-

7 Organisasi Profesi Guru di Indonesia dan Peranannya

7 Organisasi Profesi Guru di Indonesia dan Peranannya
Guru merupakan panggilan bagi orang yang ikhlas memberikan pengajaran dan mendidik. Guru memiliki posisi yang sangat sentral dalam suatu negara karena memiliki peranan yang besar. Guru-guru yang ada di Indonesia juga tergabung dalam organisasi profesi guru.
Tidak hanya berupaya mencerdaskan masyarakat. Guru juga turut memberikan sumbangsihnya dalam memajukan masyarakat. Karena, negara yang maju pasti memiliki rakyat yang cerdas. Berikut ini beberapa hal seputar organisasi guru yang harus diketahui.

Pengertian Organisasi Profesi Guru

Guru adalah orang yang berpendidikan tinggi dan siap memberikan bimbingan, menyalurkan pengetahuan hingga bertanggung jawab dalam mencerdaskan suatu bangsa. Guru telah menjadi poros dalam berdirinya suatu negara yang berkarakter.Hal tersebut senada dengan pengertian guru dalam islam, yaitu orang yang diamanahkan untuk membantu mencerdaskan anak dengan cara memaksimalkan seluruh kemampuannya. Baik dalam segi pengetahuan, perasaan, dan psikomotoriknya.Istilah guru sendiri, umumnya digunakan untuk lembaga formal yang dibentuk negara. Seperti, guru paud, guru TK, guru SD atau MI, guru SMP atau MTs, guru SMA atau MA. Sedangkan selain lembaga tersebut, biasanya memiliki penyebutan sendiri. Dalam pekerjaannya, guru membentuk suatu organisasi profesi guru yang bertujuan untuk mensejahterakan para guru. Nah, organisasi inilah yang nantinya memberikan wadah bagi para guru untuk bereksplorasi terkait dengan kemampuan yang dimiliki.Organisasi tersebut juga memiliki tanggung jawab untuk mencetak guru-guru yang berprestasi. Baik melalui seminar, workshop, pelatihan dan pendidikan lanjutan. Sehingga guru nantinya akan dibekali oleh ilmu keguruan.

Peranan Organisasi Profesi Guru

Sebutan guru sebagai panggilan jiwa bukanlah tanpa alasan. Mengemban profesi sebagai guru memiliki tantangan yang cukup besar dan berat. Selain pendidikan yang ditempuh cukup lama, tetapi juga proses penyaluran pengetahuan yang memerlukan kerja keras.Dalam proses pendidikan, organisasi guru memiliki peranan yang penting. Baik dalam mempersiapkan guru maupun memberdayakan para guru. Berikut ini beberapa peranan organisasi guru.

1. Wadah Pengembangan Kompetensi Guru

Setiap guru pastinya memiliki kompetensi yang berbeda. Seperti halnya guru animasi, guru kesenian, guru bidang eksak dan sebagainya. Akan tetapi, keseluruhan bidang tersebut nantinya akan diberikan standar kompetensi pengajaran yang sama.Pengembangan tersebut dapat diperoleh melalui pemberdayaan guru baik melalui pelatihan, seminar dan berbagai cara lainnya. Tujuannya adalah untuk membentuk guru dengan kemampuan dan kompetensi sesuai dengan jalur pendidikan yang dicanangkan.

2. Menyatukan Guru di Indonesia

Di Indonesia memiliki ribuan bahkan ratusan ribu guru yang aktif dan bekerja. Pembentukan organisasi profesi guru merupakan langkah tepat untuk menyatukan seluruh guru di Indonesia dalam ikatan profesi.Selain itu, apabila terdapat event, pelatihan dan sejenisnya akan lebih mudah untuk menginformasikan, mengorganisir dan mengelolanya. Setiap guru akan lebih solid dan bekerja sama dalam membangun kecerdasan  dan karakter bangsa.

3. Sarana Berbagi Kemampuan Guru

Meskipun menempuh jalur pendidikan yang sama, akan tetapi kemampuan yang diserap setiap guru akan berbeda. Organisasi ini memberikan kesempatan bagi para guru untuk tetap bekerja sembari meningkatkan kemampuannya dalam hal pengetahuan dan teknologi.

Macam-macam Organisasi Profesi Guru

Di Indonesia, organisasi guru banyak sekali jenisnya. Tetapi, tujuan yang diemban sama, yaitu mengembangkan dan meningkatkan kompetensi guru sebagai pendidik yang berkarakter dan berkualitas. Berikut beberapa organisasi profesi guru yang ada di Indonesia.

