-

10 Cara Membuka Lemari Arsip yang Terkunci Dijamin Ampuh

10 Cara Membuka Lemari Arsip yang Terkunci Dijamin Ampuh
Mengetahui cara membuka lemari arsip yang terkunci penting untuk diketahui agar jika hal tersebut terjadi Anda tidak menjadi panik. Lemari arsip biasanya terbuat dari besi atau kayu yang fungsinya untuk menyimpan benda-benda berharga.
Oleh karena itu jika tiba-tiba tidak bisa dibuka, tentu Anda akan langsung panik bukan? Apalagi kalau Anda membutuhkan dokumennya saat itu juga. Tetap tenang karena Anda bisa menerapkan beberapa tips membuka lemari yang terkunci di bawah ini.

Cara Membuka Lemari Arsip yang Terkunci

Lemari besi atau lemari arsip sepertinya sudah menjadi kebutuhan sebagai tempat penyimpanan yang aman misalnya emas, dokumen bank, aset, cet, bahkan uang.
Oleh karena itu jika tiba-tiba kuncinya hilang atau tidak bisa dibuka bisa menerapkan beberapa cara berikut:

1. Mengidentifikasi Masalah Mengapa Tidak Bisa Dibuka

Identifikasi masalah adalah cara membuka lemari arsip yang terkunci pertama yang bisa Anda lakukan. Cari tahu apakah kunci kombinasi Anda tidak bisa membuka lemari arsip setelah mengganti nomor kombinasinya?
Selain itu penting juga untuk mencari tahu apakah sebelumnya sudah ada tanda-tanda bahwa kunci tersebut mengalami kerusakan atau tidak.
Bahkan yang lebih parah apakah kunci Anda hilang atau tertinggal di dalam?Semakin spesifik masalah yang Anda ketahui akan semakin mudah menemukan solusinya. Anda juga bisa lebih mudah menjelaskan masalah Anda tersebut kepada ahli kunci agar langsung diperbaiki.

2. Langsung Hubungi Ahli Kunci

Langkah berikutnya setelah mengetahui apa masalah yang terjadi pada lemari loker minimalis langsung menghubungi ahli kunci. Anda juga bisa menghubungi tempat pembelian lemari arsip tersebut.
Ahli kunci yang baik pasti akan membantu Anda untuk mengatasi permasalahan tersebut setelah menjelaskan permasalahannya secara detail.
Apabila sekiranya masalahnya tidak begitu serius bisa teratasi hanya lewat telepon saja.
Apabila pihak ahli kunci tidak tahu bagaimana cara membuka lemari arsip yang terkunci, Anda bisa langsung bertanya apakah ada rekomendasi cara atau ahli kunci lainnya yang bisa membuka lemari tersebut. Bagian paling penting adalah Anda sebisa mungkin harus tetap tenang.

3. Mencari Rekomendasi Ahli Kunci Lain

Cara membuka lemari kayu yang terkunci berikutnya adalah dengan mencari rekomendasi ahli kunci lainnya.
Cara ini bisa Anda lakukan apabila masalahnya rumit seperti kunci rusak sehingga membutuhkan bantuan ahli kuncinya lainnya.Jika sudah menemukan ahli kunci lain jangan ragu untuk bertanya perihal harga.
Jangan sampai setelah lemari selesai diperbaiki, harga perbaikannya sangat tinggi. Penting juga untuk menjelaskan lebih spesifik terkait permasalahan yang terjadi agar terhindar dari biaya lainnya.

4. Penggunting Kuku

Apabila biaya perbaikan yang ditawarkan sangat tinggi dan jika masalahnya tidak terlalu serius, Anda bisa mencoba alternatif lain yaitu menggunakan gunting kuku.
Tidak ada salahnya untuk mencoba apabila lemari arsip Anda terbuat dari bahan plastik.
Cara membuka kunci lemari dengan gunting kuku dimulai dari menyiapkan gunting kuku lalu buka bagian yang tajam lalu masukkan ke lubang kunci di lemari.
Setelah itu arahkan seperti membuka kunci sampai lemari terbuka.Pastikan bahwa bagian tajamnya berada di posisi yang pas untuk membuka kunci, jika bisa maka cara ini berhasil.
Anda juga bisa mengunci kembali dengan gunting kuku lalu arahkan sebaliknya seperti mengunci dengan kunci.

