-

Perbedaan Pensil 2B Dan HB

Perbedaan Pensil 2B Dan HB
Sudah tidak asing lagi ditelinga kita dengan yang Namanya pensil. Alat tulis yang sudah digunakan sejak lama untuk kebutuhan tulis menulis. Ternyata pensil memiliki beberapa jenis lho, salah satunya adalah pensil 2B dan HB. Lalu apakah perbedaan pensil 2B dan HB?

4 Perbedaan Pensil 2B dan Pensil HB

Pensil merupakan alat populer yang digunakan untuk menulis ataupun menggambar. Alat tulis menulis ini terbuat dari kayu dengan inti graft didalamnya. Nah pensil ini memiliki beberapa jenis berdasarkan kekerasannya.
Jenis-jenis pensil ini sama-sama memiliki kegunaan tulis menulis, namun ternyata kedua pensil ini memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Berikut perbedaan pensil 2B dan HB:

1. Definisi

Pensil 2B merupakan istilah yang mengacu pada penilaian H ke B dari pensil yang memiliki tema gelap. Bisa dibilang tulisan yang dibuat dari pensil 2B lebih gelap dibanding pensil kelas H. Sedangkan pensil HB merupakan istilah yang mengacu pada penilaian H ke B.
Dimana pensil ini lebih ringan daripada 2B. Tulisan yang dibuat pensil ini memberikan warna terang lebih mirip abu-abu daripada hitam.

2. Bahan Yang Terbentuk

Perbedaan pensil 2B dan HB berikutnya terletak dari bahan pembentuknya. Istilah 2B adalah singkatan dari lead hitam lunak, nah pensil ini memiliki sedikit tanah liat yang menjadikannya timah lunak. Sehingga warna yang dihasilkan cukup gelap dan lebih sulit untuk dihapus.
Sedangkan istilah HB adalah singkatan dari hard black dimana pensil ini memiliki jumlah tanah liat yang terbatas, menjadikan pensil ini keras-sedang. Ini membuat pensil HB memiliki warna yang biasa-biasa saja dan mudah untuk dihapus.

3. Kegunaan

Karakter grade pensil 2B yang lembut membuat pensil ini memiliki ujung ayakan. Pensil ini juga membentuk kerapatan garis yang sangat gelap dan ideal untuk garis tebal. Nah dengan ini pensil 2B sangat cocok digunakan untuk menggambar dan menulis dengan tangan bebas.
Perbedaan itu terlihat dengan pensil HB dimana karakter pensil HB keras. Selain itu kerapatan garis ini sangat ideal untuk keperluan menulis secara umum. Maka tak heran jika pensil ini banyak digunakan oleh anak-anak sekolah untuk meningkatkan kemampuan menulis mereka.

4. Campuran Penyusun Pensil

Perbedaan pensil 2B dan HB terletak pada bahan campuran yang menyusun inti pensil. Campuran untuk inti pensil ini berwarna hitam. Dimana campuran ini tersusun dari lempung dan karbon dengan perbandingan tertentu. Kadar lempung dan karbon ini sangat mempengaruhi intensitas warna dan kekerasan mata pensil.
Jika pensil memiliki mata pensil yang lunak dan tulisan lebih pekat maka kadar karbonnya lebih tinggi. Sebaliknya kadar lempung yang tinggi akan menghasilkan mata pensil yang keras dan tulisan yang dihasilkan kurang hitam.
Pensil 2B sendiri termasuk jenis pensil yang memiliki kadar karbon lebih tinggi dibanding kadar lempung.
Maka dari itu tulisan yang dihasilkan pensil 2B lebih hitam. Sedangkan pensil HB memiliki kadar karbon dan lempung yang seimbang.
Itulah tadi perbedaan pensil 2B dan HB. Dari kedua jenis pensil ini Anda bisa memilih menggunakan pensil yang mana sesuai dengan kebutuhan.
Karena banyak sekali produsen pensil, maka pilihlah pensil yang memiliki kualitas yang bagus.Jika Anda ingin menulis biasa menggunakan pensil HB yang lebih tipis dan mudah dihapus.
Namun jika Anda ingin menggambar sketsa yang membutuhkan pensil lebih tebal menggunakan pensil 2B. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat.
Blog Post Lainnya
Kontak
021-8195626
+6282122716076
+6281283864951
Jl. Matraman Raya No.189B, RT.7/RW.6, Bali Mester, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13310
tokojadi@gmail.com
Pembayaran
-
-
Media Sosial
Online Sejak 2007