-

Cara Upload Produk di Siplah Blibli

Cara Upload Produk di Siplah Blibli
Cara Upload Produk Di Siplah Blibli - Pernahkan anda dengar marketplace SIPLah Blibli? Tentu sudah, karena SIPLah Blibli adalah layanan informasi pengadaan sekolah dengan konsep online marketplace. Lalu apa bedanya dengan Blibli.com? Bagaimana cara upload produk di SIPLah Blibli dan Blibli.com?
Platform ini menjadi alternatif bagi sekolah-sekolah ketika membutuhkan barang dan perlengkapan sekolah. Semua pengadaan disekolah yang dibutuhkan, akan dibelanjakan menggunakan dana BOS dan wajib dibelanjakan melalui SIPLah Blibli kemendikbud ini.
Hal tersebut mengacu pada peraturan KEMENDIKBUD Nomor 14 tahun 2020, tentang pedoman pengadaan barang/jasa oleh satuan Pendidikan. Perlu diingat, bahwa yang bisa berbelanja dan memproses pembelanjaan adalah akun bendahara sekolah dan kepala sekolah.

Kelebihan SIPLah Blibli

Blibli.com menjadi mitra pilihan untuk membantu KEMENDIKBUD dalam menjalankan program pengadaan jasa/barang satuan Pendidikan.
Jika ingin berbelanja kebutuhan sekolah, anda bisa mengunjungi website SIPLAH.Blibli.com saja. apa saja keunggulan platform ini?

1. Mudah Bayarnya

Ketika anda melakukan pemesanan di platform ini, anda bisa melakukan pembayaran dengan mudah. Jika barang sudah pesanan sudah dimasukan ke keranjang, anda bisa mengisi estimasi pembayaran dalam beberapa hari. Anda bisa bebas mengisi berapa hari akan anda bayar.
Setelah itu, pesanan berhasil dipesan dan anda tinggal menunggu pesanan datang ke sekolah. Nah, simple dan mudah kan pembayaran melalui SIPLah Blibli sekolah?

2. Pilihan Produknya Banyak

Tidak hanya marketplace-marketplace yang saat ini sedang digandrungi, platform ini juga menyediakan banyak keperluan sekolah loh. Tidak hanya menyediakan kertas atau alat tulis saja, tapi fotokopi perlembar juga bisa. Selain itu, laptop untuk kebutuhan sekolah juga ada.
Jika kata seller, SIPLah Blibli bisa menjual banyak barang dan seller yang tersedia juga banyak. Sehingga, para seller akan merasa lebih mudah dalam berjualan melalui platform ini. Atau mungkin anda tertarik untuk menjadi seller di SIPLah Blibli?

3. Layanan Pelanggan 24 Jam

Tidak perlu anda ragukan lagi, pelayanan yang diberikan platform ini juga sangat baik. Karena, mereka akan melayani pelanggannya dalam waktu 24 Jam/7 hari.
Bagaimana? Apakah mudah dalam membelanjakan dana BOS menggunakan SIPLah Blibli?

Persiapan Sebelum Upload Produk

Sebelum mengupload produk yang akan dijual melalui platform ini, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan sebagai seller. Persiapan ini dilakukan untuk membantu dalam meningkatkan penjualan di toko dan memaksimalkan sasaran yang lebih tepat di marketplace.
Sebagai panduan penjual SIPLah Blibli, siapkanlah beberapa hal berikut ini!

1. Siapkan Foto Produk Sesuai Ketentuan Blibli.com

Sebelum upload produk, anda harus menyiapkan foto produk yang akan diupload. Sesuaikan foto produk anda dengan kriteria upload di marketplace di Blibli supaya sesuai.
Untuk mengetahui kriteria foto upload di Blibli adalah sebagai berikut:
  • Background foto produk menggunakan warna putih
  • Tidak terdapat watermark (tanda air) pada foto produk anda
Cara upload produk di SIPLah Blibli supaya mudah, biasanya menggunakan cara upload produk secara massal.
Dengan begitu, seller yang masih bingung bagaimana cara upload produk di SIPLah Blibli disediakan sesi foto shoot produk gratis untuk membantunya.

2. Siapkan Identitas Produk

Selanjutnya, siapkan identitas produk yang akan du upload. Seperti, detail deskripsi, spesifikasi dan jenis kelompok produk yang akan anda jual di toko platform ini.
Jika anda ingin mengedit deskripsi produknya, maka cukup mengisi bagian kolom deskripsi produknya.
Dengan memberikan identitas produk, customer akan mengetahui informasi detail dan spesifikasi produk yang anda jual. Dengan begitu, customer dapat memutuskan untuk bellanja di toko anda atau tidak.

