-

Kertas Continuous Form 6 Ply dan Kegunaannya untuk Berbagai Keperluan Bisnis

Kertas Continuous Form 6 Ply dan Kegunaannya  untuk  Berbagai Keperluan Bisnis
Kertas Continuous form 6 Ply adalah kertas yang banyak dipakai untuk keperluan bisnis. Terdapat berbagai ukuran kertas yang dapat dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan. Jika Anda membeli kertas continuous form 1 ply, maka hanya mendapatkan satu lembar saja. Tapi jika membeli 2 ply, maka akan mendapat dua lembar, dan seterusnya.

Kegunaan Kertas Continuous Form

Kertas continuous form adalah kertas khusus untuk komputer, sehingga memiliki lubang di kedua sisinya. Dengan begitu, kertas ini memiliki kegunaan untuk keperluan bisnis, seperti dijadikan slip gaji, faktur pajak, Dan sebagainya. Berikut ini merupakan penjelasan terkait kegunaan kertas continuous form, yakni sebagai berikut:

1. Faktur Pajak

Faktur pajak adalah pajak yang dibayarkan oleh PKP (Pengusaha Kena Pajak). Faktur dapat dijadikan sebagai bukti pembayaran pajak dan transaksi oleh berbagai lembaga, salah satunya instansi keuangan. Jika Anda yang pernah melihat kertas yang dipakai oleh faktur pajak, maka kertas tersebut adalah continuous form. Biasanya ukuran continuous form untuk faktur pajak, yaitu 9,5 x 11 inci.

2. Slip Gaji

Slip gaji adalah bukti penerimaan gaji oleh karyawan. Pada slip gaji di dalamnya terdapat nominal penghasilan yang didapat serta berbagai potongan yang ditetapkan oleh instansi perusahaan.
Mirip dengan faktur pajak, pada umumnya ukuran kertas yang dipakai untuk keperluan slip gaji berukuran 9,5 x 11 inci. Tapi biasanya perusahaan akan memakai kertas berlapis guna agar slip gaji dapat dipakai untuk berbagai kebutuhan.

3. Penerimaan dan Pengeluaran Uang

Setiap ada penerimaan dan pengeluaran uang, tentu harus disertai dengan adanya bukti yang dimiliki oleh masing-masing pihak. Dengan begitu, maka pihak yang bersangkutan memiliki salinan yang dapat memudahkan dalam pembuatan laporan keuangan.

4. Penerimaan Barang

Tak hanya untuk penerimaan uang saja, tapi juga dapat dipakai untuk penerimaan barang sebagai bukti tertulis. Dengan adanya bukti tertulis, maka masing-masing pihak bersangkutan memiliki bukti penerimaan barang agar mempermudah inventaris.
Adapun ukuran kertas continuous form yang dipakai untuk keperluan penerimaan barang pada umumnya sama dengan kertas penerimaan uang. Tapi, hal ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

5. Faktur Penjualan

Faktur penjualan adalah keterangan yang didalamnya berisi rincian harga dari barang-barang yang dibeli klien. Pada faktur penjualan ini juga terdapat rincian total tagihan yang harus dibayar. Kebanyakan faktur penjualan diberikan kepada klien yang membeli barang dalam jumlah banyak secara kredit.
Hal itulah yang menjadikan faktur penjualan penting sebagai bukti sah dalam bertransaksi dengan klien. Faktur penjualan akan menggunakan kertas berisi beberapa rangkap, seperti kertas Continuous form 6 Ply.

6. Nota Penjualan

Beda halnya dengan faktur penjualan, nota penjualan akan diberikan kepada klien yang membeli barang secara kontan/langsung. Dalam nota penjualan berisi rincian terkait barang, harga, dan total harga yang harus dibayar.
Nota penjualan ini dapat dijadikan sebagai bukti sah untuk bisa disimpan oleh klien dan pemilik usaha. Selain itu, dengan adanya nota penjualan ini juga bisa digunakan klien jika ingin meretur barang yang rusak.

7. Surat Jalan

Surat jalan adalah bukti bahwa barang sudah dikirim dari satu lokasi ke lokasi lainnya, baik milik klein, perusahaan, atau ekspedisi. Dengan begitu, maka terdapat bukti konkrit bahwa suatu barang sudah diizinkan keluar.

8. Formulir Pendaftaran

Berbagai instansi seperti bank atau sekolah akan membutuhkan kertas continuous form yang digunakan untuk formulir pendaftaran. Dengan formulir ini, terdapat bukti sah mengenai data pendaftar secara resmi dalam suatu instansi atau sekolah.
Adapun ukuran Kertas Continuous form 6 Ply yang dipakai untuk keperluan formulir ini memiliki ukuran lebih besar, yaitu 14,7/8 x 11 inci. Anda bisa menemukan jenis kertas ini dan jenis kertas lainnya di Tokojadi.
Blog Post Lainnya
Kontak
021-8195626
+6282122716076
+6281283864951
Jl. Matraman Raya No.189B, RT.7/RW.6, Bali Mester, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13310
tokojadi@gmail.com
Pembayaran
-
-
Media Sosial
Online Sejak 2007