-

Penyebab Flash Disk Tidak Terbaca pada Komputer

Penyebab Flash Disk Tidak Terbaca pada Komputer
Pasti banyak sekali para pengguna flash disk yang pernah mengalami situasi flash disk tidak terbaca pada komputer. Walaupun sudah mencoba lepas pasang beberapa kali dan megubah posisi pemasangan flash disc. Nanum tetap saja, flash disk tidak tampil di komputer.
Situasi seperti ini kadang membuat para pemilik flash disk menjadi panik dan takut datanya hilang. Sebenarnya, sebelum panik para pengguna harusnya mengetahui terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab flash disk tidak terbaca agar segera menemukan jalan keluar.

Penyebab Flash Disk Tidak Terbaca pada Komputer

Flash disk tidak masuk ke komputer bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Mulai dari faktor fisik, sambungan, sampai ada kemungkinan serangan virus. Namun yang jelas para pengguna harus mengenali terlebih dahulu-dahulu penyebabnya.
Dengan memahami apa yang menyebabkan flash disk tidak bisa terbaca. Para pengguna bisa menentukan langkah selanjutnya untuk perbaikan. Berikut adalah pembahasan lebih lanjut mengenai penyebab flash disk kenapa tidak terbaca oleh komputer.

1. Flash Disk atau Bagian Port Kotor

Penyebab pertama mengapa flash disk tidak bisa tersambung adalah flash disk yang kotor. Jika flash disk sudah diperiksa dan ternyata tidak kotor. Coba lihat pada bagian port komputer untuk menyambungkan flash disk apakah kotor atau tidak.
Kotoran yang menumpuk baik di flash disk maupun port komputer bisa menghalangi sambungan yang dilakukan pada perangkat.Akhirnya, karena tidak tersambung dengan sempurna terhalang oleh kotoran. Maka, flash disk tidak akan tersambung.

2. Sering Mencabut Flash Disk Tanpa Eject Dulu

Setiap pengguna flash disk sangat disarankan untuk melakukan eject flash disk sebelum mencabutnya dari perangkat komputer. Eject ini berfungsi untuk benar-benar melepaskan sambungan dan proses yang bekerja antara flash disk dan perangkat.
Namun, jika para pemilik flash disk tidak melakukan eject terlebih dahulu. Apalagi, jika kebiasaan ini dilakukan cukup sering pada perangkat flash disk yang sama. Maka, flash disk bisa mengalami gangguan internal.
Pada akhirnya, tidak bisa terbaca lagi karena sistem di dalamnya sudah cukup kacau. Karena itu, biasakan untuk melakukan eject flash disk. Jangan mencabut flash disk secara sembarangan.

3. Port Perangkat Komputer Memang Tidak Berfungsi

Jika flash disk dalam kondisi bersih begitu pula dengan port perangkat. Namun, entah mengapa flash disk tetap tidak bisa disambungkan. Berarti mungkin masalahnya ada pada port perangkat yang digunakan.
Mungkin saja, memang ada kerusakan pada port perangkat tersebut. Biasanya perangkat komputer tidak hanya dilengkapi oleh satu port saja.
Jadi, para pengguna flash disk bisa mencoba dengan memasangkan flash disk pada port lain.

4. Masalah Pada Motherboard Komputer

Penyebab selanjutnya yang sangat mungkin menyebabkan flash disk tidak bisa dibaca adalah bagian motherboard. Sebagai pusat kegiatan dan pengolahan informasi di komputer, jika motherboard mengalami kerusakan maka akan banyak fitur yang tidak bisa digunakan.
Termasuk di antaranya adalah menyambungkan dan membaca flash disk yang disambungkan. Jika memang ini masalahnya, para pemilik sepertinya perlu melakukan pembaruan driver.

5. Adanya Virus dan Malware

Kemungkinan terburuk mengapa flash disk tidak bisa dibuka adalah karena adanya virus dan malware pada flash disk maupun komputer.
Serangan virus maupun malware bisa merusak data dan sistem yang ada di dalam flash disk. Hal ini biasanya terjadi pada flash disk yang sering dipasang di perangkat komputer lain secara sembarangan.
Dengan skala internsitas yang tinggi membuatnya rawan terserang virus. Ternyata ada banyak penyebab dari flash disk tidak terbaca. Para pemilik harus memahaminya terlebih dahulu baru bisa memikirkan solusinya.
Blog Post Lainnya
Kontak
021-8195626
0821-2271-6076
0812-8386-4951
Jl. Matraman Raya No.189B, RT.7/RW.6, Bali Mester, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13310
tokojadi@gmail.com
Pembayaran
-
-
Media Sosial
Online Sejak 2007