3. Menaati Peraturan Blibli.com

Setelah semua sudah siap, anda hanya tinggal mengikuti dan menaati peraturan yang diterapkan oleh Blibli kepada seller. Sebab, anda harus menaati semua peraturan marketplace Blibli jika ingin berjualan.
Seperti, tidak diperbolehkan menjual produk bekas, produk cacat sampai produk senjata tajam. Jika anda menjual produk-produk tersebut, maka toko anda akan di blokir/banned dari Blibli.com.

Cara Upload Produk di SIPLah Blibli

Cara upload produk di SIPLah Blibli dapat menggunakan dua cara, yaitu upload secara massal atau manual. Untuk mengetahui cara upload produk di SIPLah Blibli dapat disimak berikut ini!

1. Cara Upload Banyak Produk di SIPLah Blibli

Upload Banyak Produk di platform ini menjadi sangat efisien karena dapat menghemat waktu anda. Ketika anda upload produk banyak (massal), maka hanya membutuhkan file excel yang disesuaikan berdasarkan fitur foto produk kedalam bentuk zip.
Untuk mengetahui cara upload produk di SIPLah Blibli secara banyak (massal), simak caranya berikut ini!
  • Login ke akun “seller SIPLah Blibli”
  • Pilih menu “Tambah Banyak Produk”
  • Pada menu “Kategori Produk” pilih kategori yang sesuai dengan produk yang akan anda upload
  • Siapkan foto produk maksimal 5 foto per produk dengan ukuran minimal 700 x 700 pixel dan besar file maksimal 1 MB
  • Lalu, beri nama file di setiap foto dan simpan dalam satu folder format .zip
  • Selanjutnya, pada menu “Unduh File Tambah Produk” klik dan download template tambah produk
  • Jika template sudah diisi, ikuti petunjuk pengisian pada tab “PETUNJUK”
  • Pada menu “Unggah File Tambah dan Foto Produk”, upload file yang sudah diisi dan foto yang sudah disiapkan
  • Beri tanda centang pada kotak paling bawah setelah semua data terisi
  • Klik “Proses” dan hasil produk yang diupload akan ditampilkan di SIPLah Blibli.

2. Cara Upload Produk Manual di SIPLah Blibli

Cara upload produk di SIPLah Blibli yang kedua adalah secara manual. Namun, cara ini memakan banyak waktu karena prosesnya dilakukan satu-satu untuk memasukan setiap jenis produk yang berbeda ke marketplacenya.
Untuk mengetahui cara upload produk di SIPLah Blibli secara manual, simak caranya berikut ini!
  • Login ke akun “seller SIPLah Blibli”
  • Pilih menu “Tambah Produk”
  • Pilih “Barang” pada “Kategori Produk”, lalu pilih barang yang akan di upload di menu “Silahkan Pilih” sampai sesuai dengan kategori barang yang akan dijual/upload
  • Jika kategori barang yang dipilih tidak ada, maka pilih di kolom “Silahkan Pilih Kategori Pajak”
  • Jika tidak ada yang sesuai, pilihlah yang dikenakan PPN
  • Pada kolom “Foto Produk” masukan foto yang akan ditampilkan pada halaman toko anda
  • Isi seluruh data/detail produk. Seperti, nama produk, kode, harga dasar, lalu “Enter”. Isi semua data secara lengkap sampai selesai sesuai dengan produknya
  • Kemudian, isi deskripsi produk secara lengkap, minimal pemesanan, jaminan pengiriman dan cara pengiriman
  • Beri tanda centang pada kotak paling bawah setelah semua data terisi
  • Lalu klik “Simpan” dan hasil produk yang diupload akan ditampilkan di SIPLah Blibli

Bagaimana? Sudah tahu cara upload produk di SIPLah Blibli secara massal maupun manual kan?
Dengan begitu, anda mendapatkan kemudahan dan tentunya praktis ketika membelanjakan dana BOS melalui SIPLah Blibli. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!
Blog Post Lainnya
Kontak
021-8195626
0821-2271-6076
0812-8386-4951
Jl. Matraman Raya No.189B, RT.7/RW.6, Bali Mester, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13310
tokojadi@gmail.com
Pembayaran
-
-
Media Sosial
Online Sejak 2007