-

Cara Mengatasi Pulpen Macet dengan Mudah

Cara Mengatasi Pulpen Macet dengan Mudah
Cara mengatasi pulpen macet nyatanya sangat mudah untuk diatas. Saat menulis, terkadang pulpen tiba-tiba tidak bisa digunakan karena tintanya tidak keluar alias macet. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mengatasi agar pulpen Anda kembali berfungsi.
Sebenarnya ada banyak sekali hal yang menjadi penyebab pulpen macet, salah satu penyebab paling umum adalah tabung pada pulpen tidak berfungsi dengan baik. Selain itu, tinta juga akan mengering jika pulpen dibiarkan terbuka dalam waktu lama.

Penyebab Pulpen Macet

Banyak orang bertanya-tanya, kenapa pulpen sering macet tanpa alasan yang jelas? Padahal tinta pulpen masih penuh, umurnya kurang dari sebulan setelah beli di toko dan jarang dipakai. Jadi mengapa itu macet? Ternyata tinta pulpen mudah kering. Apalagi jika jarang digunakan. Nah, agar tinta pulpen tidak macet, gunakanlah pulpen secara rutin.

Cara Mengatasi Pulpen Macet

Lalu apa yang harus dilakukan jika pulpen macet? Adakah harapan untuk memperbaikinya? Tentu saja ada banyak cara yang bisa Anda lakukan jika sedang mengalami kendala pulpen macet tersebut.
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, pulpen yang macet biasanya dikarenakan tintanya yang kering. Nah, untuk mengatasinya Anda harus melelehkan tinta yang sudah kering tersebut dengan beberapa tips yang ada di bawah ini:

1.Keluarkan Tabung Tinta

Jika pulpen macet, kemungkinan ada udara yang masuk ke dalam tabung tinta dan menyebabkannya mengering. Maka, cara yang dapat dilakukan adalah dengan membongkar pulpen dan mengeluarkan tabung tintanya.
Coba ketukkan ujung tabung tinta pada permukaan yang keras untuk menghilangkan gelembung udara. Lalu masukkan kembali tabung tinta tersebut ke dalam pulpen. Pengguna dapat mencoba apakah pulpen berfungsi atau tidak dengan mencoret-coret di atas kertas.

2. Panaskan Ujung Pulpen

Jika pulpen sarasa macet, buka dan keluarkan tabung tinta. Setelah itu, arahkan ujung pulpen yang terbuat dari besi ke api kecil yang keluar dari korek api. Lakukan saja beberapa saat agar bagian plastik tabung tinta tidak terbakar. Jika sudah, masukkan kembali tabung tinta dan Anda dapat memakai pulpen seperti sebelumnya.
Cara mengatasi pulpen macet ini bisa dilakukan hingga tinta mengalir dan pulpen berfungsi. Jika tidak mempunyai korek api, harap masukkan ujung pena ke dalam air mendidih karena panasnya dapat melelehkan tinta kering. Sesekali periksa suhu di ujung pena dengan jari Anda untuk memastikan tidak terlalu panas. Kemudian, ketuk pena dengan lembut agar tinta mengalir dan cobalah mencoret-coret di kertas kosong.

3. Goreskan di Penghapus

Selain pulpen, anak sekolah biasanya juga membawa penghapus. Jadi, kedua alat tulis ini bisa Anda gunakan saat pulpen Anda tiba-tiba macet. Jika pulpen yang Anda gunakan macet, coba saja digaruk dengan penghapus. Anda juga dapat menggoreskan ujung pena pada benda karet lainnya. Gores terus hingga tinta pulpen keluar dan dapat digunakan kembali.

4. Celupkan ke Alkohol

Alkohol dapat membantu melarutkan tinta kering yang tersumbat di ujung pulpen. Jadi, coba celupkan ujung pulpen ke dalam alkohol. Ingat, celupkan ujungnya saja agar tidak merusak pulpen. Jika sudah dicelupkan beberapa saat, coba goreskan kembali bolpoin yang macet pada kertas kosong untuk mengetahui apakah tinta sudah berfungsi kembali atau belum.
Itulah beberapa cara mengatasi pulpen macet dengan mudah dan cepat sehingga pulpen bisa kembali digunakan seperti semula. Masalah pulpen macet ini bisa Anda atasi dengan cara-cara di atas yang dirasa paling tepat. Anda juga bisa membeli pulpen baru di Tokojadi.
Blog Post Lainnya
Kontak
021-8195626
+6282122716076
+6281283864951
Jl. Matraman Raya No.189B, RT.7/RW.6, Bali Mester, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13310
tokojadi@gmail.com
Pembayaran
-
-
Media Sosial
Online Sejak 2007