-

Kumpulan Dalil tentang Menghormati Guru dalam Islam

Kumpulan Dalil tentang Menghormati Guru dalam Islam
Al-qur’an merupakan pedoman hidup bagi umat muslim. Di dalamnya bahkan tertulis dalil tentang menghormati guru sebagai individu yang memberikan kita ilmu dan pengetahuan. Sikap ini sendiri merupakan nilai fundamental dalam budaya pendidikan.Pada artikel ini, kita akan membahas kumpulan dalil yang merangkum nilai-nilai menghormati guru dan tertulis dalam Al-qur’an. Selain itu, akan dibahas juga mengenai makna yang terkandung di dalam dalil-dalil tersebut.

Kumpulan Dalil tentang Menghormati Guru dalam Al-qur’an


Di bawah ini merupakan dalil-dalil dalam Al-qur’an yang menjelaskan betapa pentingnya kita untuk menghormati guru:

1. Surat Al-Isra, Ayat 23


وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا ۚ إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا
Artinya: "Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan 'ah' dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik."
Di sekolah, peran guru setara dengan peran orang tua di rumah. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya siswa untuk menghormati guru selayaknya menghormati ayah dan ibu di rumah.Guru sebagai pendidik di sekolah patut mendapatkan penghargaan dan penghormatan. Mereka mengemban amanah yang berat untuk membentuk karakter generasi penerus. Oleh sebab itu, hargailah jasa-jasa mereka.

2. Surat Al-Ankabut, Ayat 46


۞ وَلَا تُجَٰدِلُوٓا۟ أَهْلَ ٱلْكِتَٰبِ إِلَّا بِٱلَّتِى هِىَ أَحْسَنُ إِلَّا ٱلَّذِينَ ظَلَمُوا۟ مِنْهُمْ ۖ وَقُولُوٓا۟ ءَامَنَّا بِٱلَّذِىٓ أُنزِلَ إِلَيْنَا وَأُنزِلَ إِلَيْكُمْ وَإِلَٰهُنَا وَإِلَٰهُكُمْ وَٰحِدٌ وَنَحْنُ لَهُۥ مُسْلِمُونَ

Artinya:“Dan janganlah kamu berdebat dengan Ahli Kitab, melainkan dengan cara yang paling baik, kecuali dengan orang-orang zalim di antara mereka, dan katakanlah: "Kami telah beriman kepada (kitab-kitab) yang diturunkan kepada kami dan yang diturunkan kepadamu; Tuhan kami dan Tuhanmu adalah satu; dan kami hanya kepada-Nya berserah diri".
Pada dasarnya, penafsiran dari ayat di atas adalah perihal mendebat kaum Yahudi dan Nasrani. Allah SWT melarang umat muslim untuk berdebat dengan mereka dengan cara yang tidak baik.Demikian pula ketika siswa sedang berbeda pendapat dengan guru yang mengajarnya. Sampaikanlah pendapat dengan cara yang baik-baik, apabila memang pendapatnya dirasa benar.

3. Surat Al-Mujadilah, Ayat 11


يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قِيْلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوْا فِى الْمَجٰلِسِ فَافْسَحُوْا يَفْسَحِ اللّٰهُ لَكُمْۚ وَاِذَا قِيْلَ انْشُزُوْا فَانْشُزُوْا يَرْفَعِ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْۙ وَالَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ دَرَجٰتٍۗ وَاللّٰهُ بِمَا
تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ - ١١
Artinya:"Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, "Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis, maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, "Berdirilah kamu," maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Maha Teliti apa yang kamu kerjakan."
Dalil tentang menghormati guru ini menekankan pentingnya kedudukan ilmu dalam Islam. Dalam surat tersebut dijelaskan bahwa barangsiapa yang memberikan ruang untuk ahli ilmu dan bersegera dalam menuntut ilmu, maka akan Allah SWT berkahi.

4. Al-Kahf, Ayat 78


قَالَ هٰذَا فِرَاقُ بَيْنِيْ وَبَيْنِكَۚ سَاُنَبِّئُكَ بِتَأْوِيْلِ مَا لَمْ تَسْتَطِعْ عَّلَيْهِ صَبْرًا

Artinya:“Dia berkata, “Inilah perpisahan antara aku dengan engkau; aku akan memberikan penjelasan kepadamu atas perbuatan yang engkau tidak mampu sabar terhadapnya.”
Dalil di atas menjelaskan bagaimana perpisahan dengan guru. Diriwayatkan bahwa Nabi Musa AS terlalu tergesa-gesa dan tidak sabaran menuntut jawaban dari Nabi Khidir AS. Padahal, beliau sudah berpesan agar Nabi Musa AS tidak bertanya mengenai apa yang dilakukannya.Oleh karena hal tersebut, Nabi Khidir AS pun memutuskan untuk pergi meninggalkan Nabi Musa AS. Dari kisah ini, hikmah yang bisa diambil adalah kesabaran merupakan sifat yang harus dimiliki oleh semua orang yang menuntut ilmu.

Contoh Perilaku Menghormati Guru dalam Islam


Dalam ajaran agama Islam, perilaku menghormati guru menjadi salah satu cerminan nilai agama yang mulia. Sebagaimana dalil-dalil yang tercantum di Al-qur’an, seorang umat muslim yang taat haruslah memiliki sikap hormat kepada gurunya.
Beberapa contoh perilaku menghormati guru yang sesuai dengan anjuran agama Islam adalah sebagai berikut:

1. Mendengarkan Penjelasan Guru dengan Penuh Perhatian


Contoh pertama adalah dengan menunjukkan kesungguhan dalam belajar. Hal ini bisa diperlihatkan dengan memberikan perhatian penuh pada saat guru memberikan penjelasan. Dengan bersikap seperti ini, guru akan merasa dihormati dan dihargai.

2. Taat Mengikuti Arahan


Sebagai suri tauladan yang baik, guru akan memberikan berbagai arahan pada murid-muridnya. Ikutilah arahan yang diberikan oleh guru, termasuk mengerjakan tugas-tugas yang diberikan. Arahan ini akan mengantarkan murid menjadi pribadi yang lebih baik di kemudian hari.

3. Menjaga Bahasa dan Sikap di Depan Guru


Sikap sopan, rendah hati dan menghormati juga harus diperlihatkan melalui cara bertutur dan bersikap. Di depan guru yang dihormati, hindarilah penggunaan bahasa yang kurang sopan, kasar atau bahkan merendahkan.Tunjukkan pula sikap yang baik di hadapan guru. Hal ini bisa dilakukan dengan menyapa dan memberikan salam saat berpapasan, atau sesederhana mengucapkan terima kasih setelah guru menyampaikan penjelasan.
Masih banyak sikap dan perilaku menghormati guru lain yang bisa dilakukan. Seorang muslim hendaklah memperhatikan adab dalam menuntut ilmu. Salah satunya yakni dengan bersikap hormat dan menghargai guru.Dalil tentang menghormati guru dalam Islam telah dituliskan dalam beberapa ayat Al-qur’an. Hendaknya dalil tersebut menjadi pedoman bagi umat muslim selaku murid dalam menuntut ilmu.
Blog Post Lainnya
Kontak
021-8195626
+6282122716076
+6281283864951
Jl. Matraman Raya No.189B, RT.7/RW.6, Bali Mester, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13310
tokojadi@gmail.com
Pembayaran
-
-
Media Sosial
Online Sejak 2007