5. Menggunakan Peniti

Cara membuka lemari arsip yang terkunci berikutnya jika tidak memiliki gunting kuku adalah dengan menggunakan peniti. Peniti hanya berlaku buat lemari arsip kayu karena jika lemari arsip besi cara membukanya berbeda.
Cara membuka kunci lemari dengan peniti sangat mudah Anda tinggal memasukkan peniti ke lubang kunci, sebaiknya cari bagian tengah agar lebih mudah untuk menggerakkan ke samping, Anda putar secara perlahan sampai lemari terbuka.
Walaupun peniti merupakan benda kecil yang biasanya dipakai untuk keperluan menjahit tetapi Anda bisa menggunakannya untuk membuka lemari juga. Tidak hanya lemari arsip saja, peniti juga bisa digunakan untuk membuka lemari pakaian dari kayu.
Bentuknya memang kecil tetapi peniti sangat kokoh karena terbuat dari kawat. Gunakan peniti yang ukurannya besar agar lebih mudah membuka lemari.

6. Menggunakan Kartu Kredit

Cara membuka lemari yang terkunci berikutnya ini sangat unik karena menggunakan kartu kredit Anda! Akan tetapi menggunakan kartu kredit hanya untuk lemari arsip yang menggunakan sistem kunci geser dari dalam atau luar serta latch. Lalu bagaimana cara menggunakannya?
Anda tinggal menyelipkan kartu kredit dari bagian luar. Kemudian gerakan kartu kredit secara perlahan agar grendel pintu mau terbuka, hati-hati jika menggunakan kartu kredit agar tidak rusak.

7. Jepit Rambut

Cara membuka lemari arsip yang terkunci berikutnya adalah dengan menggunakan jepit rambut. Jepit rambut yang digunakan adalah jepit rambut hitam kecil bergerigi. Anda harus meluruskan jepit rambutnya dulu baru pakai apapun untuk membengkokan bagian ujungnya.
Tujuannya adalah agar jepit rambut berbentuk seperti sebuah kait, kemudian belokkan salah satu ujungnya sampai berbentuk seperti gagang.
Pakai tuas untuk membengkokan jepit rambut baru bisa digunakan untuk membuka kunci lemari arsip.Sedangkan cara membuka kunci lemari dengan jepit rambut setelah berbentuk seperti pengait, masukkan bagian yang bengkok ke bagian bawah lubang kunci.
Kemudian putar secara perlahan ke arah seperti membuka lemari.Anda membutuhkan dua jepit untuk membuka lemari arsip dan buat jepit kedua biarkan ia tetap lurus.
Kemudian masukkan jepit kedua untuk mengangkat tuas di dalam lubang kunci, setelah itu gerakkan ke atas secara perlahan sampai lemari bisa terbuka.

8. Garpu

Anda mungkin tidak akan menyangka bahwa alat untuk makan ini bisa menjadi cara membuka lemari arsip yang terkunci. Langkahnya cukup mudah siapkan satu buah garpu lalu bengkokan sisi-sisinya kemudian pisahkan gagangnya dengan menggunakan tuas.
Cara membuka pintu lemari yang terkunci dengan garpu ini hanya membutuhkan bagian atas garpu yang biasanya digunakan untuk makan. Kemudian bengkokan keempat sisinya lalu masukkan ke dalam sisi lemari sampai terbuka. Cara ini tidak hanya untuk lemari saja melainkan juga bisa untuk pintu rumah.
Langkahnya sangat mudah dilakukan dan tidak membutuhkan waktu lama. Dengan menggunakan garpu Anda tidak perlu memanggil ahli kunci. Garpu dapat digunakan kembali untuk mengunci pintu

9. Menggunakan Penjepit Kertas

Cara buka lemari terkunci yang berikutnya adalah dengan memanfaatkan penjepit kertas.
Caranya sama seperti peniti yaitu tinggal memasukkan penjepit kertas ke bagian dalam lubang kunci sampai terbuka. Penjepit kertas terbuat dari bahan kokoh sehingga tidak akan rusak.

10. Kawat Gantungan

Terakhir adalah dengan menggunakan kawat gantungan yang dapat digunakan untuk menjangkau bagian luar kunci. Langkahnya adalah dengan menekuk bagian kanannya kemudian masukkan ke lubang kunci sampai terbuka.

Ternyata cara membuka lemari arsip yang terkunci tidaklah sulit karena bisa dengan menggunakan peralatan-peralatan di rumah.

Blog Post Lainnya
Kontak
021-8195626
0821-2271-6076
0812-8386-4951
Jl. Matraman Raya No.189B, RT.7/RW.6, Bali Mester, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13310
tokojadi@gmail.com
Pembayaran
-
-
Media Sosial
Online Sejak 2007