-

Macam-Macam Tipe Ex dan Tips Mudah Memilihnya

Macam-Macam Tipe Ex dan Tips Mudah Memilihnya
Walaupun tipe ex adalah peralatan menulis yang umum digunakan dan familiar. Mungkin, tidak banyak orang menyadari apa saja macam-macam tipe ex. Bahkan mungkin menganggap remeh jenis dari alat tulis ini.
Karena kebanyakan orang merasa, jenis tipe ex apapun yang digunakan maka fungsinya akan sama saja. Memang fungsi utama dari tipe ex adalah untuk menghapus, namun cara dan hasil penghapusannya tergantung dengan jenis tipe ex yang digunakan.

Tentang Tipe Ex

Tipe X adalah peralatan menulis yang digunakan untuk menghapus kesalahan tulis yang ditulis menggunakan pulpen. Tipe x ini seringkali juga disebut dengan nama correction tape, correction liquid, bahkan disebut juga stipo untuk istilah yang lebih mudah.
Seperti yang disebutkan sebelumnya, walaupun memiliki fungsi yang sama. Hasil dari penghapusan sangat tergantung dengan jenis yang digunakan.

Macam-Macam Tipe Ex

Untuk mengetahui jenis tipe ex yang ideal untuk digunakan, berikut adalah macam macam tipe ex yang paling familiar di pasaran. Para pengguna bisa menentukan jenis tipe ex mana yang paling sesuai dan sesuai dengan kebutuhan:

1. Correction Liquid

Sesuai dengan namanya, jenis tipe ex ini memiliki tekstur cair atau liquid. Cairannya tidak sepenuhnya cair dan memiliki tekstur yang agak kental. Warnanya putih pucat menyamai warna kebanyakan kertas yang digunakan di pasaran. Cara menggunakannya dengan menekan ujung tipe x sampai cairan correction keluar. Kemudian, para pengguna bisa mengarahkannya pada bagian yang ingin dikoreksi atau dihapus. Para pengguna bisa menimpa lagi bagian yang dihapus dengan tulisan. Namun, harus menunggu cairan atau liquid tersebut benar-benar kering terlebih dahulu baru bisa melanjutkan menulis.

2. Correction Tape

Macam-macam tipe ex selanjutnya adalah correction tape. Bentuknya sesuai dengan namanya yaitu seperti tape. Cara menggunakannya adalah dengan menekan ujung tipe ex dan mengarahkannya ke baris yang ingin dihapus di atas permukaan kertas. Tekstur dari jenis stipo ini cenderung ke padat dan tidak menyebabkan kelembaban seperti yang berjenis liquid. Karena teksturnya yang cenderung kering, para pengguna tidak perlu menunggu tipe ex kering untuk menulis di atasnya. Bahkan, para pengguna bisa langsung menulis di atas correction pen yang sudah diaplikasi di keras. Tidak akan terjadi kebocoran tinta atau kerusakan pulpen karena hal ini.

3. Correction Liquid Colour

Isi tipe ex jenis ini berbeda dengan correction liquid biasa. Jika biasanya correction liquid memiliki warna putih untuk menyamakan warna kertas kebanyakan. Warna dari tipe ex ini memiliki berbagai macam pilihan.
Hal ini memungkinkan para pengguna mengoreksi jika ditulis diatas kertas yang berwarna. Para pengguna juga bisa menggunakan jenis tipe ex ini untuk kebutuhan estetik pada tulisan. Jadi, tidak hanya untuk kebutuhan teknis saja.

Tips Memilih Tipe Ex yang Ideal

Jika sudah mengetahui macam tipe ex apa saja yang tersedia. Sekarang para pengguna harus mengetahui bagaimana cara memilih tipe ex yang ideal. Berikut ada beberapa tips yang bisa membantu:

1. Sesuaikan Dengan Kebutuhan Menulis

Pertama, para pengguna harus memperhatikan kebutuhan menulis. Jika menulis di kertas yang cenderung tipis. Maka, correction tape merupakan pilihan yang aman. Jika kertas berjenis tebal maka lebih baik menggunakan correction liquid.

2. Perhatikan Warna Kertas

Jika memang warna kertas tidak berwarna putih dan harus sesuai dengan warna. Maka, perlu menggunakan correction liquid dengan warna yang sesuai.
Macam-macam tipe ex di atas dapat menjadi referensi yang bagus dalam memilih.
Blog Post Lainnya
Kontak
021-8195626
0821-2271-6076
0812-8386-4951
Jl. Matraman Raya No.189B, RT.7/RW.6, Bali Mester, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13310
tokojadi@gmail.com
Pembayaran
-
-
Media Sosial
Online Sejak 2007