-

Ukuran Kertas Laminating A4 dan Jenis-jenis Laminasi

Ukuran Kertas Laminating A4 dan Jenis-jenis Laminasi
Teknik laminasi merupakan proses penambahan lapisan pada suatu benda yang berbentuk lembaran dengan tujuan agar benda tersebut terlindungi dari kerusakan. Kertas laminating A4 merupakan salah satu jenis ukuran yang sering digunakan.
Biasanya ukuran kertas laminating A4 digunakan untuk melapisi dokumen penting. Seperti akta dan surat berharga lainnya. Sehingga lapisan dibuat sedemikian rupa menyerupai ukuran lembaran. Berikut ini beberapa hal mengenai laminasi dokumen lembaran.

Jenis-jenis Laminasi

Dalam praktiknya, laminasi berupa lembar terdiri dari dua jenis yaitu doff dan glossy. Sehingga para customer bisa memilih sesuka hati jenis laminasi apa yang hendak digunakan. Tetapi dari kedua jenis laminasi tersebut memiliki perbedaan yang mencolok termasuk harga.

1. Laminasi Glossy

Laminasi glossy memiliki tujuan agar benda yang di laminating memiliki efek yang mewah dan tampak mahal. Laminasi jenis ini tidak digunakan pada sembarang lembaran. Melainkan lembaran yang memiliki efek penting dan harus terlindungi.
Plastik glossy memiliki keunggulan mengkilap dan memantulkan cahaya. Sehingga jenisnya sering digunakan untuk melapisi kartu nama, brosur, dan poster yang bisa memberikan kesan mewah dan mahal. Proses pembuatannya pun harus pada percetakan yang besar dan lengkap.

2. Laminasi Doff

Jenis laminasi ini adalah metode laminating yang kerap kita dijumpai dimana saja. Misalkan untuk melaminating dokumen yang tidak memerlukan efek glossy. Meskipun tidak menimbulkan efek glossy, akan tetapi fungsinya sama saja.
Tujuan utamanya adalah untuk memberikan perlindungan pada dokumen agar tidak rusak. Baik warna atau tulisannya yang memudar. Dengan menggunakan laminasi, maka dokumen akan tahan terhadap air dan menjadi kedap udara sehingga lebih aman.

Cara Memilih Plastik Laminating

Plastik laminating sangat bervariasi dan banyak jenisnya, sehingga dalam proses laminating, Anda harus tahu ukuran dan plastik apa yang hendak digunakan. Berikut ini beberapa jenis ketebalan kertas laminating.

1. Plastik Laminasi Ukuran 250 mikron

Jika Anda memiliki KTP jaman dulu yang sering di laminating, pasti struktur plastiknya kaku dan agak tebal. Nah, plastik laminasi yang digunakan adalah yang memiliki ketebalan 250 mikron. Plastik dengan ketebalan tersebut cocok untuk melapisi dokumen berbentuk kartu.

2. Plastik Laminasi Ukuran 175 Mikron

Ada pula ukuran plastik dibawah 250 mikron, yaitu 175 mikron. Ukuran tersebut juga masih termasuk ke dalam kategori kaku dan tebal. Sehingga juga masih bisa digunakan untuk laminasi kartu. Akan tetapi tetap saja agak tipis jika dibandingkan dengan ketebalan 250.

3. Plastik Laminasi Ukuran 100 mikron

Jenis plastik dengan ketebalan 100 mikron biasanya digunakan untuk melapisi dokumen penting tetapi memiliki ukuran yang besar. Seperti ukuran F4 atau A4. Seperti halnya akta kelahiran dan kartu keluarga yang memiliki ukuran panjang dan lebar agak besar.

4. Plastik Laminasi Ukuran 16 Hingga 30 Mikron

Kertas laminasi ini banyak ditemui di tempat fotocopy biasa. Plastik dengan ketebalan tersebut digunakan untuk melapisi kertas promosi baik pamflet dan sejenisnya. Sehingga mudah ditumpuk dan tidak kaku.

Penutup

Pengetahuan mengenai kertas laminasi ini bisa dibilang tergolong penting. Pasalnya dengan begitu, Anda bisa memilih sendiri kategori plastik seperti apa yang hendak digunakan dan sesuai dengan jenis dokumen.
Bagi Anda yang hendak memberikan lapisan untuk ukuran kertas laminating A4, sebaiknya menggunakan plastik yang tidak terlalu tebal. Sehingga hasilnya tidak terlalu kaku dan mudah untuk dibawa. Untuk mendapatkan produknya bisa di Tokojadi.
Blog Post Lainnya
Kontak
021-8195626
0821-2271-6076
0812-8386-4951
Jl. Matraman Raya No.189B, RT.7/RW.6, Bali Mester, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13310
tokojadi@gmail.com
Pembayaran
-
-
Media Sosial
Online Sejak 2007