, model, dan besarnya ukuran. Jika membandingkan harga peralatan kantor ini maka lemari arsip lebih mahal dibanding filling cabinet.
Lemari arsip harganya berkisar dari 800 ribu-an dan yang paling mahal bisa mencapai 34 juta-an. Sedangkan filling cabinet harganya berkisar 300 ribu-an dan yang paling mahal mencapai 6 juta-an.

4. Material atau Bahan

Lemari arsip umumnya terbuat dari logam besi dengan ketebalan tertentu.
Bahan ini membuat lemari arsip lebih awet dan tahan lama. Bahan-bahan pembuatan lemari arsip membuatnya anti gores, anti karat, dan tahan api.
Filling cabinet ada yang berbahan kayu, plastik, dan logam besi. Filling cabinet berbahan kayu maupun plastik tentunya kurang awet karena yang berbahan kayu beresiko diserang rayap.

Tips Memilih Lemari Arsip dan Filling Cabinet

Agar Anda tidak salah beli dan produk bisa dipakai hingga lama, berikut beberapa tips yang bisa memandu Anda.
  • Anda perlu menyesuaikan ukuran ruangan dengan lemari arsip maupun filling cabinet yang ingin Anda beli.
  • Jika ruangan Anda tidak luas, pilihlah produk yang tidak terlalu besar sehingga tidak memakan banyak tempat.
  • Pilihlah produk yang kokoh dan awet yang memiliki ketahanan yang baik terhadap resiko kerusakan dokumen.
  • Pertimbangkan untuk memilih lemari arsip dan filling cabinet yang berbobot ringan agar mudah saat ingin memindahkannya.
  • Kalau perlu Anda bisa memilih lemari yang dilengkapi roda di bagian bawahnya.
  • Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan fungsinya.
  • Jika dokumen yang akan disimpan di dalamnya sangat penting maka belilah yang memiliki kunci pengaman dan terbuat dari material yang kuat.

Sampai sini Anda sudah mengetahui perbedaan lemari arsip dan filling cabinet serta tips memilih produk yang tepat. Anda bisa dengan mudah menemukan produk pilihan Anda di toko Kami tokojadi.net.
Temukan model lemari arsip dengan harga terbaik.
Blog Post Lainnya
Kontak
021-8195626
0821-2271-6076
0812-8386-4951
Jl. Matraman Raya No.189B, RT.7/RW.6, Bali Mester, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13310
tokojadi@gmail.com
Pembayaran
-
-
Media Sosial
Online Sejak 2007