-

Perbedaan Tip-ex Cair dan Correction Tape Kertas

Perbedaan Tip-ex Cair dan Correction Tape Kertas
Tipe ex cair merupakan alat yang digunakan untuk menutupi kesalahan penulisan tinta pulpen sebelum munculnya correction tape yang dianggap lebih efektif. Antara tipe-ex cair dan correction tape keduanya memang memiliki fungsi yang sama, hanya saja correction tape kini lebih banyak diminati oleh para pelajar.
Kehadiran correction tape kini perlahan menggeser tipe-ex cair yang digunakan untuk menghapus kesalahan penulisan. Namun hal ini bukan berarti tipe-ex cair tidak digunakan, hanya saja lebih berkurang peminatnya.

Perbedaan Tipe-Ex Cair dan Correction Tape

Alat untuk menutupi kesalahan penulisan tinta pulpen ini terdapat dua tipe, yaitu berupa cair dan kertas. Keduanya memiliki fungsi yang sama namun terdapat perbedaan dari segi kepraktisannya.
Terdapat perbedaan mencolok yang ada pada kedua alat ini. Perbedaan inilah yang menjadi bahan perbandingan dalam membeli alat penghapus tinta pulpen. Adapun perbedaannya antara lain sebagai berikut:

1. Cepat Kering

Correction tape yang memiliki sifat cepat kering ini tentu lebih banyak dipilih karena dalam pengaplikasiannya dapat langsung digunakan. Berbeda halnya dengan tipe-ex cair yang harus menunggu cairan putihnya mengering sebelum ditimpa tulisan lagi. Dengan perbedaan ini, correction tape lebih unggul karena terbuat dari bahan kertas, sehingga tidak perlu menunggu lagi ketika ingin ditimpa tulisan yang baru.

2. Penggunaan yang Mudah

Pada correction tape terdapat strip tipis yang dilapisi bahan berwarna putih seperti cat. Dalam penggunaannya pun cukup simpel dan mudah. Penggunaan correction tape hanya perlu ditarik kebelakang mengikuti ukuran kesalahan penulisan.
Sedangkan, tipe-ex cair ujungnya dilengkapi dengan bola besi kecil sebagai tempat keluarnya cairan putih. Dalam penggunaan tipe-ex cair harus ditekan dengan pas agar cairannya keluar. Tapi dalam menekan ini tidak boleh terlalu keras, karena nanti akan menghasilkan keluarnya cairan tipe-ex yang terlalu banyak. Dengan begitu, penggunaan tipe-ex yang cair ini lebih sulit dibandingkan menggunakan correction tape.

3. Desain

Umumnya, tipe-ex cair dan correction tape memiliki fungsi sama, yaitu menghapus kesalahan penulisan tinta pulpen. Namun, ketika melihat desainnya, correction tape memiliki desain yang lebih bervariasi dan unik.
Sedangkan, desain tipe-ex cair sejauh ini masih menampilkan model yang monoton. Hal ini tentu akan sangat mempengaruhi keinginan konsumen. Sebab, sekarang banyak yang lebih memilih barang-barang lucu dan unik serta mengikutri trend.

Kelebihan dan kekurangan

Setelah mengetahui beberapa perbedaan tersebut, berikut terdapat kekurangan dan kelebihan yang dimiliki oleh masing-masing alat tersebut. Meski memiliki fungsi yang sama, tapi tetap saja masih memiliki kelebihan dan kekurangan dalam penggunaannya.Adapun kelebihan dan kekurangan tipe-ex cair dan correction tape, antara lain:

1. Correction Tape

Kelebihan correction tape yaitu lebih mudah untuk digunakan, cepat kering, dan bersih. Namun, jika diaplikasikan pada dokumen salinan atau cetak, pita koreksi ini akan meninggalkan bekas yang terlihat jelas.

2. Tipe-Ex Cair

Tipe-ex cair adalah kebalikan dari correction tape. Tipe-ex ini mampu untuk menghapus kesalahan penulisan pada dokumen, baik berupa salinan atau dokumen cetak tanpa meninggalkan bekas yang terlihat. Hanya saja, pada tipe-ex ini masih memerlukan eaktu untuk mengering agar hasilnya menjadi rapi dan tidak meninggalkan noda pada salinan dokumen/cetak.
Informasi mengenai perbedaan serta kekurangan dan kelebihan antara correction tape dengan tipe-ex cair ini bisa menjadi bahan perbandingan sebelum membeli alat penghapus kesalahan penulisan tinta pulpen atau dokumen Tokojadi
Blog Post Lainnya
Kontak
021-8195626
0821-2271-6076
0812-8386-4951
Jl. Matraman Raya No.189B, RT.7/RW.6, Bali Mester, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13310
tokojadi@gmail.com
Pembayaran
-
-
Media Sosial
Online Sejak 2007