-

Perbedaan Keyboard Mechanical dan Keyboard Membran

Perbedaan Keyboard Mechanical dan Keyboard Membran
Jika anda seorang gamers, tentunya anda sudah sering menggunakan keyboard jenis mechanical atau membran. Jika anda paham, pasti anda mengetahui perbedaan keyboard mechanical dan membran. Untuk mengetahui perbedaan diantara keduanya, simak artikel ini!
Membrane keyboard menjadi salah satu keyboard yang sering digunakan para pengguna komputer. Namun, berbeda dengan para gamers yang profesional. Para gamers yang sudah pro akan merekomendasikan jenis mekanik keyboard. Kenapa demikian? Simak perbedaanya!

Perbedaan Dasar Keyboard Mechanical dan Membran

Pada umumnya, keyboard membrane dan mechanical memiliki kesamaan, yaitu menggunakan teknologi mesin ketik. Namun, seiring berjalannya waktu, keyboard mechanical dan membrane dikembangkan dengan berkembangnya zaman dan waktu.
Kedua keyboard memiliki kelebihan dan kekurangannya yang menjadi perbedaan dasara pada kedua keyboard ini. Lalu, apa perbedaan keyboard mechanical dan membrane? Untuk mengetahuinya, simak berikut ini!

1. Keyboard Mechanical

Perbedaan dasar yang sangat terasa dari kedua keyboard ini adalah dari segi fisiknya. Walaupun, dari segi fisik terlihat sama namun ada perbedaan diantara keduanya.
  • Jarak antara tombol di keyboard mechanical rapat
  • Susunan tombol pada keyboard mechanical menonjol keatas
  • Menggunakan sistem mekanisme switch dibagian bawah tombolnya, sehingga menghasilkan suara yang keras
  • Jika ditekan, akan menghasilkan suara yang keras
  • Jika ditekan perlahan, reaksi tombol lebih taktis

2. Keyboard Membran

Berbeda dengan keyboard mechanical, keyboard para gamers juga memiliki bentuk yang berbeda.
  • Jarak antar tombol di keyboard membrane renggang
  • Susunan tombol pada keyboard membrane lebih rendah dan tidak menonjol seperti keyboard mechanical
  • Menggunakan lapisan karet dibagian sirkuit tombolnya, sehingga jika ditekan menghasilkan suara yang halus
  • Membutuhkan tenaga yang lebih supaya keyboard dapat langsung bereaksi
Setelah mengetahui perbedaan keyboard mechanical dan membran, anda juga harus mengetahui kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan dan Kekurangan Keyboard Mechanical dan Membran

Dari beberapa pandangan, terdapat kelebihan dan kekurangna pasa membrane keyboard dan mekanik keyboard game. Untuk mengetahuinya, simak informasinya berikut ini!

1. Dari Segi Kenyamanan

Dilihat dari segi kenyamanan, keyboard mekanik memiliki kenyamanan tersendiri. Walaupun, kenyamanan menggunakan keyboard setiap orang berbeda-beda.
Keyboard mekanik lebih terasa nyaman untuk mengetik, karena menggunakan sistem switch.Jika keyboard membrane mungkin akan memberikan ketenangan dalam mengetik, karena tidak berisik suara ketikannya.
Nah, apakah anda lebih tertarik menggukan keyboard membrane atau mekanik?

2. Dari Segi Fleksibilitas

Kedua keyboard ini memiliki kelebihannya masing-masing jika dilihat dari segi fleksibilitasnya. Keyboard membrane lebih ringan untuk dibawa kemanapun, karena menggunakan desain material yang ringan.
Berbeda dengan keyboard mekanik, yang bisa bersaing pada segi ukuran. Keyboard mekanik tersedia tipe 60% keyboard (mini/simple) yang bisa dibawa kemanapun.

3. Dari Segi Modifikasi

Dari segi modifikasi, keyboard mechanical lebih unggul daripada keyboard membrane. Pengguna keyboard mechanical lebih dapat memodifikasi tombol yang diinginkan dengan car memindahkan tempatnya. Karena, menggunakan sistem switch pada tombolnya.
Dengan begitu, pengguna keyboard mechanical dapat memodel ulang kunci tombol yang diinginkannya. Berbeda dengan keyboard membrane yang sedikit lebih rumit jika ingin memodifikasinya. Karena, anda harus mengubah keseluruhan papan keyboard untuk memodif.

4. Dari Segi Durabilitas

Dari segi durabilitas atau ketahanan, keyboard mechanical lebih awet dan tahan lama. Karena, keyboard ini dirancang untuk penggunaan yang intens dan dapat bertahan walaupun dengan 100 juta ketukan jari. Jika anda kerusakan pada keyboard ini mudah untuk memperbaikinya.
Anda hanya perlu mengganti switch pada tombol yang rusak. Berbeda dengna keyboard membrane yang harus mengganti secara keseluruhan jika anda kerusakan.
Itulah beberapa penjelasan mengenai perbedaan keyboard mechanical dan membran. Walaupun begitu, kedua keyboard ini tetap dibutuhkan dipasaran. Karena, pengguna keyboard setiap orang berbeda-beda.
Blog Post Lainnya
Kontak
021-8195626
0821-2271-6076
0812-8386-4951
Jl. Matraman Raya No.189B, RT.7/RW.6, Bali Mester, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13310
tokojadi@gmail.com
Pembayaran
-
-
Media Sosial
Online Sejak 2007