-

Cara Negosiasi Dengan Supplier, Pasti Berhasil!

Cara Negosiasi Dengan Supplier, Pasti Berhasil!
Mengetahui cara negosiasi dengan supplier menjadi sesuatu yang wajib dimiliki terutama bagi Anda yang memiliki usaha dan membutuhkan barang dari pemasok. Jika tidak memiliki kemampuan ini tentu usaha Anda akan sulit untuk berkembang.

Bagaimana Cara Negosiasi Dengan Supplier Secara Efektif?

Berikut beberapa cara negosiasi dengan supplier secara umum yang perlu diperhatikan:

1. Perkenalkan Diri

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memperkenalkan diri Anda kepada supplier sebagai seseorang yang akan memberi mereka banyak keuntungan. Sama seperti pemilik bisnis lain, pihak pemasok ingin menjual produk sebanyak mungkin.
Pihak supplier tentu akan menghargai pelanggan yang bisa membantu mereka mencapai tujuannya. Pastikan pihak supplier mengetahui bahwa Anda akan memberikan keuntungan dalam jangka panjang.
Apabila Anda memiliki rekam jejak pembelian sebelumnya, beri tahu pihak supplier besaran keuntungan yang bisa mereka harapkan dari Anda berdasarkan perjanjian tersebut.
Berikan rencana proyeksi penjualan berdasarkan logika dan penelitian bagi Anda yang baru memulai usaha.

2. Negosiasi Harga

Negosiasi harga dengan supplier dapat membantu mengurangi jumlah modal yang harus dikeluarkan. Anda bisa bernegosiasi dari hal lain yang bisa membantu menurunkan pengeluaran Anda apabila pihak supplier tidak mau mengalah dari segi harga.
Cobalah untuk bernegosiasi agar dapat mengurangi jumlah uang muka atau potongan harga saat membeli dalam jumlah besar.

3. Negosiasi dengan Banyak Supplier

Tips negosiasi dengan supplier selanjutnya adalah bernegosiasi dengan lebih banyak supplier. Agar mendapatkan harga yang kompetitif, usahakan bernegosiasi dengan setidaknya tidak supplier. Beri tahu para pemasok bahwa Anda mendapatkan penawaran lain.
Jangan lupa jelaskan bahwa Anda akan memilih pemasok yang memberikan penawaran paling kompetitif.Namun, jangan lupa pertimbangkan kualitas dalam mempertimbangkan tawarannya. Tentu saja kualitas barang akan menentukan seberapa lama usaha Anda dapat bertahan.

4. Agar Mendapat Diskon yang Lebih Besar Tawarkan Deposit yang Lebih Besar

Sama seperti pemilik bisnis lainnya, pihak supplier sangat waspada dengan piutang mereka. Dengan demikian, cara lain agar mendapatkan diskon yang lebih besar adalah dengan menawarkan setoran besar atas pesanan Anda.
Besaran uang muka yang lebih besar, misalnya 50-60 persen, maka daya tawar Anda akan meningkat. Oleh karena itu mereka akan lebih cenderung memberikan Anda kesepakatan harga, misalnya diskon.

5. Jangan Menerima Tawaran di Harga Pertama

Jangan pernah menerima tawaran pertama, namun Anda bisa mengeluarkan tawaran balik. Langkah negosiasi dengan supplier ini wajib Anda terapkan.
Carilah kesepakatan harga sebelum menerima harga yang ditawarkan. Contohnya saja, Anda bisa menawarkan kerjasama jangka panjang, sehingga bisa mendapatkan harga terbaik.

6. Pesan Semua Keperluan Bisnis di Satu Supplier

Pihak supplier tentu saja akan senang jika pemilik bisnis memesan banyak produk dari mereka. Tidak jarang pemilik bisnis akan mendapatkan diskon yang lebih besar serta keuntungan lainnya dari supplier.
Apabila Anda memesan barang dari beberapa supplier, pertimbangkan untuk mengalihkannya ke satu supplier saja. Akan tetapi, sebelumnya Anda harus menghubungi supplier dan membicarakan tentang peningkatan diskon sebagai imbalan untuk peralihan tersebut.

7. Menjadi Bisnis yang Baik di Mata Supplier

Menjaga hubungan yang baik dengan supplier menjadi sebuah keharusan. Pastikan membayar tagihan tepat waktu. Selain itu, cara berkomunikasi dengan supplier juga penting karena komunikasi yang baik menjadi salah satu penentu kelancaran bisnis.
Cara negosiasi dengan supplier perlu bagi pemilik usaha. Supplier dan pemilik usaha sama-sama saling membutuhkan. Oleh karena itu, mampu bernegosiasi dengan baik sangat dibutuhkan untuk kelancaran bisnis.
Blog Post Lainnya
Kontak
021-8195626
0821-2271-6076
0812-8386-4951
Jl. Matraman Raya No.189B, RT.7/RW.6, Bali Mester, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13310
tokojadi@gmail.com
Pembayaran
-
-
Media Sosial
Online Sejak 2007