1. IGI 

Ikatan guru Indonesia atau yang lebih dikenal dengan IGI adalah perkumpulan guru yang dibentuk pada tahun 2000. Organisasi ini juga telah berbadan hukum dan diakui oleh negara. Keanggotaan organisasi ini telah mencapai kurang lebih 174.695 anggota.Organisasi ini telah banyak melakukan kegiatan dalam rangka meningkatkan kemampuan guru di sekolah. Selain itu, setiap guru yang bergabung dapat menyelesaikan permasalahan melalui forum yang dadakan dalam jangka waktu tertentu. 

2. PGRI 

Persatuan guru Republik Indonesia atau PGRI merupakan sebuah remake dari organisasi PGHB yang telah dibentuk kolonial Belanda. Artinya, organisasi ini memiliki usia yang sangat tua. Meskipun demikian, visi dan misi yang diemban sesuai dengan tuntutan zaman.Guru yang tergabung dalam organisasi ini harus mampu mewujudkan pendidikan yang berkarakter. Melalui pelatihan dan pengembangan yang diterapkan untuk guru. Anggota organisasi ini telah mencapai sekitar 2,9 juta guru atau 80% dari guru yang ada di Indonesia.

3. PGM Indonesia

Perkumpulan guru madrasah Indonesia atau PGM Indonesia adalah perkumpulan guru yang mengajar dalam lingkup madrasah. Struktur organisasi PGM Indonesia dinaungi oleh Kemenag. Karena seluruh anggotanya adalah guru yang mengajar dalam lembaga kemenag.Tidak hanya peningkatan kompetensi guru saja, PGM juga mengupayakan guru harus memiliki mental dalam pengabdian di masyarakat. Jumlah keanggotaannya telah mencapai ratusan ribu guru yang tersebar di seluruh Indonesia.

4. PGSI

Persatuan guru seluruh Indonesia ini didirikan pada tahun 2011. Organisasi ini menjunjung tinggi sifat netral atau non partai, independen dan terbuka. Anggota organisasi ini terdiri dari guru dengan berbagai status dan lembaga seperti, guru swasta, guru honor dan masih banyak lagi.Organisasi ini dibangun atas dasar kesepakatan para guru dalam upaya meningkatkan kesejahteraan guru. Sehingga guru bisa melaksanakan kewajibannya dan menerima haknya di atas kepentingan golongan maupun politik.

5. FSGI

Federasi serikat guru Indonesia atau FSGI berdiri pada tahun 2011. Organisasi ini merupakan bentuk dari kesepakatan para guru daerah dalam upaya menyediakan wadah perkumpulan para guru.Tujuannya adalah agar para guru memiliki kesejahteraan dan juga keadilan dalam lembaga pendidikan. Anggota FSGI sendiri terdiri dari beberapa organisasi guru daerah seperti, Serikat Guru Muna atau SGM, Serikat Guru Brebes atau SBS dan masih banyak lagi.

6. Pergunu

Persatuan guru Nahdlatul Ulama’ atau Pergunu berhasil dibentuk saat adanya kongres LP Ma’arif NU. Organisasi ini telah terbentuk dari tahun 1952 dan merupakan suatu badan yang menaungi guru, ustadz, hingga dosen.Tujuan dari terbentuknya organisasi ini adalah agar guru dapat terlepas dari unsur politik. Sehingga pengajaran menjadi lebih terfokus dan profesional. Hal ini juga telah sejalan dengan khitbah NU.

7. Pergumapi

Persatuan guru madrasah penulis atau pergumapi dibentuk dengan dasar pengembangan bakat para guru madrasah. Organisasi ini aktif mengadakan pelatihan dan pemberdayaan anggotanya dalam bidang menulis hingga penerbitan karya.Meskipun tergolong organisasi muda, tapi pergumapi mampu mencetak guru-guru yang kompeten dalam bidang tulis menulis. Organisasi ini berdiri pada tahun 2018 tepatnya di daerah Yogyakarta.Guru sebagai tonggak pendidikan selalu memerlukan pembaharuan. Hal tersebut karena perkembangan zaman yang tiada habisnya. Organisasi-organisasi perkumpulan guru nyatanya mampu meningkatkan kemampuan guru agar tidak tergerus dengan perkembangan teknologi.Oleh karena itu, organisasi profesi guru sangat penting untuk menjaga kualitas dan profesionalitas guru dalam mengajar. Sehingga nantinya murid yang dicetak juga berkualitas dan berkarakter.

Blog Post Lainnya
Kontak
021-8195626
0821-2271-6076
0812-8386-4951
Jl. Matraman Raya No.189B, RT.7/RW.6, Bali Mester, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13310
tokojadi@gmail.com
Pembayaran
-
-
Media Sosial
Online Sejak 2007